Cara Ampuh Agar Tidak Mengalami Tekanan Darah Rendah Saat Berpuasa

Tekanan darah rendah adalah kondisi saat tekanan darah seseorang mencapai kurang dari 90/60 mmHg. Tekanan darah normal pada orang yang sehat adalah dibawah 120/80 mmHg. Keluhan yang sering dirasakan oleh penderita tekanan darah rendah saat berpuasa adalah tubuh terasa lemas, kepala pusing, mual, hingga muntah. Hal itu terjadi karena aliran darah di seluruh tubuh menurun.

tekanan darah rendah saat berpuasa
Canva.com

Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah Saat Berpuasa

Tekanan darah rendah saat puasa memang menjadi salah satu masalah kesehatan yang paling sering terjadi. Hal ini terjadi karena tubuh anda sedang menyesuaikan diri dengan pola makan yang baru (hanya makan saat sahur dan berbuka puasa saja). Berikut cara ampuh untuk mengatasi penurunan tekanan darah tersebut.

Melakukan Istirahat yang Cukup

Pola tidur yang buruk atau kurang istirahat akan membuat seseorang cenderung memiliki tekanan darah rendah. Maka dari itu usahakan agar anda beristirahat yang cukup dan berkualitas. Hindari dan obati kebiasaan-kebiasaan yang mengganggu waktu tidur anda seperti mendengkur, mimpi buruk, sering perasaan stres yang membuat tidur tidak nyenyak.

Untuk menghilangkan mendengkur anda dapat menyesuaikan posisi tidur anda untuk miring ke kiri atau ke kanan, atur suhu kamar anda dengan keadaan lembab dan suhu yang hangat untuk mengantisipasi terjadinya hidung yang mampet. Pergunaan bantal atau penyanggah kepala yang 10 cm lebih tinggi dari tubuh anda. Pastikan bantal tersebut bersih agar tidak mengganggu pernafasan.

Perbanyak Minum Air Putih

Tekanan darah rendah saat berpuasa dapat terjadi karena anda tidak dapat minum air putih sebebas hari-hari biasa. Kadar air dan garam yang kurang dalam tubuh akan menyebabkan penurunan tekanan darah hingga dehidrasi. Untuk mengatasinya, anda harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh minimal delapan gelas air putih sehari.

Meskipun hal ini sederhana tapi sangat penting terutama untuk Anda yang banyak beraktivitas di luar ruangan dan terkena terik matahari. karena jika Anda kekurangan cairan, lebih besar potensinya mengalami dehidrasi dan akhirnya bisa semakin memperparah gejala tekanan darah rendah saat berpuasa tersebut. 

Sahur dan Berbuka Dengan Tepat 

Selama puasa, tubuh membutuhkan energi yang cukup untuk beraktivitas. Apalagi anda memiliki tekanan darah rendah. Anda akan membutuhkan tenaga ekstra agar tubuh tidak cepat lemas. Maka dari itu, usahakanlah untuk tidak menunda-nunda waktu sahur dan berbuka puasa. Selain itu jangan sampai kalap makan saat berbuka puasa. Karena hal tersebut akan membuat sistem pencernaan anda menjadi kaget.

Melakukan Olahraga yang Teratur

Olahraga teratur dapat mengendalikan tekanan darah rendah yang anda miliki karena dapat menurunkan kadar hormon stres dalam darah. Efeknya akan membuat aliran darah dalam tubuh menjadi lebih lancar dan meningkat. Lakukan saja olahraga ringan seperti jalan santai atau jogging di pagi dan sore hari, supaya juga tidak menghabiskan banyak tenaga. 

Anda juga bisa mensiasati dengan melakukan olahraga mendekati waktu berbuka. Sehingga Anda tetap bisa mencegah gejala tekanan darah rendah saat berpuasa tapi juga tidak terlalu lemas karena setelahnya langsung bisa berbuka. 

Cek Kesehatan Sebelum Puasa

Menjelang bulan Ramadhan, lakukan pemeriksaan kesehatan untuk memantau kondisi kesehatan anda, termasuk masalah darah rendah yang dialami. Karena dengan begitu Anda bisa tahu akan kuat untuk berpuasa atau tidak. Konsultasikan pada dokter anda bila sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu dan tanyakan apakah obat tersebut masih boleh dikonsumsi atau harus dihentikan selama berpuasa.

Jaga Menu Makanan yang Dikonsumsi

Salah satu penyebab Tekanan darah rendah saat berpuasa adalah makanan yang tidak sehat saat berbuka puasa atau bahkan tidak makan saat sahur. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap tekanan darah anda. Saat berpuasa, pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat dan biji-bijian sebab makanan tersebut akan diserap lebih lama oleh sistem pencernaan sehingga membantu meningkatkan tekanan darah Anda.

Selain itu jangan lupa tambahkan kacang-kacangan ke dalam menu sahur dan berbuka puasa anda. Bisa kacang polong, kacang merah, dan kacang hijau. Karena makanan-makanan itu dipercaya bisa menaikkan tekanan darah. Saat  orang dengan tekanan darah tinggi dianjurkan untuk membatasi asupan garam pada makanan, maka anda dianjurkan untuk melakukan sebaliknya.

Anda disarankan untuk menambahkan lebih banyak garam pada makanan untuk mengatasi  tekanan darah rendah. Jika Anda tidak terlalu menyukai makanan asin, coba saja dengan menggunakan kecap asin pada makanan Anda. Tekanan darah rendah tentu akan mengganggu ibadah anda. 

Selain itu, hindari bergerak tiba-tiba, seperti terlalu cepat berdiri setelah duduk atau bangun tidur. Kebiasaan buruk ini akan membuat tekanan darah menurun secara drastis. Akibatnya, Anda langsung merasa pusing bahkan mudah terjatuh. Semoga tips di atas dapat membantu anda yang mengalami tekanan darah rendah saat berpuasa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel