Penyakit Psoriasis, Kelainan Kulit Manusia Seperti Bersisik

Penyakit Psoriasis yang menyerang permukaan kulit manusia seringkali memberikan momok yang menakutkan karena menjadikan penderitanya mempunyai kulit bersisik. Hal ini diakibatkan oleh pertumbuhan kulit yang ekstrim, sehingga terjadi penumpukan pada permukaan kulit dan terus menerus menebal hingga menghasilkan tekstur seperti bersisik.

Meskipun pada awalnya Anda akan takut mengenai penyakit ini, namun satu hal yang perlu diperhatikan bahwa psoriasis tidak menular. Seseorang yang mengalami psoriasis dapat diketahui gejalanya dengan adanya bercak-bercak merah pada kulit serta teksturnya yang kasar bersisik. Pemicu utama dari psoriasis sendiri adalah permasalahan internal pada tubuh penderitanya.

Faktor Terjadinya Penyakit Psoriasis


Psoriasis dapat dialami oleh siapa saja tanpa memandang umur para penderitanya. Meskipun penyakit ini tidak menular, namun melakukan penanganan yang cepat dan tepat harus dilakukan guna menghentikan penyebarannya merambah ke bagian-bagian tubuh lainnya. Seseorang yang menderita penyakit ini disebabkan oleh beberapa faktor, baik internal dan eksternal.

Mengenai faktornya, sebenarnya penyakit psoriasis timbul dari pola hidup seseorang yang tidak sehat. Dari kebiasaan hidup seperti itulah yang secara tidak langsung memancing penyakit ini muncul dan mempengaruhi kondisi kulit para penderitanya. Sehingga terjadi ketidakseimbangan tubuh saat melakukan fungsinya. Berikut ini beberapa faktor-faktornya.

1. Kebiasaan Merokok

Rokok merupakan aktivitas dimana seseorang menghisap berbagai macam zat berbahaya seperti tar dan nikotin. Mengkonsumsi rokok secara rutin memberikan efek buruk pada tubuh. Sehingga terjadi permasalahan dalam tubuh, karena menimbun racun dari rokok yang terus menerus dihisap setiap harinya.

2. Garis Keturunan Penyakit

Saat keluarga Anda mempunyai garis keturunan penyakit Psoriasis, maka tidak menutup kemungkinan jika salah satu dari anggota keluarga akan mengalami penyakit ini. Cari tahu terlebih dahulu apakah memang ada riwayat keluarga yang mengidap psoriasis sebelumnya.

3. Obesitas

Obesitas merupakan kondisi dimana seseorang mengalami ketidakseimbangan jumlah lemak pada tubuh, sehingga terjadinya penumpukan yang mengakibatkan lemak tidak dalam jumlah yang normal dan menimbulkan lipatan pada kulit. Lipatan tersebut dapat memicu timbulnya psoriasis.

Penyakit Psoriasis
Sumber Gambar : pixabay.com

Jenis-jenis Penyakit Psoriasis


Meskipun Psoriasis menyerang permukaan kulit para penderitanya, namun apakah Anda tahu jika penyakit ini terbagi atas beberapa jenis? Dari sekian jenis yang Ada memberikan tanda dan efek yang berbeda kepada para penderitanya, sehingga untuk melakukan pengobatan secara tepat, dibutuhkan pengetahuan mengenai jenis psoriasisnya.

Tiga jenis dari penyakit Psoriasis antara lain adalah Guttate, Plak dan Postular. Masing-masing dari jenis penyakit tersebut menyerang bagian tubuh penderitanya di titik-titik yang berbeda, dan hal ini memang harus Anda kenali tanda-tandanya karena sering kali banyak orang yang mengabaikannya, sehingga terlambat dalam melakukan pengobatan psoriasis.

1. Guttate

Psoriasis berjenis guttate biasanya muncul dibagian kaki dan tangan para penderitanya. Tanda awal yang terlihat adalah munculnya tonjolan kecil berwarna merah.

2. Plak

Jenis penyakit Psoriasis plak menyerang bagian kulit dekat kuku. Hal yang terlihat dari Plak itu sendiri adalah penebalan kulit tidak normal. Parahnya lagi adalah menimbulkan sensasi panas seperti terbakar disertai rasa gatal luar biasa.

3. Postular

Postular mengakibatkan permukaan kulit penderitanya timbul benjolan yang mengandung cairan, baik cairan berwarna putih bening ataupun nanah. Selain benjolan, postular juga menyebabkan tubuh penderitanya mengalami pembengkakan di bagian-bagian tertentu.

Rutinitas Pengidap Penyakit Psoriasis


Psoriasis dapat diobati jika Anda melakukan penanganan dengan tepat. Mengingat banyak orang yang menyepelekan gejala awal psoriasis, hal ini dapat menjadikan penyebaran penyakit akan semakin meradang dan membutuhkan waktu lebih lama lagi untuk menyembuhkannya. Anda tidak mau bukan mengalami rasa gatal yang luar biasa disertai ruam-ruam merah sepanjang waktu?

Oleh sebab itu, jika Anda sudah ataupun mengidap penyakit Psoriasis ini, tidak perlu merasa khawatir ataupun bingung dalam mengobatinya. Hal tersebut dikarenakan adanya rutinitas-rutinitas yang dapat Anda terapkan untuk meredakan penyakitnya, sehingga Anda hanya perlu melakukannya secara telaten serta dibutuhkan kesabaran ekstra untuk menyembuhkannya secara total.

1. Konsumsi Suplemen

Kandungan vitamin pada suplemen mampu meredakan peradangan pada tubuh Anda, sehingga dapat mempercepat penyembuhannya dari dalam tubuh. Dari sekian banyak suplemen, disarankan untuk mengkonsumsi suplemen berbahan dasar dari minyak ikan.

2. Mengoleskan Pelembab

Karena efek dari peradangan mempengaruhi kondisi permukaan tubuh, menjadikan kulit mengalami regenerasi ekstrim dan menjadikannya bersisik. Oleh sebab itu, dengan mengoleskan pelembab secara rutin pada penderita penyakit Psoriasis, diharapkan kulit dapat terhidrasi sepanjang waktu.

3. Mengatur Pola Makan

Menerapkan pola hidup sehat dapat mempercepat proses penyembuhan. Pastikan makanan ataupun minuman yang Anda konsumsi bebas dari kandungan susu ataupun daging, karena kandungan dari dua hal tersebut dapat memperhambat tubuh untuk melakukan penyembuhan dengan cepat.

Penyakit ini sepertinya cukup banyak menyerang banyak orang, sehingga untuk mengantisipasi diri Anda mengidap penyakit ini, menerapkan gaya dan pola hidup secara sehat menjadi faktor penting yang harus terus menerus diterapkan guna menjaga kestabilan kinerja tubuh supaya lebih baik kedepannya, termasuk mencegah Anda terbebas dari Penyakit Psoriasis.

Referensi :

https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/dermatologi/jenis-psoriasis-ringan-hingga-parah
- https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/dermatologi/berbagai-komplikasi-psoriasis-berbahaya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel