Jangan Remehken, Pola Tidur Tidak Teratur Bisa Menyebabkan Penyakit

Di era yang serba gadget ini, seseorang memang cenderung memiliki pola tidur tidak teratur. Hal ini bukan tanpa alasan karena mereka akan menghabiskan banyak waktu untuk melakukan stalking di social media. Hal ini bukan tanpa alasan karena mereka tidak ingin ketinggalan berita yang sedang hangat dibicarakan di social media. Tanpa sadar mereka akan tetap terjaga dalam waktu yang lama dan akhirnya mendapati pola tidur yang tidak teratur. 

Pola Tidur Tidak Teratur

Penyebab Pola Tidur yang Berantakan 

Jika anda memiliki pola tidur tidak teratur maka artikel dibawah ini mungkin akan memberikan anda jawaban dan solusi untuk anda agar segera mengatur pola tidur anda lebih baik. Tidur sendiri menjadi salah satu cara yang digunakan oleh makhluk hidup termasuk manusia untuk mengembalikan energi yang telah dihabiskan selama seharian. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan mengapa anda memiliki pola tidur yang berantakan. Diantaranya adalah sebagai berikut. 

  • Banyak mengkonsumsi kafein sebelum tidur
Penyebab pola tidur tidak teratur yang pertama yaitu kebanyakan mengkonsumsi kafein. Kopi atau teh memang menjadi minuman favorit bagi banyak orang. Hal ini tidak lain karena kedua minuman ini bisa memberikan kesegaran tersendiri bagi anda. Tetapi tahukan anda apabila didalam minuman tersebut mengandung kafein yang cukup tinggi? Dan kafein inilah yang ternyata menjadi salah satu penyebab mengapa seseorang mengalami kesulitan untuk tidur. Inilah sebabnya, anda bisa menghindari untuk tidak mengkonsumsi kafein saat menjelang tidur. 
  • Depresi 
Seseorang yang terkena depresi memang sulit mendapatkan kualitas tidur yang bagus. Hal ini bukan tanpa alasan karena walaupun badan mereka merasa lelah tetapi pikiran mereka tidak bisa diminta untuk tidur. Orang dengan depresi memiliki fikiran yang dipenuhi dengan berbagai macam hal. Jika penyebab pola tidur anda berantakan karena depresi, anda bisa melakukan kegiatan untuk menghilangkan depresi seperti melakukan Yoga. 
  • Adanya ketakutan 
Selain depresi, seseorang yang memiliki gangguan metal lainnya seperti ketakutan juga akan lebih rentan memiliki pola tidur tidak teratur. Hal ini bukan tanpa alasan karena ketika anda merasa ketakutan maka pikiran anda akan tetap aktif sehingga mengakibatkan anda akan terjaga. 
  • Faktor usia
Adapun hal lainnya yang bisa mengakibatkan seseorang memiliki pola tidur yang berantakan yakni karena adanya factor usia. Hampir sebagian besar orang yang sudah dewasa memang lebih rentan memiliki pola tidur yang tidak sehat. Inilah mengapa factor usia juga bisa mempengaruhi pola tidur seseorang. 
  • Karena obat-obatan
Seseorang yang mengkonsumsi obat-obatan seperti narkotika ternyata juga memiliki pola tidur yang sehat. Narkotika memang bisa menyebabkan ketenangan tersendiri bagi anda tetapi sayangnya, itu hanya sementara saja karena efek yang ditimbulkan bisa mengganggu kesehatan anda. 

Penyakit Akibat Susah Tidur 

Perlu anda ketahui jika pola tidur tidak teratur ternyata tidak boleh anda remehkan begitu saja. Bukan tanpa sebab karena ada deretan penyakit yang dipicu karena pola tidur yang tidak sehat. Untuk lebih lengkapnya simak uraian dibawah ini. 

Risiko Terkena Kanker Lebih Meningkat

Seseorang yang terbiasa memiliki pola tidur yang tidak sehat memang harus segera memperbaikinya. Hal ini bukan tanpa alasan karena pola tidur yang berantakan tersebut ternyata bisa mengakibatkan sel kanker berkembang terutama kanker payudara dan prostat. Inilah mengapa pentingnya untuk mendapatkan tidur kurang lebih 7 hingga 8 jam. 

Daya Imun yang Menurun 

Karena anda sulit untuk mendapatkan tidur yang cukup maka secara otomatis daya imun anda akan mengalami penurunan. Ketika system imun anda terganggu maka potensi untuk terserang berbagai macam penyakit lebih besar dibandingkan dengan mereka yang memiliki tidur yang cukup. Inilah sebabnya, anda bisa segera mengatur tidur anda agar lebih teratur. 

Kinerja Jantung Menurun 

Tidak bisa dipungkiri jika kurang tidur bisa mengakibatkan berbagai macam penyakit termasuk penyakit yang mengancam kinerja jantung anda. Jika kondisi ini terus anda biarkan maka bukan tidak mungkin jika kesehatan jantung anda akan semakin menurun. Dengan menurunnya kinerja jantung inilah maka potensi untuk terkena penyakit serangan jantung dan stroke juga akan mengalami peningkatan. 

Ginjal Akan Terganggu 

Seperti yang telah kita ketahui, bukan hanya jantung saja yang akan terganggu ternyata ginjal sebagai organ yang penting juga bisa terkena dampaknya. Seseorang yang sering begadang pada malam atau pola tidur tidak teratur memiliki memang memiliki risiko terkena gagal ginjal yang lebih besar. Jika anda tidak ingin hal ini terjadi, segera ubah pola tidur anda. 

Nyeri Otot dan Sendi

Nyeri otot dan sendi yang terjadi pada diri anda bisa diakibatkan karena kurangnya waktu tidur yang anda miliki. Ketika otot dan sendi anda terganggu inilah maka anda semakin tidak nyaman dalam melakukan aktivitas. Jika terus anda biarkan maka akan merusak kesehatan anda. 

Tak hanya itu saja, ternyata tidur yang berantakan juga bisa mengakibatkan mood anda terganggu dimana kemungkinan besar anda akan lebih mudah marah. Jika ini terus anda biarkan maka akan mengganggu orang lain. Demikian info seputar penyebab dan penyakit akibat pola tidur tidak teratur. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel