Tips Mengontrol Makan di Hari Raya Agar Tetap Sehat

Tips mengontrol makan di hari raya memang penting untuk anda lakukan agar tubuh anda tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Setelah anda berpuasa selama satu bulan penuh, tentu saja hidangan yang ada di hari raya, Pastinya hidangan-hidangan yang ada sangat menggiurkan dan membuat anda menjadi ingin makan semua hidangan yang disediakan.

Namun saat berpuasa selama satu bulan penuh, metabolisme dalam tubuh juga bekerja lambat berbeda dari hari-hari biasa. Hal ini dikarenakan saat anda berpuasa maka kalori yang anda konsumsi tentu saja berkurang yang menyebabkan kerja metabolisme tubuh jadi lambat. Metabolisme sendiri merupakan proses mengubah kalori pada makanan atau minuman yang dikonsumsi menjadi energi dalam tubuh anda.

Jika anda mengonsumsi makanan yang berlebih saat lebaran, maka kalori yang tidak dipakai akan diubah jadi lemak. Maka tentu saja hal ini membuat berat tubuh anda menjadi bertambah. Untuk itu agar bisa menjaga tubuh anda tetap sehat, maka anda harus mengikuti tips mengontrol makan di hari raya agar berat badan anda tidak bertambah setelah lebaran.

Tips mengontrol makan di hari raya
Cleon.com

Konsumsi Makanan yang Sehat


Salah satu tips mengontrol makan di hari raya yang pertama ialah dengan cara tetap mengonsumsi makanan yang sehat. Jika anda ingin tetap menjaga pola makan anda saat hari raya, maka anda bisa memenuhi piring anda dengan sayuran. Dengan mengonsumsi sayuran, maka juga bisa membuat anda cepat merasa kenyang sebab kandungan serat pada sayuran yang cukup tinggi.

Jika anda cepat merasa kenyang, maka anda tentu saja bisa membantu untuk mengontrol makanan yang anda konsumsi agar tidak berlebih. Selain sayuran, saat hari raya anda juga harus bisa mengimbangi dengan makanan buah-buahan. Hindari mengonsumsi makanan yang berlemak tinggi berlebihan. Saat hari raya perbanyak konsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah untuk mengimbangi makanan berlemak.

Untuk tips mengontrol makan di hari raya selanjutnya, anda juga jangan sampai lapar mata dan mengonsumsi semua jenis makanan yang dihidangkan saat hari raya. Anda bisa mengobrol dengan keluarga atau teman anda untuk menghindari anda lapar mata dan mengonsumsi semua jenis makanan yang disajikan untuk anda. Dengan demikian maka bisa mengalihkan perhatian anda dari makanan.

Cara Agar Bisa Konsumsi Makanan Sehat


Untuk tips mengontrol makan di hari raya anda bisa mengonsumsi air putih dulu sebelum anda makan, sehingga bisa membuat anda merasa kenyang dan porsi makanan yang anda konsumsi juga bisa lebih sedikit. Selain itu anda bisa mengonsumsi makanan anda perlahan. Anda bisa makan secara perlahan untuk bisa merasa kenyang lebih cepat.

Saat anda makan, sebaiknya jangan terburu-buru agar anda bisa mendapat kepuasan dan juga merasa cukup akan makanan yang telah anda konsumsi. Umumnya setelah beberapa gigitan, maka indera perasa anda kesensitifannya juga akan berkurang pada zat kimia yang ada pada makanan anda. Jika anda bisa memuaskan lidah anda pada gigitan pertama, maka anda akan berhenti makan.

Salah satu cara untuk mengontrol makan saat hari raya ialah dengan cara memakai piring yang lebih kecil. Jika anda menggunakan piring yang lebih kecil, maka tentu anda memperhatikan makanan anda dan porsi yang anda ambil juga akan lebih sedikit. Selain itu anda juga bisa mengonsumsi makanan yang membuat anda merasa cepat kenyang tanpa kalori berlebih.

Perhatikan Makanan yang Anda Konsumsi


Untuk tips mengontrol makan di hari raya selanjutnya anda juga harus bisa memperhatikan jenis-jenis makanan yang anda konsumsi. Jika anda ingin mengonsumsi makanan yang ada kuahnya seperti makanan gulai, rendang, ketupat dengan opor, maka akan lebih baik jika anda mengonsumsi daging dan juga ampasnya saja.

Sebaiknya anda mengindari makan olahan dari daging tersebut dengan lemak atau dengan kulitnya. Sebaiknya pilih makanan untuk dikonsumsi yang tidak digoreng, akan lebih baik jika anda mengonsumsi makanan yang dikukus, dipepes, atau juga direbus. Mengonsumsi makanan yang digoreng mengandung tinggi lemak yang tidak baik untuk kesehatan tubuh anda dan bisa menimbun lemak jahat dalam tubuh.

Selain itu anda harus mengonsumsi makanan yang mengandung sayur dan buah-buahan. Untuk jenis buah-buahan maka sebaiknya anda memilih mengonsumsi buah langsung, bukan buah yang diolah menjadi berbagai macam jenis olahan yang mengandung tinggi gula dan tidak baik untuk kesehatan tubuh anda. Saat hari raya memang anda harus memperhatikan dengan benar makanan yang anda konsumsi.

Saat hari raya memang merupakan acara paling tepat untuk bisa berkumpul dengan sanak saudara dan menghabiskan banyak waktu untuk mengobrol. Bahkan saat hari raya sebagian besar dari anda akan mengalami gangguan kesehatan. Oleh sebab itu, anda haru bisa menjaga pola makan anda dengan mengikuti tips mengontrol makan di hari raya untuk menjaga kesehatan tubuh anda.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel