Begini Cara Mengatasi Lemas Saat Hamil Si Buah Hati

Tubuh lemas saat hamil memang menjadi momok yang dialami oleh setiap wanita yang sedang mengandung si buah hati. Rasa lemas yang dirasakan oleh para wanita yang mengandung, membuat mereka malas untuk beraktivitas. Hal ini tentu membuat kehidupan sehari-hari sedikit mengalami masalah. Padahal dengan kondisinya yang sedang mengandung, tidak boleh untuk bermalas-malasan supaya melahirkan anak yang sehat.

lemas saat hamil

Munculnya rasa lemas ketika sedang hamil sering terjadi pada tiga semester pertama masa kehamilan. Dengan rasa lemas yang menghampiri tubuh para ibu hamil ini, tidak jarang menyebabkan rasa jengkel dengan hal-hal yang sulit dimengerti para suami. Hal ini tentu akan menjadi kendala bagi para wanita karir, karena bisa saja menghambat aktivitas mereka. Terdapat beberapa penyebab datangnya lemas saat masa kehamilan.

Penyebab Ibu Merasa Lemas Saat Hamil 


Rasa lemas saat hamil tentu tidak datang begitu saja, ada beberapa hal yang menyebabkan rasa lemas menghampiri para ibu hamil. Biasanya para ibu hamil merasa lemas karena faktor pertambahan usia kehamilan. Dengan semakin bertambahnya usia kehamilan, berakibat pada meningkatnya metabolisme tubuh. Hal ini mempengaruhi hormon progesteron semakin meningkat dalam tubuh.

Hormon progesteron inilah yang menyebabkan rasa ngantuk berlebihan dan rasa lelah pada tubuh ibu hamil. Sehingga, rasa lemas saat hamil tidak dapat terelakkan lagi. Selain itu, seiring dengan bertambahnya masa kehamilan si jabang bayi. Berpengaruh besar terhadap perubahan bentuk tubuh si ibu. Diawali pada tiga semester pertama, tubuh ibu akan bekerja lebih keras untuk menyiapkan plasenta.

Selain menyiapkan plasenta, pada masa ini tubuh ibu juga akan mulai menyiapkan berbagai jenis dukungan gizi untuk pertumbuhan sel janin. Pada saat kehamilan mulai memasuki usia 30-34 minggu, kondisi fisik khususnya pada perut akan semakin membesar. Sehingga mengakibatkan tekanan akan lebih berat yang membuat ibu akan merasa lebih lelah. Kelelahan inilah yang kemudian menyebabkan rasa lemas ketika sedang hamil.

Ketika sedang hamil, banyak ibu yang mengalami rasa gelisah berlebihan sehingga mengakibatkan stres. Secara psikologis, kondisi ini akan membuat ibu hamil mengalami kondisi fisik yang cenderung menurun, karena kurang istirahat akibat stres menunggu masa persalinan. Hingga pada akhirnya kondisi ini, berakibat pada rasa lemas saat hamil semakin tinggi dan tidak jarang menghambat aktivitas.

Cara Mengatasi Rasa Lemas Saat Masa Hamil


Dalam masa kehamilan yang sering muncul rasa lemas bagi para wanita memang terkedang menjadi sesuatu yang menyebalkan. Meskipun dirasa menyebalkan, disisi lain mereka juga sangat berantusias untuk menunggu si buah hati lahir ke dunia. Nah, jika anda menglami rasa lemas saat hamil, bisa mengikuti cara berikut untuk mengatasi masalah tersebut.

Beraktivitas Fisik Secara Teratur
Untuk menghilangkan rasa lemas saat memasuki masa kehamilan, anda bisa melakukannya dengan beraktivitas fisik. Aktivitas fisik yang bisa anda lakukan adalah dengan berolahraga secara teratur. Belakang banyak ibu hamil yang mengikuti kegiatan fisik seperti prenatal yoga. Hal ini sangat bermanfaat untuk menghindari rasa lemas yang kerap datang manghampiri tubuh anda.

Bukan hanya prenatal yoga, anda juga bisa melakukan aktivitas fisik lainnya dengan cara jalan santai. Dengan melakukan aktivitas-aktivitas fisik ini, dapat berguna untuk membakar kalori pada tubuh dan juga bisa membuat otot-otot lebih rileks. Namun perlu diingat, karena kondisi anda sedang hamil sebaiknya melakukan aktivitas fisik yang tidak terlalu berat.

Rileks dan Jangan Lupa Bahagia
Anda harus terbiasa berpikir tenang dan rileks untuk menghindari rasa lemas saat hamil. Karena berpikir terlalu berat saat hamil, bisa membuat tubuh mengeluarkan energi lalu berakibat tubuh lebih cepat lelah dibanding biasanya. Jangan terlalu stres memikirkan persalinan, agr tidak menyebabkan masalah pada si bayi.

Porsi Istirahat yang Cukup
Saat anda sudah memasuki masa kehamilan, jika berkonsultasi ke dokter manapun saran yang akan mereka berikan adalah dengan mendapatkan istirahat yang cukup. Pastikan anda memiliki porsi istirahat yang cukup, dengan tisur lebih awal dimalam hari dan menyempatkan istirahat saat siang hari. Supaya kondisi tubuh tetap terjaga, anda juga harus mengkonsumsi banyak air putih untuk menghindari lemas saat hamil.

Konsumsi Makanan Bernutrisi


Hal yang sangat penting agar kondisi tubuh anda tetap terjaga serta terhindar dari rasa malas ketika hamil. Konsumsilah jenis makanan yang mengandung banyak nutrisi. Selain mengandung banyak nutrisi, ibu hamil juga harus mengkonsumsi makanan bergizi untuk mendukung pertumbuhan janin. Pastikan anda telah mengonsumsi 2000-3000 kalori, untuk memenuhi kebutuhan dalam tubuh.

Supaya tubuh lebih fit dan terhindar dari rasa lemas, anda juga harus memenuhi kebutuhan karbohidrat dalam tubuh. Mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat juga sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Jenis-jenis makanan yang nabati dan hewani seperti sayur mayur, buah-buahan, susu khusus ibu hamil, ikan, dan daging sangat bermanfaat untuk menghindari rasa lemas saat hamil, jika anda mengonsumsinya secara teratur.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel