Mengantuk Saat Puasa? Ini Bahaya Tidur Terlalu Lama Saat Puasa

Menunaikan ibadah puasa memang memiliki banyak sekali cobaan, salah satunya mengantuk saat puasa. Hal ini pasti pernah Anda rasakan disaat sedang berpuasa di bulan Ramadhan. Bahkan tak jarang rasa kantuk ini melanda ditengah bekerja dan membuat konsentrasi terhadap pekerjaan Anda menjadi kacau dan berantakan.

Memang tidur saat berpuasa di bulan ramadhan tentu mendapatkan pahala, akan tetapi tidur yang terlalu lama saat berpuasa ini harus Anda hindari. Kenapa tidur terlalu lama tidak boleh? Sebab, waktu tidur yang berlebihan ini dapat menimbulkan beberapa bahaya yang dapat menyerang tubuh Anda. Berikut beberapa bahaya tidur terlalu lama ketika berpuasa.

mengantuk saat puasa
Pixabay.com

Bahaya Tidur Terlalu Lama Karena Mengantuk Saat Puasa


1. Meningkatkan Risiko Depresi
Beberapa penelitian oleh ahli medis membuktikan bahwa 15% penderita penyakit depresi ini memiliki jam tidur terlalu lama atau berlebihan. Sehingga, bagi Anda yang sedang menunaikan ibadah puasa di bulan ramadhan, maka sebaiknya batasi waktu tidur Anda dan tidur secukupnya. Sebab, tidur yang terlalu lama ini bisa memicu depresi pada diri seseorang.

2. Menurunkan Kemampuan Otak
Mungkin Anda pernah mendengar jika waktu tidur yang kurang dari 6 jam ini bisa menurunkan kemampuan atau kinerja otak. Akan tetapi, ternyata tidur terlalu lama atau lebih dari 8 jam ini juga bisa menyebabkan kemampuan kerja otak menjadi menurun. Hal ini sudah dilakukan penelitian di Inggris dan sudah terbukti. Maka dari itu, bangun di pagi hari sangatlah penting selain dapat mencegah penurunan kemampuan otak, hal ini juga mampu membuat pikiran Anda menjadi lebih segar.

3. Meningkatkan Risiko Diabetes
Menurut ahli medis waktu tidur yang kurang dari 5 jam ini membuat sistem kerja tubuh dalam mengolah makanan menjadi terganggu. Hal ini juga bisa meningkatkan risiko diabetes pada diri orang tersebut. Namun tak hanya itu, ternyata menurut penelitian waktu tidur yang terlalu lama dan lebih dari 9 jam ini juga berisiko terskena diabetes. Bahkan risiko terjadinya diabetes sangat tinggi yaitu 50% dapat menderita diabetes.

4. Bisa Berakibat Buruk Pada Jantung
Mengantuk saat puasa memang sangat wajar terjadi pada setiap orang, namun tidur yang berlebihan ini juga bisa menyebabkan gangguan jantung. Beberapa orang yang melakukan ibadah puasa terkadang memilih untuk menghabiskan waktunya seharian untuk tidur. Namun kenyataannya hal ini tidaklah baik, sebab tidur yang terlalu lama lebih dari 8 jam bisa mengganggu kesehatan jantung.
Karena bagi orang yang terlalu lama tidur yaitu lebih dari 8 jam ini memiliki kemungkinan terkena angina atau nyeri dada yang membuat dada menjadi sesak. Hal ini disebabkan oleh aliran darah yang kurang lancar menuju jantung. Jadi, tidur di saat puasa memang diperbolehkan, namun ketahuilah batasan waktu tidur agar tidak mengganggu kesehatan tubuh Anda.


Cara Mengatasi Mengantuk Saat Puasa


Rasa kantuk yang muncul ketika berpuasa ini biasanya disebabkan oleh kadar gula darah yang menurun. Sehingga kinerja otak semakin melemah dan sulit untuk berkonsentrasi, hal ini tentu akan sangat mengganggu Anda ketika sedang bekerja. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui beberapa hal yang bisa mengatasi kantuk saat sedang berpuasa. Beberapa hal yang bisa Anda gunakan untuk mencegah rasa kantuk saat berpuasa adalah sebagai berikut.

1. Tidur cukup dan berkualitas di malam hari
Rasa kantuk sangatlah mengganggu, apalagi ketika Anda sedang bekerja di kala berpuasa. Maka untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa mengatur waktu tidur Anda di malam hari dengan baik. Sehingga waktu istirahat tidur Anda menjadi lebih berkualitas dan tubuh menjadi lebih segar. Jadi, hindarilah kerja lembur dan mengahabiskan waktu istirahat Anda di malam hari.

2. Gunakan jam istirahat untuk tidur siang
Apabila rasa mengantuk saat puasa tidak bisa di tahan lagi, maka sebaiknya Anda memutuskan untuk tidur siang saat waktu istirahat. Mungkin Anda bisa tidur dan mengistirahatkan tubuh Anda selama 10 hingga 20 menit untuk tidur. Dalam hal ini tentunya akan membuat tubuh Anda menjadi lebih bugar dan lebih produktif lagi, dibandingkan sebelum Anda beristirahat.

3. Cuci muka
Selain itu, Anda juga bisa menghilangkan kantuk saat berpuasa dengan mencuci muka Anda dengan air dingin. Ketika Anda membasuh wajah Anda dengan air dingin ini akan membuat diri Anda menjadi lebih segar dan bisa mencegah terjadinya kantuk. Sehingga Anda bisa bekerja dengan lebih produktif dan mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Hal yang Harus Diperhatikan Agar Mengantuk Saat Puasa Bisa Teratasi


Seperti yang sudah di jelaskan di atas, jika mengantuk ini bisa mengakibatkan berbagai macam gangguan kesehatan pada diri anda. Maka dari itu, Anda harus bisa mengatur waktu istirahat tidur Anda agar lebih berkualitas. Dengan begitu, tubuh akan menjadi lebih segar dan terhindar dari rasa kantuk di saat sedang berpuasa. Selain itu, hindari berbagai kegiatan di malam hari yang bisa mengganggu waktu tidur Anda.

Dengan memperhatikan berbagai hal yang tersebut, maka Anda akan terhindar dari gangguan kantuk ketika berpuasa. Kemudian untuk mencegah rasa kantuk tersebut, Anda juga bisa melakukan beberapa tips di atas sehingga kantuk yang sedang melanda bisa hilang. Sebab, mengantuk saat puasa sangatlah mengganggu aktivitas anda dalam bekerja.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel