Tips Berlibur agar Tetap Sehat Selama Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan bukanlah halangan untuk mempelajari tips berlibur saat ini. Meskipun untuk menahan lapar dan haus ketika traveling itu tidak mudah. Terlebih jika tempat yang didatangi menguras tenaga. Namun, dengan tips yang benar, dijamin Anda akan tetap fit selama liburan sambil melakukan puasa. Maka dari itulah, persiapkan segalanya sebelum berlibur di bulan puasa.

Bagaimanapun juga, puasa itu tidak berarti harus menghentikan semua kegiatan Anda, termasuk traveling di suatu tempat. Maka dari itulah, agar tetap nyaman liburan di bulan puasa, sebaiknya perhatikan beberapa hal yang akan kami kupas berikut ini. Agar liburan tetap lancar, aman, dan sehat meskipun sedang berpuasa.

Seperti apakah itu? Yang jelas untuk membuat liburan Anda terasa menyenangkan dan menyehatkan, jangan lupa untuk membawa barang-barang keperluang penunjang liburan Anda. Selain itu, perhatikan juga daftar makanan yang harus dihindari selama liburan sambil puasa. Agar nantinya setelah berbuka puasa, badan tetap fit saat liburan.

tips berlibur
Pixabay.com

Barang-Barang yang Harus Dibawa saat Liburan


Salah satu barang yang wajib dibawa untuk yang mau liburan saat puasa adalah hand sanitizer. Ini penting sekali untuk menjaga kebersihan diri selama bepergian, termasuk berwisata. Dengan membawa sebotol hand sanitizer inilah kebersihan tangan akan terjaga. Baik itu dari bakteri dan kuman yang ada dimana-mana.

Karena, salah satu masalah umum yang kerap melanda seseorang yang sedang liburan adalah masalah pencernaan, seperti diare. Ini biasanya sering terjadi ketika mereka tidak menjaga kebersihan tangan dan dirinya dengan baik. Dimana umumnya ada bayak kuman dan bakteri yang menempel di wastafel toilet ataupun di kendaraan yang ditungganggi tanpa disadari.

Akibatnya, bukannya sehat, justru liburan bisa membawa petaka pada organ pencernaan Anda. Maka dari itulah, salah satu tips berlibur saat berpuasa adalah jaga kebersihan diri dengan baik. Bila perlu, bawalah hand sanitizer untuk menjaga tangan dari segala macam kuman penyakit yang hinggap dimana-mana. Selanjutnya, jangan lupa bawa tisue.

Tisue adalah barang penting selama liburan. Baik itu tisu basah dan kering, keduanya sangat penting saat liburan. Karena bisa digunakan untuk membersihkan diri. Hal yang terakhir adalah jangan lupa membawa obat-obatan. Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi selama liburan saat berpuasa. Maka dari itulah, membawa obat-obatan seperti pereda mabuk, dan pereda nyeri itu penting.

Makanan yang Harus Dihindari selama Liburan


Hal penting lainnya yang harus diperhatikan selama liburan di bulan puasa adalah perhatikan makanan yang Anda santap saat buka puasa dan sahur. Hindari mengonsumsi makanan yang terlalu manis dan memiliki kandungan kalori dan gula yang banyak. Makanan yang rendah nutrisi juga harus dihindari. Karena mengonsumsinya saat sahur akan membuat Anda mudah haus dan perut kembung.

Selain itu, tips berlibur lainnya adalah hindari minum kopi selama puasa. Karena jika Anda minum kopi terlalu banyak saat sahur, ini akan membuat tubuh menjadi lesu dan dehidrasi. Akibatnya, Anda tidak bisa menikmati liburan Anda, karena tubuh merasa letih dan lesu. Makanan lainnya yang harus dihindari adalah gorengan.

Meskipun makanan ini terasa nikmat saat dibawa liburan, namun ada baiknya hindari gorengan saat Anda makan sahur. Karena gorengan membutuhkan energi yang banyak untuk mencernanya. Akibatnya, jika Anda makan gorengan saat sahur, badan menjadi lemas. Akibatnya, traveling terasa tidak nyaman dan tubuh terasa tidak sehat. Karena badan mulai lemas sebelum waktunya.

Tips Berlibur agar Tetap Sehat bagi yang Berpuasa


1. Untuk tips berlibur yang pertama adalah cari informasi dulu tentang jam sahur dan berbuka di tempat liburan Anda. Karena, tidak semua tempat wisata mempunyai jam sahur dan berbuka yang sama. Maka dari itulah, cari tahu dulu informasi ini dari internet atau cobalah bertanya pada teman Anda. 

2. Selain itu, meskipun Anda sedang liburan, sebaiknya jangan melakukan aktivitas berat dulu. Apalagi Anda dalam kondisi berpuasa, terlalu banyak melakukan aktivitas berat akan membuat badan menjadi lemas dan ini bisa berdampak pada kesehatan Anda. Maka dari itulah, lupakan dulu traveling seperti bermain arung jeram, trekking, dan naik gunung selama puasa.

3. Sebaiknya jangan pernah melewatkan jam sahur saat akan berlibur. Karena umumnya beberapa orang malas bangun pagi untuk sahur saat berlibur. Meskipun Anda masih butuh tidur daripada sahur, namun yang namanya sahur itu tidak boleh dilewatkan. Dengan sahur, tubuh bisa memiliki energi yang cukup agar tidak sampai sakit saat traveling.

Selain hal tersebut, tidak ada salahnya bila Anda harus menyediakan air putih dan cemilan di dalam tas Anda. Meskipun Anda sedang berpuasa saat liburan, namun membawa air putih dan cemilan di tas itu wajib. Tips berlibur ini penting sekali agar Anda bisa memanfaatkan cemilan untuk buka puasa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel