Jangan Kebanyakan Makan Saat Berbuka Puasa! Perhatikan Tips Makan Sehat Ini

Hal yang harus diperhatikan saat berbuka puasa adalah jangan sampai kebanyakan makan saat berbuka puasa. Memang selama seharian tubuh menerima asupan makanan maupun minuman. Namun jangan jadikan hal ini sebagai alasan untuk makan dalam jumlah besar untuk mengembalikan kondisi tubuh agar kembali bugar dan bertenaga lagi.

Selain itu, dalam mengonsumsi minuman dalam berbuka puasa Anda juga harus memperhatikannya dengan baik. Sebab, beberapa minuman juga kurang baik untuk tubuh yang telah berpuasa seharian. Salah satunya adalah minuman yang mengandung gula tambahan dan aditif. Hal ini tentu bisa mempengaruhi tubuh dan terkadang bisa mengakibatkan beberapa gangguan. Maka sebaiknya Anda mengetahui beberapa panduan berbuka puasa dengan makanan yangs sehat.

kebanyakan makan
Pixabay.com

Makanan yang Sehat Untuk Buka Puasa

Nah, untuk mengembalikan tenaga selama seharian puasa yang sudah hilang ini, maka Anda harus mengonsumsi makanan dan minuman yang manis untuk berbuka puasa. Biasanya beberapa orang lebih memilih mengonsumsi kolak, es teh manis, es sirup, maupun es cendol saat berbuka puasa. Padahal kebanyakan makan ini merupakan hal yang sangat keliru dan kurang baik untuk kesehatan. Berikut beberapa makanan dan minuman yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa:

Jus buah
Buah utuh
Biji-bijian dan kacang-kacangan matang
Jus sayuran
Yoghurt
Kaldu sayuran
Sayuran mentah
Takjil buka puasa
Daging
Telur
Susu

Menurut beberapa ahli kesehatan, memilih takjil untuk berbuka puasa haruslah sehat dengan sari buah alami. Sebab, sari buah alami ini mengandung sedikit serat dan ini akan membuatnya lebih mudah di serap oleh tubuh. Sehingga energi dalam tubuh akan lebih cepat pulih dan kembali segar. Selain mengonsumsi sari buah, maka Anda juga bisa mengonsumsi kurma segar. Sebaiknya Anda memilih kurma yang memiliki kulit keras, sebab kadar seratnya lebih tinggi dan sangat baik untuk tubuh.

Kemudian untuk menu buka puasa lainnya seperti sop buah dan dilengkapi dengan pemanis madu, salah buah-buahan, dan agar-agar. Hal ini tentu akan membuat tubuh Anda lebih segar sebelum menunaikan ibadah sholat magrib dan tarawih. Dengan mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan serat ini tentu akan memulihkan tenaga Anda lebih cepat.

  • Makan berat buka puasa
Lauk yang sehat dan bergizi untuk berbuka puasa terdiri dari berbagai nutrisi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan berpuasa. Beberapa makanan yang cocok untuk berbuka puasa adalah ayam, ikan, tumis sayur, aneka sup, karedok, daging, nasi merah, dan kentang. Beberapa menu makanan ini sangat cocok untuk berbuka puasa dan bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh Anda.

  • Jajanan sehat buka puasa
Selain makanan dan minuman sehat untuk berbuka puasa, Anda juga bisa mengonsumsi beberapa jajanan sehat saat berbuka puasa. Beberapa jajanan yang sangat cocok untuk berbuka puasa yaitu seperti klepon, bika ambon, serabi, apem, kue pisang, dan sebagainya. Terutama jajanan yang memiliki cita rasa manis ini sangat baik untuk berbuka puasa. Namun, dalam hal berbuka puasa Anda jangan sampai kebanyakan makan, sebab sangat tidak baik untuk kesehatan.

Mitos dan Fakta Minuman Berbuka Puasa


  • Minum kopi
Mitos mengonsumsi minum kopi dan teh saat berbuka puasa bisa menyegarkan tubuh setelah berpuasa seharian. Namun kenyataannya atau fakta mengonsumsi kopi saat berbuka puasa ini justru dapat memicu gejala maag. Karena minuman ini mengandung kafein yang cukup tinggi dan apabila di konsumsi saat perut dalam keadaan kosong, maka ini akan menyebabkan gangguan pencernaan seperti maag.

  • Kebutuhan cairan
Kemudian ada juga mitos yang beredar yaitu ketika tidak berpuasa, tubuh membutuhkan lebih sedikit cairan. Namun apakah itu benar? Faktanya pengeluaran cairan pada tubuh ketika sedang berpuasa dan tidak berpuasa ini sama saja. Sehingga dalam kondisi apapun mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh sangat penting dilakukan, agar tidak terjadi gangguan apapun pada kesehatan tubuh Anda.

Kesalahan Makan yang Dilakukan saat Berbuka Puasa

Berbuka puasa merupakan hal yang telah dinanti-nantikan selama berpuasa seharian. Maka Anda harus mempersiapkan makanan dengan berbagai menu yang sehat dan mampu mencukupi kebutuhan tubuh selama berpuasa seharian. Namun, hal ini sering terjadi berbagai kesalahan yang dilakukan saat berbuka puasa seperti kebanyakan makan dan ini terkadang tidak Anda sadari. Berikut beberapa kesalahan yang sering terjadi saat berbuka puasa.

  • Porsi makanan besar
Ketika berpuasa setiap orang yang menunaikan ibadah ini seharusnya bisa mengontol nafsu makanan. Namun, ketika waktu berbuka puasa tiba mungkin Anda akan susah mengontrolnya dan terkadang sampai kebanyakan makan saat berbuka puasa. Akibatnya, kondisi perut yang terlalu banyak menyimpan makanan dan minuman ini akan membuat Anda menjadi lemas, mual, dan muntah.

  • Makan dan minum terburu-buru
Saat waktu berbuka puasa memang tidak boleh ditunda-tunda dan setiap orang yang menjalankan ibadah puasa harus sesegera mungkin membatalkan puasa saat adzan mahgrib berkumandang. Akan tetapi, hal ini terkadang membuat beberapa orang menjadi terburu-buru saat makan dan minum. Berbuka puasa dengan terburu-buru tidaklah baik untuk tubuh dan konsumsi makanan secukupnya saja.

Beberapa orang yang menjalankan ibadah puasa seharusnya mampu membatasi dirinya saat berbuka puasa. Karena dengan makan dan minum secukupnya akan membuat tubuh lebih nyaman dan sehat. Apabila Anda kebanyakan makan tentu ini akan menyebabkan berbagai gangguan pencernaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel