Ternyata Ini 5 Penyebab Bau Mulut dan Tips Mengatasinya

Anda harus tau apa saja penyebab bau mulut, karena hal ini bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, bahkan disaat yang mungkin tidak anda inginkan. Mungkin anda pernah mengalami tiba-tiba mulut terasa tidak enak dan ternyata anda sedang terserang bau mulut. Pastinya hal tersebut bikin siapa saja tidak PD, apalagi jika situasinya sedang berbicara bersama dengan teman-teman. 

penyebab bau mulut

Penyebab bau mulut pada orang dewasa ternyata tidak diakibatkan hanya karena makan pete, bawang putih, jengkol dan makanan-makanan lainnya yang memang memicu bau mulut. Namun ada banyak sebab lainnya yang membuat nafas anda mengeluarkan bau yang tidak sedap, maka kenali penyebabnya dibawah ini. Kemudian hindari dan atasi dengan solusi jitu yang bisa Anda gunakan untuk atasi bau mulut. 

Kurang Menjaga Kebersihan Mulut 


Mungkin anda tidak pernah memakan makanan yang menimbulkan bau mulut seperti pete, jengkol, bawang putih dan sebagainya. Namun kenapa mulut tetap mengeluarkan bau yang tidak sedap? Apabila anda pernah mengalami kejadian diatas, bisa jadi penyebab bau mulut yang sedang terjadi adalah karena anda kurang menjaga kebersihan mulut. 

Semua makanan yang sudah masuk ke mulut mempunyai kecederungan untuk menimbulkan bau yang tidak sedap, apabila anda tidak menjaga kebersihannya sendiri. Biasanya kotoran itu kita sebut sebagai “plak”.

Punya Kebiasaan Merokok


Bagi anda yang pernah diserang penyakit bau mulut secara mendadak, bisa jadi itu disebabkan karena anda adalah seorang perokok. Mengapa? Karena kandungan yang ada didalam rokok tersebut dapat menimbulkan noda pada gigi dan juga bisa menyebabkan iritasi pada gusi. Dua keadaan tersebut akan menyebabkan bau mulut. 

Karena ketika anda mengalami iritasi pada gusi, akan banyak kuman yang tumbuh dan berkembang. Kuman-kuman tersebutlah yang menciptakan nafas yang tidak sedap. Bahkan kejadian paling buruk, tidak hanya iritasi, namun bisa terjadi radang pada gusi. 

Sedang Menjalani Program Diet


Penyebab bau mulut selanjutnya adalah bisa jadi karena anda sedang menjalani program diet. Apalagi program diet yang anda lakukan adalah membatasi asupan karbohidrat. Jadi sebaiknya jangan kaget apabila anda tiba-tiba mengalami bau mulut yang sangat tidak sedap. Hal tersebut dikarenakan tubuh anda sedang kekurangan karbohidrat. Posisi seperti itu akan membuat pemecahan lemak di tubuh. Dari proses pemecahan lemak tersebut muncul zat keton yang akan memicu bau mulut. Hal seperti itu juga biasa dialami oleh orang-orang yang sedang puasa.

Adanya Suatu Penyakit 


Penyakit juga bisa menjadi penyebab timbulnya bau mulut pada seseorang. Karena pada saat kondisi tubuh anda sedang tidak sehat, akan banyak bakteri dan kuman yang berkembang. Terutama di area mulut. Biasanya tanda-tandanya mulut menjadi pahit, bibir kering dan juga bau mulut. Kemudian bisa juga sistem pencernaan anda sedang dalam masalah. Maka beberapa penyakit lainnya yang menyebabkan bau mulut adalah diabetes, sinusitis, bronchitis, tonsillitis, dan penyakit paru-paru. Tidak ada salahnya anda periksa ke dokter ketika sedang terjadi bau mulut. 

Mengkonsumsi Obat-obatan 


Bahkan parasit penyebab bau mulut bisa disebabkan karena anda sedang mengkonsumsi obat-obatan secara rutin. Walau tidak semua, namun ada beberapa jenis obat-obatan yang menyebabkan nafas menjadi tidak enak. Salah satunya jenis obat penenang, obat penghilang nyeri dada, obat-obat kemoterapi, dan beberapa obat nyeri lainnya. Jika memang anda sedang dalam masa pengobatan jalan, tidak perlu menghentikan konsumsi obat-obatan supaya nafas mulut tidak bau lagi. Sebab, masih banyak cara untuk mengatasi permasalahan yang satu ini. 

Cara Mengatasi Bau Mulut 


Bau mulut bisa terjadi pada siapa saja dan bisa menyerang kapan saja. Tak perlu khawatir jika saat ini anda sedang dalam permasalahan bau mulut tersebut. Semuanya bisa diatasi dengan melakukan beberapa langkah dibawah ini.

1. Perbanyak Kosumsi Air Putih 
Sepertinya memang air putih merupakan obat dari segala obat alami. Hampir semua permasalahan yang terjadi di tubuh kita bisa diatas dengan air putih ini. Termasuk bakteri penyebab bau mulut. Konsumsi minimal 8-10 gelas dalam sehari. Selain bisa menghilangkan bau mulut, mengkonsumsi air putih bisa membuang toksin yang ada ditubuh kita dan keluar melalui urin. 

2. Makan Permen Karet Bebas Gula 
Solusi kedua adalah dengan mengkonsumsi permen karet bebas gula. Menurut riset para pakar kesehatan gigi terkemuka, mengunyah permen karet bebas gula bisa merangsang air liur lebih banyak serta membentuk pertahanan alami terhadap asam plak yang menyebabkan bau mulut. 

3. Memperbanyak Konsumsi Buah 
Cara menghilangkan bau mulut dengan bahan alami selanjutnya yaitu cukup dengan banyak mengkonsumsi buah yang kaya akan vitamin C. Kandungan tersebut akan menjadi penetral dan mengikis sedikit demi sedikit penyebab bau mulut yang anda alami. 

Dengan mengetahui berbagai macam penyebab yang bisa mengakibatkan bau mulut, tentu untuk mengatasinya akan menjadi lebih mudah. Untuk mengatasi bau mulut Anda bisa mencoba beberapa tips di atas. Sehingga penyebab bau mulut bisa teratasi dan mulut menjadi segar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel