Obat-obatan Alami Untuk Meredakan Batuk Pada Anak

Mengobati masalah batuk pada anak memang menjadi permasalahan sendiri untuk orang tua. Anak-anak biasanya akan sangat susah untuk disuruh minum obat, sehingga mengharuskan berbagai macam cara agar batuk yang diderita buah hatinya bisa segera di sembuhkan. Mulai dengan terapi obat dari dokter atau bahkan menggunakan cara-cara tradisional yang diyakini ampuh mengusir batuk pada buah hati anda.

batuk pada anak

Usia anak-anak memang sangat rentan terkena penyakit batuk. Selain karena konsumsi jajanan yang kurang sehat, aktivitas bermain anak yang berlebihan juga bisa membuat daya tahan tubuh menurun sehingga mudah terserang batuk. Jika sudah begini, peran orang tua sangat diperlukan untuk mengawasi apa saja yang bisa membuat buah hati anda terkena batuk. Untuk mengantisipasi, berikut ada beberapa penyebab batuk pada anak yang perlu anda ketahui. 

Penyebab Anak Sakit Batuk yang Perlu Diwaspadai Orang Tua


1. Inveksi virus pada saluran pernapasan atas
Penyebab paling sering anak-anak terkena penyakit batuk adalah karena adanya inveksi virus pada saluran pernapasan atau seperti common cold. Jenis ini biasanya ditandai dengan hidung meler, demam dan kemudian berlanjut menjadi batuk kering atau berdahak. Penanganan untuk batuk jenis ini masih tergolong mudah seperti memberikan cairan yang cukup, isrtirahat dan pemberian obat penurun panas jika anak anda disertai gejala demam. 

2. Inveksi Bakteri
Selain virus, infeksi bakteri juga bisa menyebabkan batuk pada anak. Bakteri biasanya menginveksi saluran napas bagian bawah yang dapat menyebabkan iritasi dan batuk. Hal ini tentu saja akan sulit diketahui jika tanpa pemeriksaan langsung oleh dokter. Maka dari itu, jika anak anda mengalami batuk berdahak yang tak kunjung sembuh dan disertai demam, maka segera bawa ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

3. Inhalasi Benda Asing
Benda asing seperti makanan dan mainan dapat terhirup oleh anak-anak terutama yang masih balita. Hal ini ternyata bisa menyebabkan batuk yang terjadi pada anak-anak. Bahkan jika tidak segera ditanggani, batuk yang dialami bisa berlangsung lama. Maka dari itu, memerlukan penanganan secepat mungkin agar penyebab batuk ini bisa segera diatasi. 

4. Zat Irritant
Zat irritant biasanya disebabkan oleh paparan asap tembakau dan polutan lainnya seperti asap dapur, asap kebakaran, polusi udara dan bahkan asap yang dihasilkan dari knalpot kendaraan. Zat ini ternyata mampu memicu batuk pada anak dan memungkinkan memperburuk batuk yang berhubungan dengan asma atau rhinitis. Maka dari itu, ada baiknya anda menjauhkan anak dari berbagai sumber zat irritant tersebut. 

Obat Alami yang Bisa Meredakan Batuk Pada Anak


Selain menggunakan obat-obatan dari dokter, batuk yang dialami anak-anak juga bisa sembuhkan dengan berbagai obat alami seperti berikut ini.

  • Jahe dan Kencur

Sudah sejak aman dahulu jahe dan kencur dipercaya bisa meredakan gejala batuk yang menyerang anak-anak maupun orang dewasa. Kedua bahan ini ampuh melegakan tenggorokan dan mengurangi batuk. Anda bisa merebus jahe dan kencur kemudian memberikannya kepada anak dengan tambahan madu sebagai penambah rasa, agar anak mau meminumnya. 

  • Jeruk nipis

Selain jahe dan kencur, jeruk nipis juga ampuh untuk meredakan batuk pada anak atau bahkan orang dewasa. Jeruk nipis mengandung banyak vitamin C yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga batuk pada si kecil bisa lebih cepat sembuh. Anda hanya perlu memeras jeruk nipis untuk mengambil airnya kemudian mencampurkannya dengan air hangat dan madu.

  • Kunyit

Selain sebagai bumbu masakan, kunyit ternyata juga bisa dijadikan obat alami untuk meredakan batuk. Caranya cukup dengan memotong kunyit menjadi beberapa bagian kemudian rebus dan saring. Anda bisa memberikannya kepada anak dengan tambahan madu agar lebih enak. Kunyit kaya akan antioksidan yang bagus untuk menjaga daya tahan tubuh dan menangkal dari segala penyakit termasuk batuk.

Makanan yang Harus Dihindari Saat Anak Batuk


Agar batuk pada anak tidak semakin parah, ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari, salah satunya adalah makanan manis seperti permen. Sebaiknya jauhkan makanan tersebut saat anak anda sedang batuk. Menurut studi yang dilakukan Internasional Journal of Pediatric Otorhinolaryngology, kandungan gula pada permen bisa menganggu kerja sistem kekebalan tubuh. Sehingga apabila dikonsumsi saat sakit bisa memperlambat proses penyembuhan.

Makanan dan minuman dingin juga harus anda jauhkan dari anak-anak yang sedang batuk. Suhu dingin yang masuk dalam tubuh menyebabkan rangsangan alergi dan iritasi yang bisa membuat batuk pada anak menjadi semakin parah. Hal ini disampaikan oleh Dr. Luciana b. Sutanto dari GLADIOOL Women’s & Childern’s Hospital Magelang. Sebagai pengantinya anda bisa mengantinya dengan yoghurt yang tidak dingin. 

Batuk yang terjadi pada anak-anak memang sudah biasa. Akan tetapi, bukan berarti sebagai orang tua anda bisa membiarkannya begitu saja tanpa ada penangangan atau pengobatan. Jika batuk yang diderita anak anda tidak terlalu parah, anda bisa melakukan pengobatan sendiri dengan beberapa obat alami yang bisa anda dapatkan di rumah. Dengan begitu batuk pada anak bisa anda tangani lebih cepat. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel