Trik Mencegah Sembelit Selama Liburan di Luar Kota

Hampir setiap orang sudah melakukan berbagai macam cara untuk mencegah sembelit selama liburan. Namun ternyata apa yang dilakukannya tidak membawa hasil yang memuasakan. Karena memang saat sedang berlibur ke luar kota, umumnya orang menjadi sulit untuk BAB. Baik itu ketika berkendara dengan mobil ataupun dengan pesawat.

Ini biasanya terjadi karena orang yang sedang liburan biasanya akan duduk lama hingga berjam-jam. Selain itu, biasanya mereka dengan sengaja membatasi minum dan makan selama menempuh perjalanan liburan. Agar nantinya mereka tidak bolak balik lagi menuju ke kamar mandi. Saat hal ini dilakukan, akibatnya orang menjadi sulit BAB.

Selain itu, sembelit juga bisa membuat Anda menjadi tidak nyaman selama liburan. Jika ini sedang Anda alami, sebaiknya jangan bingung dulu! Karena masih ada beberapa cara yang akan membantu Anda dalam mengatasi sembelit ketika liburan. Beberapa diantaranya dengan memperhatikan makanan dan minuman pencegah sembelit selama liburan.

mencegah sembelit
Foleon.com

Daftar Minuman Pencegah Sembelit selama Liburan


Salah satu minuman yang bisa mencegah sembelit selama liburan adalah air putih. Karena salah satu penyebab seseorang mengalami sembelit sebenarnya adalah dehidrasi. Saat tubu mengalami kekuarangan cairan, tubuh menjadi menyerap air yang banyak dari usus agar keseimbangan air dalam tubuhnya menjadi seimbang. Akibatnya, hal ini bisa membuat tekstur feses menjadi sedikit lebih keras.

Karena hal inilah membuat Anda menjadi sulit BAB ketika liburan. Maka dari itulah, sebaiknya perbanyak minum jus buah, air putih, dan cairan bening seperti yang didapatkan dari sup agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Dengan minum aiar yang cukup, feses  yang telah menumpuk ke dalam saluran buangan menjadi lunak. Sehingga, Anda bisa terbebas dari sembelit.

Jika sebelumnya Anda suka minum susu, ada baiknya jangan minum susu dulu selama liburan. Karena susu akan membuat Anda mengalami sembelit. Begitu juga dengan minuman yang beralkohol dan berkafein, seperti teh, kopi, dan cola. Beberapa minuman itu akan membuat Anda mudah haus dan mengalami dehidrasi selama liburan.

Selain hal itu, sebaiknya minum air hangat. Karena salah satu minuman yang bisa mencegah sembelit adalah minum air hangat pada pagi hari. Anda bisa mencoba minum kopi panas, teh hangat, dan sup hangat agar feses menjadi lunak. Namun, bila Anda sudah minum kopi pada pagi hari, sebaiknya jangan minum kopi lagi agar tidak mengalami dehidrasi.

Daftar Makanan Pencegah Sembelit


Selain minuman, ada juga daftar makanan yang bisa membantu mencegah sembelit selama liburan. Yaitu, makanan berat. Meskipun camilan dianggap lebih praktis dan ringan saat liburan, namun tetap saja akan lebih baik jika Anda makan makanan berat. Camilan tidak bisa merangsang kontraksi usus dengan baik. Sehingga, ini bisa menyebabkan sembelit. 

Sedangkan makanan berat dapat merangsang kontraksi usus agar tidak sembelit. Selain itu, jangan lupa untuk memilih menu sarapan yang sehat. Maka dari itulah, sebelum berangkat, sebaiknya makan sarapan sehat dulu agar tidak sembelit saat perjalanan. Pilih makanan yang memiliki kandungan lemak agar pelepasan hormon untuk buang air besar menjadi lebih baik.

Selanjutnya, jangan lupa mengonsumsi makanan yang tinggi serat. Serat berguna sekali untuk membuat pergerakan usus menjadi lancar. Dengan begitu, makanan berserat bisa mengatasi sembelit. Sumber serat ini bisa Anda dapatkan dari sayuran, buah-buahan, roti, dan sereal gandum yang utuh. Namun, pastikan sayuran dan buah yang disantap harus matang agar tidak diare.

Cara Mencegah Sembelit Agar Badan Tetap Sehat di Perjalanan


Selain harus memperhatikan makanan dan minuman agar terhindar dari sembelit, sebaiknya jangan pernah menahan buang air selama perjalanan liburan. Kebiasaan buruk ini akan membuat masalah sembelit semakin parah. Karena, ini akan membuat kotoran di usus semakin mengeras. Akibatnya, Anda semakin kesulitan untuk buang air besar.

Maka dari itulah, segera ke kamar mandi saat Anda ingin buang air. Agar Anda tidak terkena sembelit. Disamping itu, jika sebelumnya Anda sering tidak nyaman memakai toilet umum, sehingga Anda malas buang air selama perjalanan, sebaiknya posisikan diri Anda sebaik mungkin. Buat diri Anda merasa nyaman saat menggunakan toilet umum.

Entah itu dengan cara bermain game dari HP ataupun mendengarkan musik. Ada baiknya juga bila Anda harus menghindari junk food selama liburan. Karena jun food ini miskin serat. Akibatnya, junk food hanya akan membuat Anda mengalami sembelit. Maka dari itulah, hindari makanan cepat saji, seperti pizza, daging olahan, makanan yang telah dipanggang, keripik, dll.

Anda bisa mengganti junk food ini dengan yoghurt. Karena didalamnya mengandung probiotik yang akan membantu proses BAB agar lebih lancar. Anda juga bisa mencoba makanan sehat yang lainnya, seperti oatmeal ataupun daging tanpa lemak agar Anda bisa mencegah sembelit saat liburan bersama dengan anggota keluarga Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel