Efek Buruk Kebanyakan Makan Saat Berbuka Puasa Bagi Kesehatan

Salah satu kebiasaan buruk saat berbuka puasa adalah Anda tidak bisa mengontrol diri dan bahkan kebanyakan makan. Hal ini biasanya dilakukan karena hawa nafsu makan dan minum yang sudah ditahan selama seharian, dilampiaskan ketika buka puasa telah tiba. Sehingga berbuka puasa pun menjadi sangat tidak terkontrol dan semua makanan maupun minuman habis dimakan.

Mengonsumsi makanan dan minuman secara berlebihan saat berbuka puasa memang akan memberikan kepuasan tersendiri. Akan tetapi, mengonsumsi makanan yang berlebihan ini akan memberikan berbagai masalah seperti gangguan pencernaan pada tubuh anda. Maka sebaiknya Anda mengetahui beberapa efek makan terlalu banyak saat berbuka puasa seperti berikut.

kebanyakan makan
Unsplash.com

Kebanyakan Makan Perut Menjadi Begah dan Kembung

Perut menjadi begah atau kembung ini merupakan salah satu efek terlalu banyak makan saat berbuka puasa. Kondisi ini tidak lain disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi minuman dalam waktu singkat dan cenderung dingin. Hal yang Anda lakukan tersebut tentu membuat kondisi lambung Anda yang sensitif setelah berpuasa seharian itu menjadi bergejolak.

Apabila Anda terus melanjutkan makan dengan porsi yang besar saat berbuka puasa, maka otomatis perut Anda akan semakin begah dan ini tidak akan nyaman. Nah, apabila sudah begini maka tubuh akan semakin lemas dan menjadi malas untuk bergerak. Kemudian untuk mengatasi hal tersebut, maka Anda bisa mengonsumsi air hangat terlebih dahulu dan makan secukupnya.

Maka dari itu, kontrol diri Anda untuk mengonsumsi makanan dan minuman secukupnya terlebih dahulu. Apabila makanan dan minuman tersebut masih tersisa, maka Anda bisa menghabiskannya lagi nanti setelah sholat tarawih bukan? Jadi, tubuh akan lebih terasa nyaman dan energi setelah berpuasa seharian pun akan lebih cepat pulih.

Kebanyakan Makan-makanan Pedas Bisa Menyebabkan Diare

Mengonsumsi makanan yang pedas saat berbuka puasa memang sangatlah nikmat. Namun, ketika anda mengonsumsi makanan tersebut janganlah terlalu banyak atau berlebihan demi memenuhi nafsu makan Anda. Sebab, apabila Anda tidak memperhitungkan dampaknya, maka kondisi perut yang masih kosong dan terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas tentu akan menyebabkan gangguan pencernaan.

Apalagi bagi Anda yang memiliki riwayat sakit maag atau gangguan pencernaan lainnya. Maka sebaiknya Anda membatasi makanan pedas dan jangan kebanyakan makan saat berbuka puasa. Sebaiknya Anda menghindari makanan yang terlalu pedas atau asam agar lambung yang sensitif tersebut tidak mengalami gangguan apapun.

Kebanyakan Makan Sebabkan Obesitas

Kemudian terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman saat berbuka puasa juga bisa mengakibatkan obesitas. Hal ini bisa terjadi apabila Anda mengonsumsi makanan terlalu banyak dan tidak memperhitungkann jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda. Sehingga tubuh akan menyimpan sisa energi yang ada menjadi lapisa lemak pada tubuh.

Setelah Anda mengonsumsi air putih hangat barulah Anda bisa mengonsumsi buah seperti kurma atau sesuatu yang manis terlebih dahulu. Setelah perut sudah terisi walaupun sedikit, maka Anda bisa melanjutkannya dengan mengonsumsi makanan berat sesuai kebutuhan dan jangan berlebihan. Sehingga tubuh Anda bisa mencerna semua makanan dan minuman dengan baik dan tidak mengakibatkan obesitas.

Kolesterol Dalam Tubuh Naik

Mengonsumsi makanan yang mengandung santan memang sangat sering sekali di jumpai sebagai makanan saat berbuka puasa. Memang makanan yang mengandung santan ini sangat nikmat untuk dikonsumsi, namun apakah Anda pernah memikirkan akibatnya jika terlalu sering dan terlalu banyak mengonsumsinya. Apabila Anda kebanyakan makan-makanan bersantan, maka makanan ini akan membuat kolesterol Anda menjadi meningkat.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin mencegah munculnya kolesterol jahat pada tubuh sebaiknya Anda hindari makanan yang mengandung minyak. Maka, menu makanan yang baik untuk menghidari naiknya kolesterol ini adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Sehingga tubuh terhindar dari lemak jahat yang bisa mengakibatkan berbagai macam penyakit berbahaya.

Terlalu Banyak Makan Bisa Memicu Insomnia

Ketika berbuka puasa dan terlalu banyak mengonsumsi makanan, maka pencernaan dalam lambung Anda akan mengalami gangguan. Karena banyaknya makanan yang harus dicerna ini akan membuat kinerja lambung semakin berat. Nah, ketika lambung mulai bekerja dengan keras, maka perut akan menjadi begah dan membuat diri Anda sulit untuk tidur atau insomnia.

Hal ini bisa menjadi semakin parah apabila Anda mengonsumsi minuman kopi atau minuman yang mengandung kafein. Ketika anda mengalami insomnia atau sulit tidur ini tubuh akan menjadi lemas dan ini akan sangat menggangu Anda ketika harus bekerja. Maka dari itu, untuk menghindari insomnia anda harus mengatur porsi makan dan hindari minuman berkafein.

Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat untuk Anda yang hendak melaksanakan ibadah puasa di bulan ramadhan. Hal yang paling penting adalah mengatur porsi makan saat sahur maupun saat berbuka puasa agar tidak kebanyakan makan, sehingga tubuh bisa mencerna makanan dengan baik dan terhindar dari berbagai gangguan pencernaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel