Lakukan 5 Cara Ini Untuk Mengatasi Mulut Kering! Penyebab & Solusi

Bagi anda yang sampai saat ini selalu mengalami kesusahan untuk mengatasi mulut kering, berikut akan kami bahas secara rinci bagaimana tips dan solusinya. Namun sebelumnya anda juga harus tahu, penyebab mulut terasa kesat atau kering ternyata tidak melulu soal penggunaan make up yang berlebih. Hal tersebut bisa jadi dikarenakan ada pola serta gaya hidup yang salah, yang anda terapkan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Berikut adalah penyebab serta cara mengatasinya!

mengatasi mulut kering

Penyebab Mulut Kering 


Sebelum membahas bagaimana cara mengatasi mulut kering, ada baiknya Anda mengetahui apa saja faktor penyebabnya. Karena bisa jadi anda menderita suatu penyakit yang mengakibatkan mulut anda kering secara terus-menerus, berikut informasi lengkapnya. 

1. Menderita Penyakit Autoimun. 
Penyebab pertama yang menjadikan mulut kering dan kesat, yaitu bisa jadi anda menderita penyakit autoimun. Menurut para pakar medis kesehatan, syndrome sjogren merupakan salah satu penyakit auto imun yang membuat tubuh menyerang kelenjar-kelenjar didalam tubuh sendiri yang memproduksi air liur dan air mata. Dan dua gejala umum yang paling sering dirasakan para penderita penyakit autoimun tersebut adalah mata kering dan mulut kering. 

2. Tidur Mendengkur. 
Apabila anda terbiasa dengan pola tidur yang mendengkur, bisa jadi itu adalah salah satu penyebab mulut dan tenggorokan kering. Mendengkur adalah posisi tidur yang menggunakan mulut sebagai saluran pernafasan anda. Maka jika hal tersebut terus terjadi sepanjang malam, maka tak heran pagi harinya mulut anda akan terasa sangat kering. Oleh karena itu Anda harus tahu cara mengatasi mulut kering tersebut.

3. Ada Masalah Sinus 
Terdapat masalah pada sinus atau mengalami penyakit sinus juga salah satu gejala yang akan timbul paling sering adalah mulut kering. Pada kondisi ini juga akan membuat anda secara sadar atau tidak, melakukan nafas lewat mulut. Masalah sinus ini juga erat kaitannya denga tidur mendengkur yang mengakibatkan gejala-gejala sama, yaitu mulut kering. 

4. Ada Infeksi Atau Virus 
Mungkin anda sering mendapati orang yang terkena flu, mulutnya kering. Hal tersebut dikarenakan tubuh sedang mengalami infeksi ata terjangkit suatu virus. Banyaknya virus yang menyerang tubuh serta beberapa inveksi lainnya, akan menghambat proses terbentuknya air liur. Sehingga mulut akan lebih cepat kering dibandingkan orang sehat lainnya. 

Cara Mengatasi Mulut Kering Secara Alami 


Kebanyakan orang biasanya lebih memilih jalan pintas atau cara cepat untuk mengobati mulut kering dengan obat kumur. Namun menurut para pakar kesehatan, reaksi mulut lembab dari pemakaian obat kumur ternyata hanya bertahan sementara. Selanjutnya, mulut akan terasa lebih kering dari kondisi awal, bahkan bisa memperparah kondisi mulut kering. Masih banyak solusi dan cara mudah mengatasi kondisi mulut yang sedang kering. Simak informasinya dibawah. 

1. Banyak Minum Air Putih 
Cara mengatasi mulut kering secara alami tanpa harus menggunakan obat kumur, pastinya adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih setiap hari. Selain disebabkan oleh beberapa penyakit, mulut kering juga bisa menjadi tanda bahwa tubuh anda sedang mengalami dehidrasi. Kemanapun anda beraktivitas, sempatkan untuk selalu membawa sebotol air putih supaya mulut tetap lembab setiap harinya. 

2. Kunyah Permen Karet 
Langkah kedua yang tak kalah mudahnya yaitu dengan mengunyah permen karet. Bukan hanya soal gaya-gayaan, namun permen aktivitas mulut yang mengunyah permen karet akan menjaga produksi air liur, sehingga mulut akan lembab setiap saat. Akan lebih baik untuk mengunyah permen karet yang mengandung xylitol untuk menghilangkan mulut kering dan pahit. 

3. Menjaga Kebersihan Mulut 
Tentunya menjaga kebersihan mulut bukanlah cara mengatasi mulut kering yang susah dan mahal. Anda hanya perlu memperketat jadwal untuk sikat gigi secara teratur, pagi, sore dan malam. Kemudian akan lebih baik jika ganti pasta gigi anda dengan yang banyak mengandung fluoride. Karena kandungan fluoride tersebut akan membantu merangsang produksi air liur tetap terjaga. 

4. Gunakan Humidifier 
Bagi anda yang belum tau, humidifier adalah salah satu alat untuk melembabkan udara didalam kamar. Ini bisa menjadi solusi bagi anda yang mempunyai masalah tidur dalam keadaan mendengkur. Dengan adanya alat ini, bernafas atau mendengkur lewat mulut semalam suntuk tidak akan jadi masalah, karena udara dikamar sudah lembab. Pada saat bangun pagi, anda tidak akan mendapatkan mulut anda kering atau pecah-pecah. 

Mulut Kering Akibat Merokok 


Sebenarnya masih banyak lagi cara-cara untuk mengatasi ketika bangun tidur mulut kering dan pahit. Beberapa diantaranya adalah menghindari semua yang berkaitan dengan rokok. Anda pastinya pernah mendapati bahwa para perokok akan cenderung punya bibir kering dibanding yang bukan perokok? 

Hal itu sebabkan karena kandungan racun yang ada di rokok akan menyebabkan bibir 2x lebih cepat kering. Hal ini juga berlaku untuk perokok pasif. Maka dari itu, selain mengindari rokok, lakukan cara-cara diatas untuk mengatasi mulut kering. Sehingga mulut Anda tidak akan kering, apabila menerapkan tips-tips di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel