Waspada Penyakit Kulit Impetigo Pada Anak Usia Dini

Pencegahan penyakit kulit impetigo merupakan kondisi yang paling sering dialami oleh banyak orang, tidak terkecuali dengan Anda. Mulai dari taraf yang rendah hingga serius, jenis penyakit yang menyerang permukaan kulit ini harus ditangani sesuai dengan anjuran, sehingga proses penyembuhannya dapat berlangsung dengan cepat.

Meskipun penyakit kulit tidak memandang usia para penderitanya, tapi terdapat salah satu penyakit yang menyerang anak-anak berusia dini, yaitu Impetigo. Penyakit impetigo adalah penyakit yang dapat menular dengan cepat. Salah satu tanda utamanya adalah munculnya bercak-bercak merah pada permukaan kulit dan mengalami pelepuhan di beberapa kasus para penderitanya.

Media Penularan Penyakit Impetigo


Impetigo paling sering menyerang anak-anak usia dini karena imunitas tubuhnya yang masih sangat rendah. Mengingat bahwa pada usia tersebut tidak semua anak mau mengkonsumsi makanan-makanan sehat seperti sayur ataupun buah-buahan. Hal ini menjadikan imunitas tubuh kekurangan asupan vitamin dan menyebabkan kurang mampu menangkal virus dan bakteri dari luar.

Oleh karena itu, penyakit kulit impetigo dapat diketahui penyebaranya melalui media penularannya. Biasanya penyakit ini diakibatkan oleh faktor dari luar lingkungan, sehingga menjaga kebersihan adalah kunci utama untuk menghindari penyakit Impetigo. Namun lebih dari itu, terdapat media-media lainnya yang mempengaruhi seseorang mengalami Impetigo.

1. Kontak Langsung dengan Penderita

Hal yang dapat menjadikan penularan Impetigo secara cepat adalah ketika Anda melakukan kontak langsung dengan penderitanya, mulai dari bersentuhan hingga menggunakan alat-alat yang telah digunakan oleh orang tersebut sebelumnya.

2. Tempat Tinggal

Penyakit Impetigo sering dialami oleh orang-orang yang tinggal di pemukiman padat penduduk dan kondisi kebersihannya kurang terjaga. Selain itu, kondisi yang lembab menjadikan penyakit ini dapat muncul dan menyebar dengan cepat.

3. Luka pada Permukaan Kulit

Ketika Anda mengalami goresan ataupun infeksi pada permukaan kulit, hal tersebut mempermudah penyebaran penyakit kulit impetigo dapat dengan cepat masuk ke dalam tubuh Anda. Maka dari itu, segera melakukan pengobatan jika kulit Anda mengalami iritas

Penyakit Kulit Impetigo
Sumber Gambar : pixabay.com

Jenis-jenis Penyakit Impetigo


Penyakit Kulit seperti Impetigo mempunyai pengobatan tersendiri dalam menyembuhkannya. Meskipun begitu, Anda harus mengenali terlebih dahulu jenis-jenis Impetigo sebelum melakukan penanganan lebih lanjut, sehingga pengobatan berjalan lancar dan berlangsung dengan cepat. Dua jenis Impetigo antaran lain adalah Bulosa dan Kruftosa.

Jenis penyakit kulit impetigo digolongkan berdasarkan ciri-ciri yang muncul dari permukaan kulit. Efek yang ditimbulkannya pun juga tidak sama, terlebih lagi jika yang mengidap Impetigo adalah buah hati Anda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tahu jenis Impetigo apa yang dialami sang anak.

1. Bulosa

Bulosa memberikan efek peradangan hebat pada kulit penderitanya, diawali dengan munculnya benjolan yang berisikan cairan serta menimbulkan efek sangat gatal. Jenis Impetigo ini sangat mengganggu para penderita, karena ingin terus menerus menggaruk permukaan kulit.

2. Kruftosa

Kruftosa diawali dengan permukaan kulit penderita mengalami kemerahan di titik-titik tertentu di tubuh, serta ketika penderita mulai menggaruk bagian yang gatal, maka hal yang langsung timbul adalah iritasi dan permukaan kulit langsung terluka. Tidak seperti Bulosa, kadar gatal pada Kruftosa masih dapat ditoleransi.

Pencegahan Dini Penyakit Impetigo


Semua Penyakit Kulit dapat dilakukan pencegahan dini untuk mengantisipasi hal tersebut menyerang tubuh Anda, tidak terkecuali dengan Impetigo. Seringkali orang menyepelekan penyakit ini dengan melakukan pengobatan seadanya tanpa dilakukannya secara cepat dan tepat. Meskipun tidak menular ke orang lain, namun dampaknya akan memperparah kondisi kulit diri sendiri.

Untuk melakukan pencegahan terjadinya penyakit kulit impetigo, Anda hanya perlu melakukan hal-hal mudah di bawah ini secara rutin. Meskipun terlihat sederhana, namun hal tersebut sangat ampuh untuk mencegah terjadinya Impetigo pada seseorang. Terlebih lagi jika Anda mempunyai anak yang masih kecil, kondisi tubuhnya sangat rentan dan diperlukan pengawasan kesehatan ekstra.

1. Kebersihan Alat

Mulai dari sikat gigi, piring, garpu, sendok bahkan sampai sprei tempat tidur sekalipun harus Anda perhatikan kebersihannya. Alat-alat tersebut sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan sering Anda sentuh secara terus menerus.

2. Kebersihan Diri

Biasakan cuci tangan sebelum makan serta perhatikan kebersihan tubuh secara seksama. Seringkali banyak orang yang tidak sadar bahwa penyakit kulit muncul dari kebiasaan buruk dalam menjaga kebersihan diri sendiri.

3. Pengobatan Luka pada Kulit

Meskipun Anda mengalami luka ringan sekalipun, pastikan Anda langsung mengobatinya. Kondisi permukaan kulit yang terluka mempermudah kuman dan bakteri masuk ke dalam tubuh, termasuk penyebab penyakit impetigo.

Dengan mengetahui informasi mengenai penyakit Impetigo, diharapkan siapapun termasuk Anda dapat memperhatikan kesehatan diri, terlebih lagi dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Jika Anda mempunyai buah hati yang berusia dini, pastikan jika asupan bergizi terus diberikan guna menjadikan kekebalan tubuh yang kuat untuk menangkal penyakit kulit impetigo.

Referensi :

- https://www.alodokter.com/impetigo

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel