Mengetahui Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Kering

Cara mengatasi kulit kering memang menjadi problematika yang cukup mengganggu bagi sebagian manusia. Saat dalam kondisi kering, kemungkinan kulit sedang kehilangan cairan. Pada kondisi-kondisi tertentu, seperti cuaca dingin atau saat panas terik bisa membuat kulit Anda kehilangan sebagian cairan dalam kulit. Akibatnya kulit menjadi kering. Gejala kulit kering yang dirasakan biasanya berupa kulita terasa kasar, megelupas, pecah-pecah, terkadang juga terasa gatal kemerahan.

Saat Anda merasakan kulit kering tentu hal ini cukup membuat Anda tidak nyaman dan bisa mengganggu segala kegiatan yang dilakukan. Untuk itu Anda perlu melakukan tindakan perawatan untuk mencegah agar kulit tidak kering. Tidak hanya wanita saja, kaum laki-laki juga perlu mengetahui cara mengatasi kulit kering. Pasalnya kulit kering ini bisa dialami oleh semua gender dan juga semua usia. Semakin bertambahnya usia, resiko kulit menjadi kering juga bertambah. 

Kulit kering mungkin dianggap hal yang sepele bagi sebagian orang. Nyatanya kondisi seperti ini tidak boleh disepelekan. Terlebih jika kulit kering ini sudah berlangsung lama dan semakin meruam hingga kemerahan. Selain mengganggu, ternyata kulit menjadi kering bisa menjadi pertanda bahwa tubuh sedang mengalami perubahan atau penyakit tertentu. Ternyata pada kondisi penyakit tertentu bisa dideteksi dengan melihat kondisi kulit pasien. Dengan begitu Anda perlu mengetahui cara menangani kulit kering. 

Kulit Kering Sebagai Pendeteksi Penyakit


Cara mengatasi kulit kering mungkin dianggap tidak begitu penting. Terdapat beberapa anggapan yang menganggap kulit kering tidak berbahaya. Nyatanya beberapa kondisi penyakit tertentu, ternyata dapat dilhat dari kondisi kulit Anda. Salah satu tandanya adalah kulit kering yang tidak wajar. Kulit kering yang tidak wajar biasanya mengindikasikan tubuh sedang tidak sehat. Berikut terdapat beberapa penyakit yang ditandai dengan kulit kering.

Cara Mengatasi Kulit Kering
Sumber Gambar : pixabay.com


1. Ada masalah pada kelenjar tiroid

Kelenjar tiroid dalam tubuh berperan penting untuk menghasilkan hormon yang bisa menjaga kesehatan tubuh. Hormon tiroid memiliki reseptor di kulit. Sehingga pada saat Anda kekurangan hormon tiroid maka kulit akan kering, kasar, dan bersisik. Masalah yang akan ditimbulkan jika kekurangan hormon tiroid adalah kediginan, pelupa, depresi, sembelit, dan lainnya. 

2. Diabetes

Bagi penderita diabetes, saat gula darah melonjak maka tubuh akan lebih cepat kehilangan cairan. Akibatnya kulit menjadi kering karena mengalami dehidrasi. Kulit kering menjadi salah satu tanda bahwa gula darah sedang melonjak tinggi. Maka Anda harus mencari cara mengatasi kulit kering ini.

3. Gangguan ginjal

Ginjal yang megalami gangguan biasanya berdampak pada frekuensi buang air kecil yang meningkat. Dengan begitu cairan tubuh menjadi lebih sedikit, sehingga kulit akan terasa kering karen kekurangan cairan.

Tiga penyakit di atas merupakan beberapa contoh penyakit yang bisa dideteksi dengan kondisi kulit kering. Tentu saja penyakit-peyakit tersebut cukup berbahaya. Jadi jangan sepelekan kondisi kulit kering. Karena dampaknya bisa lebih dari yang bisa Anda bayangkang. Jika Anda mengalaminya, segera cari tahu penyebabnya agar bisa segera melakukan tindakan pencegahan. Salah satunya tentu dengan mempraktekan cara mengobati kulit kering. 

Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Menghidari Faktor Penyebabnya


Kondisi kulit kering tentu terjadi karena berbagai faktor penyebab. Kondisi pada umumnya, lapisan kulit paling luar mengalami kekurangan cairang sehingga membuatnya kering. Tapi ternyata ada faktor lain yang bisa menjadi penyebab kulit kering. Anda perlu mengetahuinya agar bisa melakukan tindakan pencegahan dan mengetahui cara atasi kulit kering yang paling sesuai. Berikut beberapa penyebab kulit kering.

1. Mandi dengan air hangat terlalu lama

Mandi dengan air hangat tentu akan membuta Anda nayaman dan merasa rileks. Akan tetapi ternyata mandi dengan air hangat terlalu tidak dianjurkan. Hal itu karena dapat menghilangkan minyak alami kulit Anda dan memuatnya menjadi kering.

2. Terpapar sinar matahari

Sinar matahari memnag bermanfaat bagi tubuh. Akan tetapi terpapar sinar matahari terlalu lama bisa membuat kulit Anda kering. Cara mengatasi kulit kering bisa dengan menggunakan tabir surya atau alat pelidung.

3. Penggunaan obat-obatan

Mungkin tidak semua, tetapi beberapa jenis obat memiliki efek mengeringkan kulit. Contohnya seperti obat darah tinggi, obat jerawat, antialergi, dan lainnya.

Cara Mengatasi Kulit Kering


Cara atasi kulit kering yang paling manjur adalah dengan mempertahankan kelembapan kulit. beberpa tindakan di bawah ini dinilai bisa memperbaiki kondisi kulit kering.

1. Menggunakan produk mandi berbahan lembut dan tanpa kandungan alkohol.

2. Menggunakan pelembab udara atau humidifier, agar menambah kelembapan udara di rumah Anda. 

3. Rutin mengaplikasikan bahan pelembab untuk kulit seperti minyak kelapa, lidah buaya, madu, dan lainnya.

4. Membatasi waktu mandi agar tidak menghilangkan minyak alami kulit

5. Jangan menggosok kulit terlalu keras.

Demikian pembahasan singkat terkait masalah kulit kering. Mulai dari bahaya kulit kering, penyebabnya, hingga cara mengatasinya telah disampaikan dengan jelas dan singkat. Semoga dengan pembahasan yang singkat ini bisa bermanfaat untuk Anda. Segera praktekkan cara mengatasi kulit kering agar kulit menjadi lebih sehat.

Referensi :

- https: hellosehat.com/penyakit/kulit-kering/amp/ 
- https://alodokter.com/kulit-wajah-kering-merusak-kepercayaan-diri 
- https://www.medcom.id/amp/gNQljqwK-kulit-kering-tak-wajar-waspadai-tanda-3-penyakit-ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel