Ini Dia Tips Jitu Mengatasi Tubuh Kurang Tidur Saat Puasa

Tubuh kurang tidur bisa terjadi pada siapa saja misalnya seperti pegawai yang sedang mempunyai pekerjaan yang padat dan mahasiwa atau siswa yang memiliki tugas. Namun saat bulan ramadhan kekurangan waktu tidur dapat menghampiri siapa saja setiap umat muslim. Kurangnya waktu tidur tentunya akan dapat menggangu aktivitas yang sedang atau akan Anda kerjakan. 

tubuh kurang tidur
Pixabay.com

Kebutuhan Tidur Manusia

Tidur merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh setiap manusia. Pasalnya saat tidur akan terjadi perbaikan diri baik fisik maupun mental. Sehinggga tak heran jika setelah tidur Anda akan merasa segar dan memiliki energi kembali sehingga Anda akan bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.  Kebutuhan akan tidur pada manusia umumnya sekitar 7-8 jam per harinya.

Tidur di Bulan Puasa

Sejumlah perubahan akan terjadi pada setiap orang khususnya umat muslim yang sedang menjalani puasa. Perubahan tersebut salah satunya adalah perubahan pada waktu tidur.  Hal itu tidak lain terjadi karna saat bulan puasa Anda bangun dini hari untuk melakukan makan sahur, dan tidur yang malam karena shalat tarawih. Oleh sebab itu seringkali tubuh kurang tidur.

Pada bulan puasa perubahan pola tidur menjadi kurang teratur dan durasi tidur yang lebih sedkit dari biasanya mengakibatkan seseorang menjadi kurang bersemangat, lebih sering merasa ngantuk, dan juga lemas. Hal tersebut tentunya akan sangat mengganggu sekali aktivitas yang Anda jalani sehingga dapat menurunkan produktivitas, kehilangan fokus yang bisa saja memicu berbagai masalah lainnya.

Menurut Spesialis Penyakit Dalam RSCM, Dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MBB menyebutkan bahwa pada prinsipnya jumlah waktu tidur tidak berbeda jauh dengan hari biasanya yaitu sekitar 6 jam. Tetapi pada bulan puasa seringkali merasa ngantuk. Ia menuturkan bahwa hal tersebut sangatlah lumrah terjadi. Tubuh akan secara otomatis menyesuaikan diri di minggu awal puasa.

Tips Mengatasi Tubuh Kurang Tidur Saat Bulan Puasa

Walaupun menurut dokter spesialis penyakit dalam saat puasa tubuh akan menyesuaikan diri di minggu awal, tetapi melihat banyaknya efek yang akan ditimbulkan saat Anda mengalami kurang tidur, maka dalam artikel ini akan dibahas terkait dengan cara mengatasi kurangnya waktu tidur saat bulan puasa yang boleh Anda coba. Apa saja caranya? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Tidur malam lebih awal

Agar durasi waktu tidur tidak berbeda jauh dari bulan-bulan biasanya, coba Anda memajukan waktu tidur. Jika biasanya Anda tidur saat bulan puasa sekitar jam 11 atau jam 12 malam maka Anda harus mencoba tidur setelah melaksanakan shalat tarawih. Untuk lebih mudah maka jauhkan segala perangkat elektronik dan hal lainnya yang membuat Anda terjaga.

2. Memanfaatkan tidur siang

Jika Anda memiliki kesempatan untuk tidur siang saat bulan puasa, maka kesempatan tersebut harus Anda gunakan. Tetapi yang harus anda catat, tidur siang pada bulan puasa yang baik yaitu tidak lebih dari satu jam. Jika tidur lebih dari satu jam maka Anda justru akan lebih merasa lemas dan lelah karena tidak adanya gerak dan aktivitas.

Aktivitas tersebut sangat diperlukan saat Anda berpuasa untuk meningkatkan hormon-hormon yang ada di dalam tubuh, sehingga akan dapat mengurangi rasa ngantuk. Tidur siang 15 menit pada dasarnya sudah cukup, tetapi harus lelap dan berkualitas sehingga dapat mengembalikan stamina tubuh akibat tubuh kurang tidur. Untuk Anda yang hanya memiliki waktu luang sedikit saat siang hari, Anda bisa mencobanya.

3. Mencuri waktu setelah sahur untuk tidur

Setelah melakukan makan sahur dan melanjutkannya dengan tidur memang bukanlah hal yang baik bagi tubuh. Rasa kantuk memang bukanlah hal yang mudah untuk dihilangkan. Oleh karena itu Anda harus dapat menyiasatinya dengan bangun lebih awal, dan beri waktu tubuh untuk mencerna makanan. Setelah itu Anda bisa memanfaatkan 1-2 jam untuk tidur sebelum melakukan aktivitas sehari-hari.

4. Melakukan tidur yang berkualitas

Tidak hanya durasi tidur yang akan mempengaruhi kondisi tubuh saat bulan puasa, melainkan juga kualitas tidur. Pada bulan puasa meski tidak makan atau minum dalam waktu yang cukup lama, namun tidur yang berkualitas akan mampu menjaga kebugaran tubuh. Jika Anda ingin memiliki tidur yang berkualitas untuk menghindari tubuh kurang tidur pastikan bahwa suasana kamar tidur Anda nyaman.

Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh merupakan hal yang harus Anda lakukan saat bulan puasa. Jangan sampai Anda kehilangan fokus dan produktivitas akibat kurangnya waktu tidur Anda. Oleh karena itu saat bulan puasa Anda harus pintar-pintar menjaga kesehatan tubuh. Cara-cara diatas boleh Anda coba lakukan untuk menghindari efek-efek yang tidak baik akibat tubuh kurang tidur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel