Waspadai Penyakit Rosacea, Peradangan Kulit yang Menimbulkan Sensasi Terbakar

Penyakit Rosacea menjadi hal yang sangat dikhawatirkan karena menimbulkan efek seperti terbakar pada penderitanya. Hal ini menjadi salah satu jenis penyakit kulit, Rosacea biasanya dialami oleh kaum wanita yang memasuki usia 30 tahunan. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan jika kaum pria dan orang-orang yang berusia lebih muda dapat terjangkit penyakit ini.

Rosacea sendiri lebih dominan menyerang permukaan kulit bagian wajah seperti hidung, pipi, dagu, dahi dan sekitar mata. Adanya ruam ruam merah serta munculnya tonjolan-tonjolan kecil mengandung cairan, baik cairan berwarna putih ataupun nanah, menjadi indikasi dasar bahwa seseorang mengalami Rosacea.

Ciri-ciri Terjangkit Rosacea


Untuk mengindikasi seseorang terjangkit Rosacea, ada beberapa ciri ciri khusus yang dapat dilihat secara langsung. Sehingga ketika Anda mengetahuinya, diharapkan dapat segera melakukan penangan yang tepat dalam menyembuhkan penyakit Rosacea secara baik dan benar. Namun Anda tenang saja, Rosacea bukanlah penyakit kulit yang menular.

Seperti penyakit kulit pada umumnya, Rosacea mempunyai beberapa ciri-ciri khusus yang menandakan bahwa seseorang mengidap penyakit ini. Hal yang sering terjadi kepada para penderitanya adalah orang tersebut seringkali tidak menyadari bahwa, dirinya mengalami rosacea, sehingga tidak melakukan pengobatan secara cepat.

1. Pembengkakan Pada Wajah

Penyakit Rosacea mengakibatkan tubuh penderitanya mengalami ketidakseimbangan dalam memproduksi cairan protein di tubuh. Sehingga terjadi jumlah yang berlebih dan terjadi kebocoran hebat di bawah permukaan kulit. Hal tersebut mengakibatkan pembengkakan pada wajah penderita.

2. Penebalan Kulit

Tidak hanya bengkak, penderita rosacea akan mengalami penebalan kulit di bagian hidung, sehingga bentuk dari bagian panca indera manusia ini terlihat lebih besar daripada ukuran normal pada umumnya.

3. Mata Mengalami Iritasi

Penyakit Rosacea juga mempengaruhi kondisi mata penderitanya, dimana sensitivitasnya lebih tinggi dan sering mengalami kekeringan yang ekstrim.

Penyakit Rosacea
Sumber gambar : freeimages.com

Faktor Penyebab Penyakit Rosacea


Untuk mengetahui mengapa seseorang mengidap sebuah penyakit, pasti harus dilakukan pengecekan secara medis dalam memastikan faktor apa saja yang mempengaruhi Rosacea muncul dan menjangkit orang-orang. Meskipun faktor eksternal mempengaruhi seseorang mengalami rosacea, namun secara tidak sadar kebiasaan buruk dalam aktivitas sehari-hari pun dapat mempengaruhinya.

Oleh karena itu, ketika Anda sudah mengetahui faktor-faktor pemicu terjadinya penyakit Rosacea, diharapkan mampu lebih memperhatikan kesehatan dan pola hidup karena sedikit kebiasaan buruk yang dilakukan secara berkala, maka hal tersebut dapat menimbulkan dan memperparah rosacea di tubuh. Berikut ini penjelasan singkatnya untuk Anda.

1. Makanan dan Minuman

Kandungan makanan dan minuman yang didominasi oleh alkohol, pedas ataupun panas dapat memicu seseorang mengalami rosacea. Maka dari itu, perhatikan setiap asupan yang Anda konsumsi setiap harinya. Pastikan kandungan dan kebersihan dari makanan dan minuman Anda terjaga kualitasnya.

2. Penggunaan Kosmetik

Menggunakan bahan dasar kimia menjadikan produk-produk kosmetik dapat mempengaruhi kondisi kulit Anda. Terlalu sering mengaplikasikan produk kosmetik di permukaan kulit dapat memasuki bagian bawah permukaan kulit secara perlahan. Pastikan membersihkan kulit Anda secara maksimal untuk mengangkat sisa kosmetik yang telah digunakan, agar terhindar dari penyakit Rosacea.

3. Suhu Udara Ekstrim

Keadaan suhu udara yang mengalami perubahan secara mendadak menjadikan kulit Anda belum siap untuk mengantisipasinya. Sehingga hal tersebut memicu rosacea untuk tumbuh dan berkembang secara cepat di atas permukaan kulit Anda.

Pengobatan Ampuh Penyakit Rosacea


Jika para penderita Rosacea sudah mengalami tahap yang serius, hal yang pasti dirasakan oleh orang-orang tersebut adalah sensasi kulit seperti terbakar. Keadaan seperti ini sangat menyiksa dan membutuhkan pengobatan secepatnya. Karena jika didiamkan begitu saja, hal yang ditakutkan adalah sensasi terbakar pada kulit akan semakin parah dirasakan oleh penderitanya.

Selain mendapatkan penanganan langsung dari dokter, untuk mengobati penyakit Rosacea Anda dapat melakukan serangkaian rutinitas yang mampu mengurangi dan menghilangkan rosacea pada tubuh Anda. Sehingga penyebaran dari penyakit ini dapat dihentikan sedini mungkin. Meskipun hasilnya tidak langsung terlihat, namun jika Anda sabar melakukannya, maka Rosacea dapat sepenuhnya hilang dari tubuh.

1. Pelembab

Pelembab mempunyai fungsi untuk memperbaiki kondisi permukaan kulit yang mengalami tekstur kasar. Untuk para penderita penyakit Rosacea, penggunaan pelembab dengan formulasi yang ringan dapat mengurangi rasa panas dari penyakit tersebut.

2. Antibiotik

Mengkonsumsi antibiotik mampu membunuh kuman dan bakteri dari dalam tubuh, termasuk penyebab terjadinya rosacea yang menyerang kulit Anda. Selain itu, antibiotik dapat meredakan peradangan pada tubuh.

3. Tabir Surya

Karena permukaan kulit mengalami permasalahan karena rosacea, hal tersebut menjadikannya sangat sensitive dengan cahaya dari matahari. Oleh karena itu, menggunakan tabir surya sangat disarankan untuk para penderita rosacea.

Mengetahui secara umum mengenai Rosacea sangat dibutuhkan untuk Anda, mengingat penyakit ini dapat menjangkit siapa saja dan tidak mengenal waktu. Selain faktor luar seperti lingkungan, Anda juga harus memperhatikan asupan apa saja yang dikonsumsi, sehingga Anda dapat terbebas dari penyakit Rosacea.

Referensi :

https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/dermatologi/semua-yang-perlu-anda-tahu-tentang-rosacea

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel