Inilah Tips Jitu Menjaga Stamina Tubuh Saat Hari Raya

Menjaga stamina tubuh di hari raya sangat penting agar anda bisa merayakan hari suci dengan maksimal. Sebagian besar umat muslim pasti menyambut hari raya dengan semangat setelah satu bulan berpuasa. Saat hari raya merupakan saat yang tepat untuk mudik dan kumpul dengan keluarga besar yang ada di kampung halaman dan berkunjung ke rumah sanak saudara.

Padatnya aktivitas yang dilakukan saat hari raya memang kerap kali membuat tubuh anda jadi tidak fit dan juga cepat merasa lelah. Agar anda bisa merayakan hari raya secara maksimal, maka anda harus bisa menjaga stamina tubuh di hari raya. Ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk menjaga stamina ada dan mencegah anda mudah lelah.

Kegiatan saat hari raya memang sangat padat dan sangat rentan membuat sistem imun tubuh menjadi menurun. Jika anda tidak bisa menjaga kesehatan tubuh anda, maka anda bisa sakit dan tidak bisa menikmati libur hari raya yang anda dapatkan. Padahal libur hari raya merupakan momen yang paling pas untuk anda gunakan bersama dengan keluarga besar dikampung halaman.

Menjaga stamina tubuh di hari raya
Unsplash.com

Menjaga Pola Makan


Saat hari raya memang ada banyak makanan yang disajikan. Tentu saja membuat anda menjadi lupa dan tidak bisa mengontrol asupan makanan yang maasuk dalam tubuh anda. Meskipun ada banyak makanan yang disediakan untuk anda, namun anda juga harus tetap bisa menjaga pola makan anda. hal ini untuk membantu anda menjaga tekanan darah anda agar tetap stabil. 

Selain itu dengan menjaga pola makan anda dengan baik, maka tingkat kolesterol dalam tubuh anda juga bisa terjaga. Sebab beberapa jenis makanan yang disajikan kepada anda juga rentan menimbulkan tingkat kolesterol naik, misalnysa saja makanan opor ayam dan juga sambal goreng ati. Oleh sebab itu, penting untuk anda menjaga pola makan saat hari raya.

Selain makanan, anda juga harus bisa mengontrol segala macam minuman yang anda konsumsi saat hari raya. Soda dan juga sirup merupakan jenis minuman yang mengandung tinggi gula yang paling umum disajikan saat hari raya. Untuk menjaga stamina tubuh di hari raya maka sebaiknya anda menghindari jenis makanan dan juga minuman tersebut yang bisa mengganggu kesehatan.

Melakukan Olahraga Secara Teratur


Kerap kali saat anda mendapatkan hari libur, anda akan bermalas-malasan dan berdiam diri dirumah. Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang tetap wajib untuk anda lakukan, tentu saja agar bisa menjaga stamina tubuh di hari raya. Bukan hanya untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh anda, kegiatan fisik seperti olahraga yang anda lakukan dengan teratur menyehatkan tubuh.

Meskipun di hari raya, maka sebaiknya anda meluangkan waktu anda sedikit sekitar 30 menit dalam satu hari untuk bersepeda, berlari, atau dengan berjalan keliling kompleks tempat anda tinggal. Olahraga tersebut bisa anda lakukan sebelum anda sibuk dengan kegiatan anda saat hari raya. Dengan berolahraga maka bisa membantu anda menguatkan otot, jantung, dan bisa mengurangi stres.

Jika anda jarang melakukan gerakan, maka tentu saja akan membuat tubuh anda merasa pegal dan juga akan rentan terkena virus serta anda akan mudah terkena penyakit. Akan lebih baik jika anda melakukan olahraga dengan teratur untuk menjaga stamina tubuh di hari raya supaya tubuh anda tidak mudah lelah. Anda juga tidak perlu melakukan olahraga berat.

Melakukan Istirahat yang Cukup


Saat hari raya, umumnya waktu istirahat anda akan berkurang, sebab anda akan menggunakan waktu istirahat anda untuk aktivitas yang lainnya, misalnya anda gunakan untuk mengunjungi sanak saudara dan berbincang dengan teman atau kerabat anda yang sudah lama tidak anda jumpai dikampung halaman. Tentu saja hal ini merupakan hal yang wajar dilakukan.

Namun meskipun demikian, anda juga harus tetap menjaga stamina tubuh di hari raya dengan beristirahat yang cukup. Istirahat saat hari raya juga harus tetap anda prioritaskan agar anda tidak mudah letih. Setidaknya anda harus mengusahakan untuk tidur dalam sehari sekitar 6 jam. Jangan sampai anda meremehkan efek cukup tidur untuk kesehatan anda.

Jika anda cukup tidur, maka bisa membantu kesehatan mental dan juga fisik anda. Namun jika anda kurang tidur maka bisa berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh anda, metabolime, mood, dan bahkan juga kesehatan organ tubuh anda misalnya saja jantung. Supaya anda tidak mudah merasa lelah, maka sebaiknya anda memberikan waktu untuk tubuh anda beristirahat.

Apabila diperlukan, anda bisa tidur siang untuk memulihkan energi anda sebelum nanti kembali berkunjung ke rumah sanak saudara. Anda juga bisa mengonsumsi banyak air putih dan buah yang kaya air untuk mencegah dehidrasi dan menyebabkan anda lemas. Jika anda bisa menjaga stamina tubuh di hari raya maka anda juga akan menjalankan hari raya dengan maksimal.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel