Merawat Kesehatan Gigi dan Mulut Agar Selalu Fresh

Kesehatan gigi dan mulut mungkin dianggap tidak terlalu penting bagi sebagian orang. Padahal nyatanya gigi dan mulut sangat berperan penting dalam kehidupan manusia. Jangan sampai Anda menyepelekan kesehatan salah satu panca indra yang penting bagi tubuh ini. Hal ini dibuktikan dengan sebuah studi yang menunjukkan bahwa, kondisi gigi dan mulut yang buruk bisa menimbulkan berbagai komplikasi penyakit berbahaya. Sehingga gigi dan mulut sangat perlu Anda utamakan pemeliharaanya.

Tingkat kesadaran masyarakat Indonesia untuk melakukan perawatan terhadap gigi dan mulut tergolong masih sangat rendah. Belum banyak masyarakat Indonesia yang rutin memeriksakan gigi dan mulut setiap 6 bulan sekali. Padahal pemeriksaan rutin ini sangat perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Sebagian orang yang lalai dan acuh tak acuh terhadap perawatan gigi terkadang membiarkannya hingga membuat gigi menguning, atau bahkan mengalami pengapuran atau keropos. 

Kesehatan gigi maupun mulut erat kaitanya dengan bakteri yang akan masuk ke dalam tubuh Anda. Rongga mulut merupakan salah satu akses masuknya bakteri penyebab penyakit ke bagian tubuh lainnya. Bakteri penyakit yang bersarang di dalam rongga mulut, dapat masuk ke dalam aliran darah dan menyebar ke seluruh bagian tubuh. Jika semakin banyak bakteri yang masuk ke dalam aliran darah, maka peluang terjadinya penyakit berbahaya juga semakin besar. 

Dampak Kesehatan Gigi dan Mulut yang Tidak Terjaga


Kesehatan gigi maupun mulut yang buruk bisa menjadi awal bagi kesehatan tubuh yang buruk pula. Sudah sedkit disinggung di atas jika rongga mulut yang tidak sehat bisa menjadi sarang bakteri penyebab penyakit. Dengan begitu tubuh menjadi lebih rentan untuk terserang penyakit-penyakit tidak berbahaya atau penyakit berbahaya. Berikut dua penyakit yang akan Anda alami jika Anda tidak merawat gigi dan mulut Anda. 

Penyakit gusi

penyakit gusi mungkin tergolong tdak berbahaya bagi tubuh. Namun, jika tidak ditangani dengan serius maka bisa berdampak pada keadaan yang lebih buruk. Kondisi buruk yang bisa terjadi seperti hilangnya gigi, infeksi pada gusi dan rongga mulut, hingga penyakit komplikasi lainnya.

Peradangan di bagian dalam jantung

Peradangan pada jantung disebut dengan endokarditis. Penyakit ini cukup berbahaya akan mempengaruhi sistem kerja jantung. Penyebab utama dari kelainan ini adalah adanya bakteri dalam mulut yang masuk ke dalam aliran darah melalui gusi yang berdarah. 

Kesehatan Gigi dan Mulut
Sumber Gambar : freeimages.com

Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut


Mengetahui dampak tidak merawat gigi dan mulut yang cukup berbahaya. Tentu Anda harus melakukan tindakan pencegahan dengan merawat kesehatan gigi dan mulut Anda. Merawat gigi dan mulut wajib dilakukan oleh semua orang setiap hari. Berikut beberapa cara mudah sehari-hari yang bisa Anda lakukan.

1. Menggosok gigi secara rutin jelas harus Anda lakukan setiap hari. Minimal menggosok gigi dilakukan dua kali sehari, agar mulut dan gigi selalu bersih terbebs dari bakteri penyebab penyakit.

2. Memberisihkan sela-sela gigi. Saat gosok gigi, sela antar gigi ternyata tidak bisa dijangkau oleh sikat gigi. Sehingga perlu dental floss atau tali tipis untuk membersihkannya. Dengan begitu, sisa makanan atau yang ada di sela-sela gigi bisa terangkat.  

3. Menggosok gigi dengan pasta gigi mengandung flouride. Disarankan hal ini karena flouride mampu melindungi permukaan gigi dari bakteri dan pengeroposan. Namun kadar flouride dalam pasta gigi juga harus dibatasi, tidak boleh berlebihan dalam menggunakannya.

4. Mengunjungi dokter gigi secara rutin minimal 6 bulan sekali. 6 bulan adalah patokan minimal, apabila lebih sering lagi juga lebih bagus. Masalah gigi dan mulut sebenarnya tidak hanya diatasi dengan menggosok gigi saja. Diperukan penanganan khusus pada kasus-kasus tertentu. Dengan begitu amat pentinglah untuk selalu rutin memeriksakan kesehatan mulut Anda. Jadi saat ada masalah maka bisa segera diatasi.

Manfaat Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut


Dengan selalu melakukan gaya hidup sehat dan menjaga kesehatan gigi maupun mulut, tentu Anda akan merasakan berbagai manfaat yang akan dirasakan. Kebiasaan baik tentu akan memberikan dampak yang positif bagi Anda. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika rutin merawat gigi dan mulut Anda.

Dapat meningkatkan kepercayaan diri, terutama saat berbicara dengan lawan bicara Anda.

Menurunkan resiko penyakit jantung.

Mengurangi resiko infeksi peradangan pada bagian tubuh lain disebabkan oleh bakteri dalam rongga mulut.

Membantu menstabilkan kadara gula darah bagi penderita diabetes.

Berdasarkan hasil penelitian, menjaga kesehatan gigi dan mulut bisa mempertahankan daya ingat dibanding dengan penderita radang gusi.

Mengetahui dampak, cara merawat, hingga manfaat yang akan didapat jika selalu merawat gigi dan mulut diharapkan bisa merubah pola hidu Anda. Jika Anda masih acuh tak acuh untuk merawat gigi dan mulut, maka mulailah berubah dari saat ini. Jangan sampai penyakit yang berbahaya menghampiri Anda terlebih dahulu baru ada tersadar untuk merawatnya. Menjaga kesehatan gigi dan mulut harus dilakukan setiap hari dan dimulai sedini mungkin. 

Referensi :

- https://www.hellosehat.com/hidup-sehat/gigi-mulut/kesehatan-gigi-dan-mulut-penting/amp/ 
- https://www.doktersehat.com/cara-menjaga-kesehatan-gigi-dan-gusi/amp/
- https://m.detik.com/health/hidup-sehat-detikhelath/d-1802801/6-manfaat-menjaga-kesehatan-mulut

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel