Cara Mengatasi Sakit Pinggang Pada Saat Sedang Berpuasa

Sakit pinggang merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh sebagian masyarakat, tidak heran jika kemunculan penyakit ini tidak mengenal waktu dan tempat. Tidak heran pada saat menjalankan ibadah puasa sekalipun Anda tetap bisa merasakan sakit pinggang, penyebab munculnya penyakit ini juga beragam. Apabila sedang muncul pada saat puasa biasanya disebabkan oleh kurangnya asupan cairan.
Sebab air sendiri sangat dibutuhkan oleh tubuh, karena fungsi air sendiri dapat dijadikan sebagai pelumas pada bagian tulang, otot, maupun sendi sehingga dapat bergerak dengan lentur. Tentunya karena saat puasa kekurangan cairan maka apabila Anda duduk terlalu lama maka dapat membuat pinggang tidak nyaman karen kekurangan pelumas. Apalagi sakit pinggang ini akan sangat mudah muncul apabila saat puasa Anda jarang bergerak.
 Sakit pinggang
Pixabay.com


Hal ini tidaklah mengherankan mengingat pada saat puasa banyak orang yang malas beraktifitas sehingga mereka malas untuk bergerak. Jadi apabila Anda memiliki masalah dengan pinggang maka ada baiknya untuk bergerak ketika puasa nanti, sebab apabila Anda bergerak maka tidak akan terlalu terasa lemas. Berikut beberapa cara yang bisa Anda coba jika merasakan sakit pada pinggang ketika puasa ini.

Mengonsumsi Makan Makanan yang Bergizi

Untuk mengatasi maupun mencegah sakit pinggang maka ada baiknya selama bulan puasa Anda mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan gizi yang tinggi. Sebab dengan makanan yang memiliki kandungan gizi yang tinggi maka senyawa di dalam makanan tersebut dapat membuat pinggang Anda terhindar dari rasa sakit.  Serta dapat membantu daya tahan tubuh Anda sehingga Anda tidak akan mudah sakit.
Serta jangan lupa untuk istirahat dengan cukup, sebab bekerja berlebihan maka dapat membuat sakit pinggang Anda menjadi kambuh. Namun bukan berarti pada saat puasa Anda beristirahat secara berlebihan karena hanya akan membuat Anda semakin lemas sehingga pinggang Anda juga berpotensi besar untuk merasakan sakit. 

Membatasi Aktifitas Fisik

Tentunya setiap orang dituntut untuk melakukan aktivitas fisik seperti bekerja maupun berolahraga, namun ada baiknya ketika puasa nanti anda harus membatasi aktifitas fisik. Sebab hal ini dapat membuat pinggang Anda berpotensi besar untuk merasakan sakit, jadi ada baiknya jika Anda menghindari mengangkat beban yang berat maupun berolahraga berlebihan.  
Apabila Anda ingin berolahraga ketika puasa maka ada baiknya olahraga ringan saja sehingga ketika selesai olahraga Anda tidak akan merasa lemas maupun haus. Sebab tenaga Anda tidak akan terlalu digunakan berlebihan ketika olahraga nanti, jadi walaupun sedang puasa bukan berarti Anda tidak boleh melakukan olahraga. Namun ada baiknya dibatasi dan tidak seperti pada hari sebelum puasa. 

Mengonsumsi Air Minum Sebanyak 2 Liter

Walaupun anda sedang berpuasa namun bukan berarti Anda harus kekurangan cairan, sebab cairan sangat penting terutama dalam mengatasi sakit pinggang. Oleh sebab itu pastikan bahwa Anda mengonsumsi 2 liter air, dimana kamu dapat menerapkannya dengan rumus 2-4-2 dimana satu gelas pada saat berbuka dan satu gelas setelah shalat Maghrib. 
Kemudian 4 gelasnya pada saat sebelum Tarawih maupun setelah Tarawih, untuk sisa 2 gelasnya maka Anda bisa mengonsumsi pada saat sahur. Jadi dengan cara ini maka kebutuhan air Anda dapat terpenuhi sehingga Anda tidak akan dehidrasi. Sebab apabila Anda dehidrasi maka sudah pasti akan merasakan sakit pada bagian pinggang karena tidak ada pelumas pada bagian sendinya.

Mengompres Menggunakan Air Dingin Atau Air Panas

Apabila tiba-tiba rasa sakit mendadak muncul maka ada baiknya jika Anda mengompres menggunakan air dingin atau air panas. Sebab dengan mengompresnya maka bisa meredakan rasa sakit, tentunya Anda bisa bergantian mengompres pinggang menggunakan air dingin maupun air panas dimana jika selama 2 hari Anda mengompres menggunakan air dingin maka selanjutnya Anda kompres menggunakan air panas. 
Agar semakin nyaman maka ada baiknya jika Anda memberikan balsem sehingga dapat memberikan efek hangat. Jadi pinggang Anda dapat reda rasa sakitnya, tentunya Anda harus mengkompres pada bagian yang terasa sakit saja. Pastinya dengan mengompresnya maka dapat memberikan efek rileks.

Berendam Pada Air Hangat

Agar rasa sakit pada pinggang semakin mereda maka ada baiknya jika Anda mencoba berendam pada air hangat ketika mandi nanti, sebab dengan berendam pada air hangat tidak kalah ampuh dari cara lainnya. Sebab dengan berendam maka syaraf dan otot yang menegang dapat menjadi kendur, jadi akan menjadi lebih rileks. Serta jika berendam pada air hangat maka dapat membuat sirkulasi darah menjadi lancar
Oleh sebab itu ketika berendam di air panas maka seluruh bagian tubuh dapat menjadi rileks termasuk pada bagian pinggang yang sakit. Jadi tidak heran jika cara ini termasuk cara yang ampuh dalam mengatasi sakit pinggang.






Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel