Tak Perlu Khawatir! Ini 6 Cara Mengatasi Sembelit agar Mudah BAB

Jika anda sedang terkena sembelit, anda harus mengetahui cara mengatasi sembelit agar buang air besar (BAB) kembali lancar. Nah, sembelit sendiri merupakan kondisi dimana seseorang akan mengalami kesulitan untuk buang air besar. Kondisi seperti ini tentu akan menyebabkan anda tidak nyaman bukan? Bahkan walaupun anda sudah BAB, tetapi anda masih belum puas. Kondisi seperti ini ternyata juga bisa dialami oleh siapapun baik itu orang dewasa hingga anak-anak. 

Cara Mengatasi Sembelit

Cara Mengatasi Sembelit dengan Mudah 

Ada beberapa faktor yang mengakibatkan mengapa sembelit bisa menyerang anda. Beberapa penyebab yang paling umum adalah kurangnya mengkonsumsi serat dan air hingga memiliki kebiasaan duduk selama berjam-jam. Kondisi ini sebenarnya juga tidak boleh anda remehkan begitu saja. Hal ini bukan tanpa alasan karena bisa jadi sembelit yang menimpa anda menjadi awal gejala bahwa anda sedang terkena penyakit yang serius. 

Tingkat keseriusan sembelit yang terjadi pada seseorang memang berbeda-beda bahkan bisa mencapai tahap kronik. Jika anda sudah terkena sembelit yang kronik ini, maka anda bisa segera memeriksakan diri anda dengan dokter. Selain itu, sembelit juga ditandai dengan beberapa hal seperti susah buang air besar, feses akan terasa lebih keras bahkan perut yang kaku. Untuk bisa terhindar dari sembelit, berikut ini cara mengatasi sembelit dengan mudah

Mulai Perbanyak Makanan yang Mengandung Serat 

Seperti yang telah kita singgung sebelumnya, salah satu penyebab penyakit ini adalah kurangnya mengkonsumsi serat. Anggapan bahwa seseorang yang tidak mengkonsumsi serat dengan cukup bisa menyebabkan sembelit ternyata bukan isapan jempol semata. Karena sembelit ini sendiri memang bisa diakibatkan karena kurangnya konsumsi serat. Hal ini tidak lain karena serat berfungsi untuk mengatur gerakat usus. 

Tak hanya itu saja, cara mengatasi sembelit dengan memanfaatkan kandungan serat yang terdapat dalam makanan ternyata bisa sebagai penyaring residu yang terdapat pada saluran usus anda sehingga akan memberikan rangsangan pada usus untuk BAB. Jika anda tidak ingin terkena penyakit sambelit ini maka anda bisa segera mengkonsumsi serat yang cukup. Beberapa makanan yang mengandung serat tinggi adalah kubis, wortel, bayam, papaya dan biji-bijian.

Jangan Lupa Untuk Memperhatikan Apa yang Anda Konsumsi 

Selain memperhatikan konsumsi serat yang cukup, anda juga bisa memperhatikan apa saja yang anda konsumsi. Hal ini bukan tanpa alasan karena salah satu penyebab yang memicu sembelit adalah karena makanan yang anda konsumsi. Adapun beberapa jenis makanan yang bisa anda konsumsi untuk melancarkan system pencernaan yang anda miliki seperti lebih banyak mengkonsumsi vitamin B12. 

Berdasarkan beberapa penelitia yang pernah dilakukan mengungkapkan apabila seseorang yang  sering mengkonsumsi nasi akan lebih rendah terkena penyakit sembelit. Tak hanya itu saja, anda juga bisa melengkapi makanan yang mengandung vitamin B12 seperti oatmeal, kiwi, jeruk, kacang, lidah buaya dan lainnya. Bagi anda pecinta kopi, anda juga harus senang karena ternyata kopi bisa membuat BAB anda lancar.

Konsumsi Air Putih yang Cukup

Selain diakibatkan karena kurangnya konsumsi serat, penyebab lainnya dari sembelit ini adalah karena kurangnya air yang anda minum. Hal inilah yang menyebabkan feses akan lebih kering sehingga menyebabkan sembelit. Inilah mengapa penderita sembelit sangat disarankan untuk mengkonsumsi air putih lebih banyak. 

Kendati demikian, anda juga harus mengingat untuk tidak mengkonsumsi minuman dieuretik atau minuman yang mengandung kafein karena bisa meningkatkan potensi sembelit. Selain itu, bagi anda yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi alkohol, anda juga harus menghilangkan kebiasaan buruk ini. Jangan lupa untuk mengkonsumsi jus apel. 

Menghindari Kebiasaan Menahan Buang Air Besar

Tak hanya itu saja, cara mengatasi sembelit yang berikutnya adalah dengan menghindari kebiasaan menahan buang air besar. Hal ini bukan tanpa alasan karena ternyata kebiasaan menahan buang air besar bisa membuat risiko terkena sembelit lebih tinggi. Inilah mengapa jika anda ingin buang air besar, cepatlah untuk pergi ke toilet untuk tidak menundanya. 

Menghindarkan Diri dari Stress

Adapaun cara lainnya yang bisa anda lakukan agar terhindar dari sembelit yakni dengan menghindarkan diri dari stress. Hal ini bukan tanpa alasannya pasalnya ketika anda sedang stress maka system pencernaan anda akan lebih sensitive dan sembelit bisa menjadi salah satu respon kondisi anda tersebut. Inilah mengapa anda bisa segera melakukan kegiatan yang bisa mengurangi stress seperti yoga atau melakukan hobi anda.

Lebih Perbanyak Olahraga

Cara mengatasi sembelit terakhir yang bisa anda pilih adalah dengan lebih banyak berolahraga. Olaharaga menjadi salah satu cara sederhana yang bisa anda lakukan agar terhindar dari sembelit. Hal ini bukan tanpa alasan karena dengan berolahraga maka denyut jantung dan pernapasan akan semakin baik sehingga secara tidak langsung bisa membuat pencernaan lancer.

Sembelit menjadi kondisi dimana bisa diderita oleh siapapun baik itu pria atau wanita dan dewasa hingga anak kecil. Sembelit yang sering terjadi tidak boleh anda remehkan begitu saja. Jika tidak ingin terkena sembelit maka gunakan cara mengatasi sembelit diatas. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel