Mengantuk Tak Tertahankan? Waspadai Terkena Penyakit Ini!

Apakah Anda sering merasa mengantuk tak tertahankan? Memang mengantuk adalah hal yang wajar. Apalagi ketika Anda sedang melakukan banyak aktivitas di saat puasa, hal ini tentu akan sering Anda rasakan. Tubuh yang sangat lelah dan kehabisan energi tentu akan membuat diri Anda merasakan kantuk yang tak terelakkan.

Menurut ahli medis, kantuk merupakan salah satu proses fisiologis yang memiliki siklus tertentu pada diri seseorang. Rasa kantuk ini muncul diakibatkan adanya rangsangan sensorik yang mengirimkan sinyal menuju beberapa organ tubuh dan menyebabkan kantuk. Hal ini biasanya ditandai dengan seseorang yang selalu menguap, semakin besar rasa kantuk yang Anda rasakan maka akan sering juga Anda menguap.

mengantuk tak tertahankan
Pexels.com

Mengantuk Tak Tertahankan Tanda Untuk Mengistirahatkan Otak dan Tubuh

Mengantuk merupakan salah satu bentuk atau tanda yang di berikan tubuh, ketika diri seseorang sudah kelelahan. Sehingga sinyal yang diberikan oleh tubuh ini seakan-akan meminta diri Anda untuk mengistirahatkan otak dan tubuh dari berbagai kegiatan atau aktivitas yang ada. Namun, lain halnya jika Anda mengantuk tak tertahankan karena kekenyangan. 

Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki aktivitas yang begitu padat dan sedang menjalankan ibadah puasa, maka sebaiknya Anda mengistirahatkan diri Anda untuk sesaat. Sehingga tubuh bisa kembali segar dan bisa bekerja dengan lebih produktif lagi.

Mengantuk Tak Tertahankan Bisa Menjadi Tanda Alzheimer

Namun, perlu Anda ketahui jika mengantuk ini biasanya akan terjadi atau akan Anda rasakan pada waktu siang atau pun malam hari. Apabila rasa kantuk ini terus terjadi dan berulang-ulang di sepanjang hari, maka hal ini merupakan hal yang tidak wajar. Sebab, apabila seseorang terlalu sering merasakan kantuk ketika pagi hingga sore hari, hal ini memungkinkan orang tersebut mengidap Alzheimer.

Akan tetapi beberapa penelitian yang ada juga mengatakan, jika rasa kantuk yang datang secara konsisten meskipun sudah beristirahat tetap masih terasa. Maka hal ini bisa menjadi tanda bahwa orang tersebut memiliki penyakit Alzheimer. Hal ini bisa terjadi karena adanya penumpukan protein pada otak. Penyebab terjadinya Alzheimer salah satunya adalah masalah kualitas tidur seseorang.

Menurut penelitian yang sudah dilakukan terdapat 20 persen responden yang merasakan kantuk berkepanjangan ini mengidap Alzheimer di usia senja. Dari penelitian yang ada bisa disimpulkan jika Alzheimer ini menyerang manusia pada usia 50 tahun lebih. Oleh karena itu, jaga kualitas maupun kuantitas tidur Anda, agar tubuh lebih sehat dan terhindar dari Alzheimer.

Tips Mencegah Mengantuk Tak Tertahankan saat Puasa

Mengantuk memang sering menjadi masalah saat sedang beraktivitas, terutama ketika bekerja di bulan ramadhan. Tentu kondisi tubuh yang sangat lelah dan menahan makan dan minum ini membuat asupan tubuh menjadi berkurang. Tak jarang beberapa orang yang sedang berpuasa sering merasa mengantuk tak tertahankan saat beraktivitas.

Maka dari itu, untuk memulihkan tubuh menjadi segar dan menghilangkan rasa kantuk tersebut, maka Anda harus melakukan beberapa hal untuk mengatasinya. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan rasa kantuk ini adalah sebagai berikut ini.

1. Melakukan sholat saat berpuasa
Ketika Anda hendak mengerjakan ibadah sholat di bulan ramadhan, hal ini akan membuat diri Anda menjadi lebih segar. Karena ketika Anda membasuh wajah dan tubuh Anda saat berwudhu ini akan membuat tubuh lebih segar saat berpuasa. Maka dari itu, bagi Anda yang sedang berpuasa jangan jadikan alasan lemas atau lelah untuk meninggalkan ibadah sholat ketika berpuasa. Sebab, dengan sholat Anda bisa membuat tubuh lebih segar dan siap menjalankan aktivitas.

2. Berjalan-jalan di tempat yang sejuk
Selanjutnya, hal yang bisa dilakukan untuk mencegah rasa mengantuk saat berpuasa adalah berjalan-jalan di tempat yang sejuk. Ketika Anda mulai merasakan kantuk dan merasakan lemas saat berpuasa, maka dengan berjalan-jalan dilingkungan yang sejuk akan membuat tubuh dan pikiran Anda lebih segar dan bisa menghilangkan rasa kantuk. 

3. Menonton film lucu dan menghibur
Kemudian menonton film lucu dan menghibur saat rasa kantuk mulai melanda juga sangat ampuh untuk mengatasinya. Sebab, film yang lucu ini mampu membuat otak Anda menjadi lebih rileks dan mampu mengusir rasa kantuk yang melanda diri Anda. Mungkin anda bisa menonton film kartun lucu, atau film-film komedi ringan lainnya untuk hiburan.

Saat ini Anda bisa memanfaatkan adanya berbagai sosial media yang menyediakan berbagai hiburan film pendek yang bisa membuat diri Anda lebih rileks. Salah satunya seperti film pendek di instagram, disana tersedia banyak film lucu yang bisa Anda tonton untuk menghilangkan rasa kantuk saat berpuasa.

Jadi, pada dasarnya mengantuk yang berlebihan saat berpuasa ini harus Anda wapadai, apabila rasa kantuk tesebut telah melebihi batas wajar. Oleh karena itu, agar tubuh tidak mudah mengantuk saat berpuasa, maka Anda bisa menggunakan beberapa tips mengatasi rasa mengantuk tak tertahankan agar tubuh tetap segar saat menjalani ibadah puasa di bulan ramadhan tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel