Jangan Sepelekan! Penyebab Penyakit Sembelit Ini Ternyata Mengakibatkan Penyakit Serius

Penyebab penyakit sembelit memang harus anda ketahui sejak awal. Hal ini bukan tanpa alasan karena sembelit ini menjadi kondisi yang membuat anda tidak nyaman terutama didalam pencernaan anda. Ada beberapa penyebab sembelit yang paling umum terjadi. Jika anda penasaran apa saja penyebab sembelit maka anda bisa menyimak uraian yang ada didalam artikel ini mengenai pengertian dan penyebab sembelit. 

Penyebab Penyakit Sembelit

Pengertian sembelit Atau Konstipasi

Sebelum anda mengetahui apa saja penyebab penyakit sembelit, anda harus mengetahui dahulu apa pengertian sembelit. Sembelit atau dikenal dengan konstipasi merupakan sebuah kondisi dimana anda akan kesulitan untuk buang air besar. Hal ini tidak lain karena usus anda mengalami pergerakan yang menurun. Kondisi ini biasanya juga diartikan sebagai kesulitan untuk buang air besar dari 3 kali seminggu. 

Sembelit ini biasanya juga bisa sembuh dengan sendirinya jika seseorang segera mengubah kebiasaan buruk mereka. Selain itu, jika seseorang sudah memiliki sembelit yang kronik maka anda bisa segera memeriksakannya pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih cepat. Kondisi seperti ini biasanya hanya sesekali terjadi pada diri anda. 

Ada beberapa hal yang diduga bisa menyebabkan penyakit ini seperti karena faktor makanan hingga kadar strees yang meningkat. Selain itu, sembelit ternyata juga bisa menjadi gejala bahwa anda terkena penyakit yang kronis. Sedangkan, siapapun juga bisa memiliki risiko gangguan ini tidak terkecuali anak-anak. 

Gejala Penyakit Sembelit 

Ada beberapa gejala yang bisa anda gunakan untuk mengetahui apakah anda sedang terkena sembelit ataukah tidak. Dengan mengetahui gejala dibawah inilah maka anda juga bisa segera mendapatkan penanganan yang lebih cepat. Langsung saja simak ulasan dibawah ini.

1. Seseorang yang terkena sembelit biasanya akan mengalami kesulitan untuk buang air besar. 
2. Feses akan mengering dan sulit untuk dikeluarkan. 
3. Perut akan terasa lebih penuh dibandingkan dengan kondisi biasanya. 
4. Biasanya seseorang yang mengalami sembelit juga bisa BAB disertai dengan darah karena ada yang tersumbat. 
5. Perut akan terasa lebih sakit. 
6. Seseorang akan buang air besar kurang dari 3 kali dalam seminggu hingga merasa tidak puas ketika setelah BAB seperti ada yang masih menumbat. 

Sedangkan gejala yang dialami seseorang dengan tingkat sembelit yang kronik biasanya ditandai dengan sulitnya BAB selama 3 bulan. Bahkan mereka hanya bisa BAB 1 kali dalam sebulan. Jika sudah seperti ini maka ada baiknya untuk segera mendapatkan pertolongan dari dokter. 

Penyebab Penyakit Sembelit

Setelah anda mengetahui apa saja gejala dari penyakit sembelit, anda juga harus mengetahui apa saja yang bisa meningkatkan risiko sembelit ini untuk terjadi. Secara singat sebenarnya sembelit adalah sebuah kondisi dimana kotoran yang ada didalam usus bergerak lebih lambat. Nah, dibawah ini ada beberapa penyebab sembelit paling umum. 

Kurang Mengkonsumsi Serat 

Penyebab Penyakit Sembelit yang pertama yaitu kurang mengkonsumsi serat. Apakah selama ini anda memiliki kebiasaan untuk menghindari makanan yang mengandung serat? Maka anda bisa segera menghindari kebiasaan buruk yang satu ini. Hal ini bukan tanpa alasan karena kurangnya konsumsi sembelit ternyata bisa meningkatkan risiko terkena sembelit dengan mudah. Inilah mengapa anda bisa segera membiasakan diri untuk mengkonsumsi makanan mengandung serat seperti sayuran. 

Sedikit Mengkonsumsi Air 

Selain kurangnya mengkonsumsi serat, seseorang yang kurang mengkonsumsi air ternyata juga memiliki potensi terkena sembelit lebih besar. Padahal air ini sangat penting untuk melancarkan pencernaan anda. Jika anda tidak ingin sering terkena sembelit ini, segeralah membiasakan diri untuk lebih rajin mengkonsumsi air. 

Sedang hamil

Selain itu, penyebab penyakit sembelit bisa terjadi karena sedang hamil, karena ibu hamil memiliki risiko terkena sembelit lebih tinggi. Biasanya sembelit ini hanya terjadi sesekali saja. Walaupun demikian, para ibu hamil juga dianjurkan untuk memeriksakan diri dengan dokter. Karena bagaimanapun dokter lebih mengetahui bagaimana kondisi tubuh anda. 
Terlalu lama duduk 

Seseorang yang bekerja menghadap computer memang akan menghabiskan waktu untuk duduk dalam waktu yang lama. Nah, bisa saja salah satu penyebab anda sulit untuk buang air besar adalah karena telalu lama duduk. Tak bisa dipungkiri jika kelamaan untuk duduk ternyata juga bisa menyebabkan anda untuk terkena sembelit. 

Adanya penyakit tertentu 

Selain diakibatkan oleh hal diatas, ternyata sembelit juga bisa diakibatkan karena adanya penyakit tertentu. Seseorang dengan penyakit diabetes, hipotiroid, stroke, Parkinson hingga hiperparatiroid memang cenderung memiliki risiko sembelit yang lebih tinggi. Disinilah, anda bisa segera mendapatkan pemeriksaan dari dokter dengan segera agar semakin tidak parah. 

Adanya penyakit serius

Selain penyakit diatas, bisa saja sembelit tersebut menjadi gejala apabila anda terkena penyakit yang serius. Beberapa penyakit serius yang menyebabkan sembelit adalah kanker usus, kanker perut hingga fisura anal. Selain itu, penggunaan obat-obatan anti nyeri juga bisa memicu terkena sembelit. 

Sembelit memang bukan menjadi kondisi yang serius, tetapi anda juga harus mengetahui apabila sembelit ini bisa menjadi gela bahwa anda sedang terkena penyakit yang serius. Untuk itu, anda harus menjaga kesehatan dengan mengetahui  pengertian dan penyebab penyakit sembelit, semoga bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel