Inilah Cara Mengatur Pola Makan yang Baik Untuk Menurunkan Berat Badan

Selain untuk menjaga kesehatan, menerapkan pola makan yang baik juga bisa digunakan untuk membentuk tubuh ideal. Sudah bukan rahasia lagi, jika memiliki tubuh langsing dan ideal adalah dambaan setiap orang terutama kaum wanita. Inilah yang akhirnya membuat mereka rela melakukan apapun demi mendapatkan tubuh ideal yang mereka impikan. Salah satunya adalah dengan mengatur pola makan dan gaya hidup yang sehat. 

pola makan yang baik

Masih banyak orang beranggapan bahwa memiliki tubuh yang gemuk adalah sebuah hal yang memalukan. Hal ini terjadi karena masih banyak yang berfikir standar kecantikan seseorang terletak pada bentuk tubuh yang langsing dan ideal. Itulah sebabnya mengapa banyak orang yang terobsesi untuk memiliki tubuh langsing dan ideal yang sesuai dengan impiannya. 

Banyak cara bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan dan mendapatkan bentuk tubuh impian. Ada yang memilih cara instan dengan memakai bahan kimia atau operasi, ada yang melakukan diet ketat ada pula yang mengubah gaya hidup menjadi lebih baik dan lebih sehat. Semua cara di atas harus didukung dengan pola makan yang baik yang bisa menurunkan berat badan seperti di bawah ini. 

Jenis Makanan yang Bisa Menurunkan Berat Badan


Salah satu jenis makanan yang termasuk pola makan yang baik dan ampuh menurunkan berat badan adalah telur. Jenis makanan ini memiliki kandungan protein yang tinggi, sehingga bagus untuk membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh. Penelitian mengatakan bahwa konsumsi dua butir telur setiap sarapan bisa menurunkan berat badan sebanyak 65 persen dibandingkan mereka yang mengkonsumsi roti atau nasi. 

Selain telur, konsumsi sayuran dan buah-buhan juga bisa menurunkan berat badan anda. kandungan serat dan air dalam sayuran membuat tubuh kenyang lebih lama dan tidak akan membuat berat badan naik walaupun memakannya dalam jumlah banyak. Agar lebih sehat sebaiknya sayuran dikonsumsi dalam bentuk salad, dibandingkan harus dimasak yang harus ditambahkan minyak dan bumbu lainnya. 

Kacang-kacangan juga wajib anda masukkan dalam pola makan yang baik untuk menurunkan berat badan. Kacang mengandung protein dan lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh dan tidak membuat berat badan naik. Selain itu, kacang-kacangan juga bagus untuk kesehatan jantung. Makanan yang anda konsumsi sangat mempengaruhi berat badan. Maka dari itu, anda harus selektif memilih satiap makanan yang akan anda konsumsi. 

Makanan yang Dianggap Sehat Tetapi Membuat Berat Badan Naik


Beberapa makanan berikut ini memang sehat untuk dikonsumsi tetapi bisa membuat berat badan anda naik, salah satunya adalah jus buah. Pada dasarnya jus buah adalah minuman yang sehat. Akan tetapi, tambahan susu dan gula yang dicampurkan ke dalamnya membuat minuman ini justru bisa membuat berat badan anda naik, jika terlalu sering mengkonsumsinya. 

Selain jus buah, salad dengan tambahan saos mayones dan keju juga bisa membuat anda gemuk. Walaupun sayuran dan buah yang ada pada salad masuk dalam pola makan yang baik dan sehat. Namun kedua topping tersebut mengandung banyak lemak yang bisa membuat salad berubah menjadi tidak sehat jika dikonsumsi terlalu banyak. Maka dari itu, anda harus memperhatikan komposisi yang ada pada salad yang anda konsumsi. 

Selanjutnya ada buah kering. Walaupun memiliki kandungan serat yang tinggi dan kandungan vitamin serta mineral masih terjaga, proses yang terjadi selama pengeringan ternyata menambah kadar gula pada buah. Inilah yang membuat buah kering berpotensi menaikkan berat badan anda jika dikonsumsi secara berlebihan. Maka dari itu, akan lebih baik jika anda mengkonsumsi buah segar dibandingkan buah yang sudah dikeringkan. 

Benarkah Makan Malam Bisa Bikin Gemuk?


Banyak yang beranggapan bahwa makan malam bisa membuat berat badan naik secara drastis. Nyatanya hal tersebut tidaklah sepenuhnya benar, saat malam hari tubuh tetap membutuhkan asupan nutrisi yang bisa didapatkan dengan makan malam. Maka dari itu, makan malam tidak boleh anda lewatkan agar kebutuhan nutrisi tubuh tetap terpenuhi.

Makan malam tetap masuk dalam pola makan yang baik walaupun anda tengah diet sekalipun. Hanya saja anda perlu memilih menu makan malam yang lebih sehat. Anda bisa memilih makan malam dengan menu yang rendah karbohidrat seperti outmeal. Anda juga masih boleh makan daging tanpa lemak, ikan dan juga jenis protein lainnya. Untuk mengimbangi, tambahkan sayuran atau salad pada menu makan malam anda. 

Berat badan ideal bisa anda dapatkan tanpa harus menjalani diet yang menyiksa. Untuk menerapkan gaya hidup sehat dengan makan makanan yang sehat dan diimbangi olahraga yang teratur, anda tetap bisa mendapatkan bentuk tubuh ideal yang anda impikan. Kuncinya anda harus sabar dan konsisten dengan gaya hidup dan pola makan yang baik yang anda jalankan saat ini. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel