Cara Kontrol Tekanan Darah Bagi Penderita Hipertensi

Bagi penderita hipertensi memang wajib untuk mengetahui cara kontrol tekanan darah. Bisa Anda bayangkan hampir di seluruh anggota tubuh manusia dialiri oleh aliran darah. Sehingga darah di dalam tubuh mengalir dari ujung kepala hingga ujung kaki. Dengan begitu, keberadaan darah ini sangat bermanfaat bagi kerja tubuh manusia. 

Tekanan darah yang mengalir dalam tubuh juga akan berpengaruh terhadap metabolisme tubuh. Tekanan darah mempunyai batas normal agar bisa bekerja secara optimal. Cara kontrol tekanan darah harus mengetahui batas normalnya. Batas normal tekanan darah manusia adalah 120/80 mmHg. Batas normal ini menjadi patokan tekanan darah yang harus dicapai. 

Tekanan darah tidak boleh terlalu tinggi, tapi juga tidak boleh terlalu rendah. Jika tekanan darah berada di atas batas normal, maka kelainan ini biasa disebut dengan hipertensi. Sebaliknya jika tekanan darah berada di bawah batas normal, kelainan ini biasa dikenal dengan penyakit hipotensi. Hipertensi atau hipotensi, keduanya sama-sama berbahaya jika jaraknya terlalu jauh dengan batas normal. Jadi Anda harus selalu mempraktekan cara kontrol tekanan darah

Pada kesempatan ini, akan dibahas tentang salah satu kelainan tekanan darah yaitu hipertensi. Faktanya penderita hipertensi ini jumlahnya lebih banyak dibanding hipotensi. Perlu Anda ketahui jika penyakit ini ternyata tidak dapat disembuhkan. Sebagai penderita hipertensi, hanya bisa melakukan perawatan dengan cara mengontrol tekanan darah.

Cara Kontrol Tekanan Darah
Sumber Gambar ; freeimages.com

Menjaga Pola Makan Sebagai Cara Kontrol Tekanan Darah


Menjaga pola makanan sehari-hari adalah kewajiban semua orang. Setiap orang harus melakukannya agar tubuh menjadi sehat, terlebih bagi penderita tekanan darah tinggi ini. Makanan yang dapat memicu tekanan darah bisa naik tentu harus Anda hindari. Ada beberapa jenis makanan yang memang harus Anda hindari seorang penderita hipertensi. 

Salah satu contohnya adalah daging kambing. Jenis daging ini harus Anda hindari bagi Anda yang sudah terdiaknosis mempunyai tekanan darah tinggi. Selain jenis makanan yang harus dihindari, yang tidak kalah penting untuk dihindari adalah asupan garam. Hampir semua makanan pasti menggunakan garam sebagai perasa sebuah makanan. Bagi penderita hipertensi wajib untuk membatasi kadar garam dalam makanan yang akan dikonsumsi. 

Hal itu karena garam dapat meningkatkan kadar natrium dalam tubuh. Jika kadar natrium meningkat, maka akan berdampak pada peningkatan tekanan darah. Sehingga sangat dianjurkan bagi penderita hipertensi untuk membatasi konsumsi garam. Membatasi makan makanan yang terlalu asin adalah salah satu cara yang ampuh sebagai cara kontrol tekanan darah. 

Banyak penelitian yang sudah membuktikan betapa berpengaruhnya garam untuk meningkatkan tekanan darah manusia. Jadi sebaiknya Anda menjaga pola makan Anda dengan lebih banyak mengkonsumsi buah, sayur yang kaya akan serat, vitamin, antioksidan, kalium, serta magnesium. Gaya hidup sehat bisa Anda mulai dengan menerapkan pola makan yang sehat. 

Mengelola Stres Agar Tekanan Darah Lebih Stabil 


Menjaga kesehatan serta pola makanan yang sehat tentu menjadi syarat penting, untuk megontrol tekanan darah manusia. Namun, ada satu cara kontrol tekanan darah yang tidak begitu diperhatikan oleh penderita hipertensi. Cara tersebut adalah dengan mengelola stres, bagi orang awam mungkin belum mengetahui efek stres bagi perubahan tekanan darah. 

Faktanya stres adalah penyebab utama Anda melakukan berbagai kebiasaan tidak sehat. Berbagai kebiasaan tidak sehat inilah yang mengakibatkan naiknya tekanan darah. Tingkat stres yang tinggi memang terkadang membuat manusia melakukan kebiasaan-kebiasaan tidak sehat. Kebiasaaan yang tidak sehat contohnya seperti, makan sembarangan, begadang, hingga merokok atau minum minuman beralkohol. 

Kegiatan-kegiatan inilah yang dapat memicu tekanan darah naik. Jadi, cara mengontrol tekanan darah yang bisa dilakukan adalah dengan mengelola stres. Kelola stres dengan cara meditasi, curhat, atau sekedar mendengarkan musik agar rileks. Dengan begitu diharapkan, tekanan darah bisa terkontrol.

Lebih Rutin Cek Tekanan Darah


Selain menerapkan gaya hidup sehat, ada satu lagi cara kontrol tekanan darah yang perlu Anda lakukan sebagai penderita hipertensi. Cara tersebut adalah dengan rutin mengecek tekanan darah Anda. Cara ini dinilai efisien untuk megontrol dan memantau tekanan darah, maka Anda harus mengecek tekanan darah Anda minimal satu bulan sekali. 

Dengan begitu, setidakanya Anda bisa melakukan tindakan pencegahan saat tekanan darah terus naik lebih tinggi dari biasanya.  Pada umumnya, penderita hipertensi memiliki tekanan darah di atas 140/90 mmHg. Namun, pada kondisi ini tentu jantung Anda sedang bekerja dengan sangat keras. 

Hal ini sangat beresiko untuk mengalami gangguan-gangguan pada organ jantung atau organ lainnya. Akibat paling fatal adalah serangan jantung yang mendadak, dan berakibat kematian. Tentu semua orang tidak menginginkan hal tersebut. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu hidup dengan sehat dan melakukan cara kontrol tekanan darah setiap saat.

Referensi :

- https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/hipertensi-tekanan-darah-tinggi/tips-mengontrol-tekanan-darah/amp/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel