Pentingnya Hari Susu Sedunia untuk Anak yang Lebih Sehat dan Cerdas

Perlu Anda ketahui, selain memperingati Hari Lahir Pancasila, pada 1 Juni juga diperingati pula hari susu sedunia yang diperingati oleh berbagai negara di dunia. Hal tersebut tentunya semakin menegaskan betapa pentingnya mengonsumsi susu dalam kehidupan manusia. Terlebih lagi peringatan ini dilakukan tepat setelah bulan Mei yang identik dengan bulan pendidikan.

Seperti yang Anda ketahui, susu erat hubungannya dengan label minuman kesehatan, minuman kebugaran, maupun minuman yang kaya akan gizi. Akan tetapi, pada praktiknya, informasi mengenai manfaat susu sering kali masih belum tersampaikan dengan baik pada masyarakat. Lalu, apa yang perlu dilakukan agar informasi ini dapat diterima dengan baik oleh masyarakat?

Jawabannya ada di peringatan hari susu sedunia. Bagaimana bisa? Memangnya apa tujuan dari peringatan ini? Apa baiknya diadakan peringatan ini? Apakah penting diadakan peringatan seperti ini? Kira-kira seperti itu, bukan, pertanyaan-pertanyaan yang ada di benak Anda? Dalam artikel ini, semua pertanyaan itu akan terjawab. Berikut ini penjelasannya.

hari susu sedunia
Pixabay.com

Pentingnya Hari Susu Sedunia


Saat ini, berbagai negara di dunia telah memiliki hari susu di negaranya, termasuk Negara Indonesia. Hari susu sedunia sendiri merupakan ajang penyebaran informasi mengenai susu sebagai sumber makanan yang kaya akan nutrisi sesuai dengan yang tertera pada laman resmi Food and Agrucultural Organization atau lebih dikenal dengan singkatan FAO.

Sebagai contoh, susu sapi. Seperti yang Anda ketahui susu sapi mengandung protein, kalsium serta Vitamin D. Selain itu, susu sapi juga mengandung nutrisi penting lainnya seperti fosfor, Vitamin A, Vitamin B-12, riboflavin serta niacin. Di samping itu, perlu Anda ingat bahwa susu merupakan makanan pertama yang Anda konsumsi.

Pada umumnya, usai dilahirkan, bayi langsung minum air susu ibu atau lebih dikenal dengan akronim ASI. Hal ini dikarenakan ASI merupakan makanan terbaik bagi seorang bayi. Oleh karena itu, dalam "Milk is the First Food for Human” ASI diangkat sebagai tema utama. Baru setelah itu, berbagai produk-produk susu tambahan hadir.

Setelah itu, secara Agar mudah untuk diingat, maka tanggal 1 Juni pun dipilih sebagai hari susu sedunia. Dengan adanya hari susu ini, maka masyarakat diharapkan dapat memberikan lebih banyak perhatian pada segala aspek yang terkait dengan susu. Sebagai contonya, nutrisi penting apa saja yang terkandung di dalam susu itu sendiri.

Sebar Kebaikan Bersama Salah Satu Perusahaan Susu di Indonesia & Universitas


Dalam rangka peringatan hari susu sedunia dan hari pendidikan, Perusahaan Susu Ini  menggandeng Universitas Brawijaya, Universitas Padjadjaran, serta sejumlah Sekolah Dasar untuk menyebarkan informasi mengenai manfaat susu. Tidak tanggung-tanggung produsen susu ini bersama kolega melakukan sosialisasi atau edukasi untuk dapat menyebarkan informasi ini.

Tujuan dari perusahaan susu sendiri adalah ‘Nourishing by Nature’ yang mana salah satu pilarnya berupa komitmennya dalam memberikan gizi yang baik bagi anak-anak dan keluarga Indonesia. Produsen susu juga berkomitmen untuk dapat berperan aktif membantu pemerintah dalam membangun keluarga kuat Indonesia serta memerangi stunting yang masih diderita oleh sebagian anak-anak Indonesia.

Hal ini pun dilakukan dengan menyebarkan informasi berbasis ilmiah kepada mahasiwa, memberikan susu, serta membangunan fasilitas olahraga untuk anak-anak Sekolah Dasar. Terlebih lagi, saat ini anak-anak Indonesia mengalami berbagai permasalahan terkait dengan kesehatan dan gizi. Hal tersebut juga disebabkan oleh gaya hidup kurang aktif, malnutrisi, kekurangan vitamin D, serta stunting.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik atau lebih dikenal dengan singkatan BPS pada tahun 2017, konsumsi susu masyarakat Indonesia hanya 16,5 liter per kapita dalam satu tahun sementara Indonesia menargetkan 20 liter per kapita dalam satu tahun. Konsumsi ini menunjukkan bahwa Indonesia menjadi yang terendah di Asia Tenggara.

Tujuan Hari Susu Sedunia


Hari susu sedunia diperingati untuk memusatkan perhatian masyarakat pada manfaat susu serta menyebarluaskan kegiatan yang berhubungan dengan susu dan industri susu. Hal ini dikarenakan susu merupakan salah satu asupan tambahan penting yang memiliki segudang manfaat. Berikut ini merupakan manfaat dari mengonsumsi susu itu sendiri.

Susu mengandung asam laktat dan asam amino yang dapat membuat kulit Anda halus dan lembab. Selain itu, susu juga mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Sebagai sumber kalsium, susu dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang anak-anak dan mencegah osteoporosis pada orang dewasa. Selain itu, susu juga bagus untuk gigi yang kuat.

Selain kaya akan kalsium, susu juga mengandung protein yang dapat membantu Anda membangun kembali otot. Susu memiliki khasiat berupa mampu menurunkan tekanan darah tinggi dan risiko stroke. Selain itu susu juga mengandung vitamin A dan vitamin B yang dapat membangun penglihatan yang baik.

Mudah-mudahan Anda bisa mendapatkan manfaat dengan membaca artikel ini. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan mengenai hari susu sedunia khususnya tentang pentingnya, segala kebaikannya, dan tujuannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel