Apakah Pingsan Membatalkan Puasa? Begini Penjelasan Secara Medis dan Cara Mencegahnya

Puasa merupakan salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh setiap umat Islam ketika bulan Ramadhan, namun apakah sah pingsan saat puasa? Beberapa orang mungkin belum mengetahui sah dan tidaknya pingsan saat menunaikan ibadah puasa. Oleh karena itu, disini akan dijelaskan bagaimana hukum pingsan ketika menunaikan ibadah puasa dan cara mencegah pingsan saat berpuasa.

pingsan saat puasa
pixabay.com

Penjelasan Sah dan Tidaknya Pingsan Saat Puasa Menurut Islam


Pingsan ketika menunaikan ibadah puasa bisa dikatakan sah apabila, seseorang tersebut telah sadar kembali diwaktu pagi, siang, maupun di saat sore hari. Dalam hal ini menurut dalil yang ada, para ulama mengatakan puasa akan sah jika orang tersebut kembali sadar di waktu puasa tersebut berlangsung meskipun hanya sebentar.

Akan tetapi, apabila seseorang yang hendak menunaikan ibadah puasa mengalami pingsan sebelum fajar muncul hingga matahari terbenam, maka orang tersebut dinyatakan puasanya tidak sah. Sebab, seseorang yang menunaikan puasa wajib melakukan puasa wajib melakukan niat, yaitu berniat menahan hawa nafsu, makan, minum, dan semua yang membatalkan puasa.

Penyebab Pingsan Saat Puasa di Bulan Ramadhan


Dalam pelaksanaan puasa memang bisa menyebabkan diri Anda pingsan, hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Maka dari itu, saat melaksanakan puasa Anda harus mengetahui apa saja penyebab pingsan. Sehingga puasa Anda bisa berjalan dengan baik dan lancar hingga waktu berbuka puasa tiba. Berikut beberapa penyebab pingsan saat puasa:

1. Kekurangan Oksigen
Salah satu penyebab pingsan yang sering dialami oleh beberapa orang adalah kekurangan oksigen. Hal ini bisa terjadi ketika Anda berdesak-desakan saat berada di suatu tempat yang dipenuhi banyak orang. Sehingga aliran darah serta oksigen menuju ke otak Anda berkurang dan inilah yang bisa menyebabkan pingsan.

2. Dehidrasi
Selanjutnya dehidrasi, dalam melaksanakan puasa tentu tubuh Anda akan kekurangan cairan. Hal ini bisa menyebabkan aliran darah dan oksigen di seluruh tubuh Anda menjadi terhambat. Biasanya orang yang mengalami dehidrasi akan lemas dan pandangan berkunang-kunang, lalu jatuh pingsan.

3. Lapar
Setiap orang yang berpuasa memang diwajibkan untuk menahan lapar dan haus. Oleh karena itu, beberapa orang yang melaksanakan puasa ada yang pingsan karena kehabisan tenaga. Hal ini disebabkan oleh kadar glukosa yang menurun dan membuat tubuh seseorang menjadi lemas. Bahkan mungkin Anda bisa kehilangan kesadaran dan jatuh pingsan saat puasa.

4. Shock
Kemudian shock, mungkin beberapa orang pernah mengalami shock dan jatuh pingsan. Ketika seseorang mengalami shock yang disebabkan oleh berbagai hal, maka ini bisa memicu terjadinya pingsan. Sebab, saat Anda mengalami shock maka sistem kerja jantung akan bermasalah dan membuat seseorang menjadi kehilangan kesadarannya atau pingsan. 

5. Tekanan darah tinggi
Bagi Anda yang menderita penyakit tekanan darah tinggi, Anda harus lebih waspada saat berpuasa. Gejala tekanan darah tinggi ini biasanya ditandai dengan kepala pusing, jantung berdebar, padangan berkunang-kunang, dan lemas. Hal ini disebabkan oleh pembuluh darah pada otak manusia mengalami tekanan tinggi sehingga bisa menyebabkan pingsan.

Pingsan termasuk kondisi yang umum terjadi, terlebih pada orang-orang yang rentan dan memiliki kekebalan tubuh yang kurang. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin melaksanakan ibadah puasa agar lancar dan terhindar dari pingsan, maka Anda harus mengetahui beberapa hal yang harus di perhatikan. Berikut hal-hal yang bisa Anda lakukan agar tidak mudah pingsan ketika berpuasa.

Hal yang Harus Diperhatikan Agar Tidak Pingsan Saat Puasa


1. Mengonsumsi makanan bergizi
Saat menunaikan ibadah puasa Anda harus mempersiapkan segala halnya dengan baik. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, supaya kebutuhan tubuh Anda bisa terpenuhi selama berpuasa seharian. Akan tetapi, saat makan sahur Anda juga tidak dianjurkan untuk makan dan minum secara berlebihan. Sebaiknya makan dan minum secukupnya, namun makanan tersebut memenuhi segala hal yang dibutuhkan tubuh selama berpuasa.

2. Cukupi kebutuhan cairan 
Kemudian hal yang harus diperhatikan agar tidak pingsan saat puasa adalah mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh selama berpuasa. Untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda bisa mengonsumsi air putih di malam hari yaitu sebelum tidur dan saat makan sahur. Minumlah air putih secukupnya agar tubuh tetap bugar saat berpuasa. Dengan begitu, cairan dalam tubuh Anda akan lebih terpenuhi dan kuat berpuasa seharian.

3. Hindari paparan sinar matahari
Saat melakukan ibadah puasa Anda harus bisa menjaga tubuh Anda dari paparan sinar matahari. Sebab, ketika Anda telalu lama berada di bawah sinar matahari hal ini akan membuat tubuh Anda dehidrasi, sehingga tubuh akan menjadi lemas. Maka dari itu, saat menjalankan ibadah puasa Anda harus menjaga tubuh agar tidak berpanas-panasan dan mencari tempat yang lebih teduh serta sejuk.

Dengan memperhatikan beberapa hal penting di atas, mungkin bisa membantu Anda agar bisa menjalankan ibadah puasa seharian. Kemudian, perlu Anda ingat kembali bahwa pingsan tidak akan membatalkan puasa apabila seseorang tesebut kembali sadar diwaktu puasa tersebut berlangsung, meskipun itu hanya sebentar. Semoga dengan penjelasan pingsan saat puasa tersebut, bisa membuat Anda lebih yakin dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel