Beberapa Tips Mencegah Kelelahan dan Lesu Saat Berpuasa

Tidak bisa dipungkiri bahwa ketika sedang menjalankan ibadah puasa seringkali kita merasa kelelahan, lesu atau lemas. Gejala seperti ini biasanya dialami pada beberapa hari pertama menjalankan puasa Ramadhan. Karena bagaimanapun juga tubuh membutuhkan adaptasi terhadap perubahan pola makan. 

Oleh karena itu, untuk mencegah lelah, letih dan lesu ketika berpuasa, Anda bisa menggunakan tips-tips tertentu. Hal ini penting mengingat faktor lelah seringkali menjadi pemicu penyakit-penyakit tertentu.

kelelahan
Canva.com

Faktor Penyebab Kelelahan saat Berpuasa

Harus menahan diri untuk tidak mengonsumsi makanan atau minuman apapun selama 12 jam saat berpuasa memang terkadang membuat tubuh terasa lemas. Selain karena memang sedang menjalankan puasa, merasa lelah, letih dan lesu juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor pemicunya. Itulah mengapa saat bulan puasa, sebaiknya perhatian terhadap kesehatan dan kondisi tubuh menjadi pertimbangan yang matang. 

Ada beberapa faktor penyebab sering merasa kelelahan ketika bulan puasa di antaranya sebagai berikut :

  • Mengidap Penyakit Tertentu
Ada beberapa penyakit yang juga ditandai dengan gejala rasa lelah yang berlebihan, salah satunya anemia dan penyakit tiroid. Anemia merupakan penyakit kekurangan sel darah merah yang ditandai dengan penderita yang selalu merasa dirinya lelah. Penderita gangguan tiroid juga akan sering mengalami rasa lelah di mana hormon tiroid sendiri tersebut berfungsi untuk mengendalikan metabolisme tubuh.


  • Dehidrasi
Tubuh yang mengalami kekurangan cairan maka dapat memicu timbulnya dehidrasi yang ditandai dengan rasa lelah akut. Apalagi untuk mereka yang harus bekerja di lapangan ketika bulan puasa. 

  • Depresi
Gejala depresi juga menjadi salah satu penyebab seseorang mengalami lelah atau lemas. Biasanya hal ini terjadi karena gangguan pada pola makan dan tidur seseorang.

Merasa Lemas saat Puasa Terjadi 3-4 Hari Pertama

Tentu saja dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan harus dilakukan dengan sepenuh hati. Karena selain sebagai kewajiban dalam beribadah, puasa sebenarnya memberikan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan salah satunya dipercaya sebagai cara untuk mendetoksifikasi tubuh dengan sangat baik. 

Merasa kelelahan dan lemas saat berpuasa biasanya terjadi di fase awal puasa yakni pada tiga hingga empat hari pertama. Karena dalam masa kini tubuh akan beradaptasi sehingga akan merasa lelah dan lesu. Tidak ada larangan bagi orang berpuasa untuk melakukan kegiatan seperti biasanya. Hanya saja yang perlu menjadi fokus yaitu memperbaiki pola makan yang lebih sehat agar puasa tidak menjadi kendala untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Karena bisa jadi ketika seseorang merasa sangat lemas dan lelah ketika berpuasa yaitu karena pola hidup atau makan yang yang tidak tepat. Membiarkan tubuh tidak menerima asupan yang baik selama berpuasa menjadi pemicu kelemasan.

Cara Mencegah Rasa Lelah dan Lemas saat Puasa

Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan sebagai tips untuk mencegah rasa lelah dan lemas berlebihan saat menjalankan ibadah puasa, berikut diantaranya:

  • Memastikan tubuh terhidrasi dengan baik
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa dehidrasi menjadi faktor terbesar tubuh merasa lelah dan lemas ketika berpuasa. Oleh karena itu Anda harus memastikan tubuh terhidrasi dengan baik. Misalnya dengan menggunakan pola 2-4-4, yaitu 2 gelas ketika berbuka puasa, 4 gelas sepanjang malam dan 2 gelas ketika sahur. 

Untuk menghidrasi tubuh dengan baik Anda juga dapat mengongsumsi buah-buahan atau yoghurt untuk meningkatkan asupan cairan. Selain itu Anda sebaiknya menghindari minuman kafein selama berpuasa maupun minuman bersoda untuk menjaga kualitas tidur.

  • Memperhatikan makanan ketika berbuka dan sahur

Semua makanan memang pastinya terlihat enak dan menggoda ketika berbuka puasa. Akan tetapi perlu Anda ketahui bahwa tidak semuanya dapat mendatangkan nutrisi yang baik untuk tubuh. Jenis makanan yang berbahan dasar tepung atau mengandung gula tinggi dapat menyebabkan tubuh sering merasa lelah dan lemas. 

Jadi sebaiknya menghindari makanan jenis-jenis seperti itu. Akan lebih baik jika anda mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran ketika sahur maupun berbuka puasa.

  • Melakukan Akivitas Olahraga

Sedang menjalankan puasa bukan berarti anda dilarang untuk melakukan olahraga. Justru dengan berolahraga secara teratur dapat membuat tubuh lebih bertenaga dan dapat beraktivitas dengan lebih bersemangat. Olahraga juga sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh misalnya dengan menyempatkan 2 hingga 3 jam per minggu untuk berolahraga. 

  • Jam Tidur Tetap

Hal yang tak kalah penting lainnya untuk mencegah tubuh dari kelelahan saat berpuasa yaitu    dengan menjaga jam tidur yang tetap. Cobalah membuat pola tidur yang sama setiap hari misalnya dengan jam untuk bangun dan tidur yang sama sehingga tubuh akan memiliki jam biologis yang terjadwal. 

Dengan tips tersebut semoga kualitas puasa Anda menjadi lebih baik tanpa mengganggu kesehatan. Itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah kelelahan dan rasa lemas berlebihan saat menjalankan ibadah puasa. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel