Apa Saja Penyebab Pingsan dan Cara Menghindarinya? Ini Penjelasannya!

Bagaimana orang bisa hilang kesadaran atau pingsan? Apa saja penyebab pingsan? Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan orang kehilangan kesadaran. Kekurangan oksigen atau masalah kesehatan lainnya bisa menjadi salah satu penyebab mengapa orang bisa mengalami pingsan. Lalu, berbahayakah jika kita sering mengalami pingsan? Untuk lebih jelasnya, ikuti ulasan berikut ini.

Penyebab Pingsan

Apa Saja Penyebab Pingsan?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, pingsan merupakan sebuah kondisi dimana seseorang kehilangan kesadarannya. Biasanya aliran darah ke otak akan mengalami penurunan sehingga kebutuhan gula darah dan oksigen pada otek berkurang. Hal ini lah yang menjadi penyebab otak berfungsi tidak normal dan hilanglah kesadaran atau pingsan. Beberapa kasus biasanya penderita akan mengalami gejala awal, namun tak jarang penderita juga mengalami kehilangan kesadaran secara tiba-tiba.

Penyebab pingsan pun sangat beragam, mulai dari yang ringan hingga yang berat. Untuk masalah yang ringan, biasanya pingsan terjadi karena tanpa sebab medis. Sebagai contoh, terlalu lama berdiri, terlambat menerima asupan makan, stres secara psikologis dan kekurangan cairan menjadi penyebab-penyebab terjadinya pingsan. Namun, untuk kejadian-kejadian tersebut masih umum dan tidak terlalu membahayakan diri. Biasanya pingsan level ringan ini, penderita akan lebih mudah atau cepat sadar.

Sementara jika menemukan adanya penderita yang lama pulih dari pingsannya, maka patut dicurigai adanya kelainan pada kondisi kesehatan tubuhnya. Untuk penyebab pingsan level berat biasanya diakibatkan oleh stroke, masalah jantung dan pernapasan. Jika sebelumnya Anda atau orang lain sempat mengeluhkan nyeri pada bagian dada sebelum pingsan, maka perlu dicurigai bahwa adanya masalah kesehatan yang mengkhawatirkan. Untuk itu, pastikan adanya penanganan lebih lanjut oleh ahli kesehatan. 

Bagaimana Cara Mencegah Agar Tidak Pingsan?

Lalu, dapatkah kita mencegah terjadinya pingsan? Untuk penyebab-penyebab pingsan ringan masih bisa dilakukan pencegahan. Meskipun pingsan terjadi secara tiba-tiba, Anda masih bisa mengindarinya. Jika Anda merasa kepala menjadi ringan, pusing, berkeringat dingin hingga pandangan mulai menyempit maka Anda harus segera bergegas menyelamatkan diri karena gejala tersebut merupakan gejala akan pingsan.  

Lalu, bagaimana cara mencegah diri Anda agar tidak pingsan? Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan:

  • Menambah Kadar Gula Darah dalam Tubuh
Salah satu penyebab terjadinya hilang kesadaran adalah kurangnya asupan garam dan gula darah dalam tubuh. Untuk itu, Anda harus memperhatikan gula darah dalam tubuh. Salah satu cara tercepat untuk menaikan kadar gula darah tubub, yakni dengan memakan sesuatu yang manis. Anda bisa meminum jus buah atau memakan pretzel. Dengan demikian, gula darah dalam tubuh akan sedikit naik dan kerja otak akan kembali normal.
  • Hindari Dehidrasi dan Atur  Pernapasan
Cara lainnya untuk menghindari penyebab pingsan adalah dengan menjaga hidrasi dalam tubuh. Pada umumnya, akan terjadi kehilagan kesadaran atau pingsan saat tubuh terlalu panas dan sesak. Hal ini terjadi karena asupan oksigen yang diterima tidak terlalu banyak sehingga salah satu fungsi dalam otak tidak bekerja dengan baik. Jika Anda sudah merasa sesak dan tidak bisa bernapas, maka segeralah untuk pindah mencari area yang lebih leluasa.

Selain itu, Anda bisa mencoba untuk membasuh wajah dengan air dan minum air yang dingin. Biasanya cara ini akan lebih ampuh untuk membantu mengurangi terjadinya pingsan. Meskipun sebelumnya Anda sudah meminum minuman yang manis, Anda juga butuh minum air putih agar tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik.
  • Cobalah untuk Membaringkan Diri
Jika tanda-tanda akan pingsan muncul, maka Anda bisa mecoba untuk membaringkan diri secara perlahan. Tetaplah berbaring selama 15 menit hingga rasa pusing atau mual hilang. Untuk penanganan yang lebih baik, Anda bisa mengambil posisi kaki lebih tinggi dibandingkan posisi kepala Anda. Hal ini bertujuan agar aliran dalam tubuh dapat dengan lancar menuju otak. Setelah membaik, hindari bangun terlalu cepat tetapi bagunlah secara perlahan.

Jika penyebab pingsan muncul di tempat umum, maka Anda bisa mencari sebuah tempat yang tidak penuh. Cobalah untuk mendudukan diri dengan kaki diluruskan ke depan. Hal ini bisa dilakukan dalam keadaan jika Anda tidak menemukan tempat untuk berbaring. Setelah itu, atur pernapasan dengan baik. Tarik napas selama 6 detik, lalu hembuskan selama 8 detik/ Ulangi cara ini hingga Anda merasa lebih baik.

Apakah Sering Pingsan Menunjukan Masalah Kesehatan yang Serius?

Apakah sering pingsan menunjukan sebuah masalah kesehatan yang serius? Jika pingsan teradi berulang kali dalam kurun waktu yan berdekatan, maka patut dicurigai adanya masalah kesehatan yang serius. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika terjadi gejala yang menunjukan penyebab pingsan yang serius maka ada baiknya untuk mencari pertolongan secepatnya ke tenaga ahli kesehatan. Dengan demikian, Anda bisa menerima kepastian penyebab seringnya kehilangan kesadaran.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel