Ketahui Beberapa Penyebab Pusing Mendadak Agar Tidak Berakibat Fatal

Bagi sebagian kalangan yang sudah pernah merasakan pusing mendadak, akan sedikit mengabaikan karena dirasa pusing itu merupakan suatu hal yang sepele. Namun ternyata tidak! Beberapa para ahli kesehatan mengemukakan bahwa, sering merasakan pusing atau sakit kepala tiba-tiba dapat berakibat fatal. Apabila anda tidak segera mengatasi permasalahan tersebut. Maka, bisa jadi itu adalah reaksi dari saraf-saraf atau pembuluh darah yang ada disekitar kepala, akibat dari kondisi tubuh yang sedang tidak fit. 

pusing mendadak

Penyebab Serangan Pusing Secara Mendadak 


Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan anda terkena pusing mendadak dalam intensitas waktu yang cukup sering. Bagi anda yang belum pernah merasakan, jangan sesekalinya meremehkan sakit kepala ini. Walau terkesan sepele, namun serangan pusing ini bisa terjadi pada siapa saja, dan kapan saja. Kenali penyebabnya dibawah ini. 

1. Terlalu Lelah Dalam Beraktivitas 
Penyebab pertama yang mengakibatkan anda tiba-tiba terserang pusing bisa jadi karena anda terlalu banyak melakukan aktivitas, sehingga tubuh anda merasa lelah. Rasa kelelahan pada tubuh bisa memicu terhambatnya pasokan oksigen untuk pembuluh darah. Terlebih untuk bagian kepala. Dan kondisi tersebut bisa menyebabkan pusing kepala terus menerus secara mendadak. 

2. Kurang Tidur
Selanjutnya adalah kurang tidur, penyebab ini merupakan penyebab yang sering di abaikan atau bahkan tidak disadari. Padahal kondisi tubuh yang waktu tidurnya kurang akan menyebabkan kekurangan sel darah merah serta oksigen. Jika hal ini terus berlanjut, maka bisa membahayakan pembuluh darah dalam kepala yang akan berdampak pada kesehatan saraf otak. Maka dalam keadaan tersebutlah, seringkali pasien merasa pusing mendadak. 

3. Tekanan Darah Rendah 
Kondisi tubuh yang sedang mengalami tekanan darah rendah biasanya terjadi, karena pasokan darah yang mengalir menuju otak sedang berkurang. Sehingga hal tersebut dapat memicu timbulnya pusing mendadak pada pasien. Biasanya, tanda-tanda pusing yang dirasakan pasien akibat tekanan darah rendah, akan sedikit lebih membandel dari pada yang ditimbulkan oleh sebab lainnya. 

4. Mengalami Cedera 
Mungkin anda pernah mengalami kecelakaan? Benturan keras yang terjadi di kepala, pundak, leher atau bagian tubuh lainnya? Hal tersebut bisa memicu timbulnya pusing yang muncul sewaktu-waktu. Walaupun mungkin bekas luka atau cederannya sudah sembuh.

Akan tetapi, beberapa saraf tubuh akan tetap mengalami trauma panjang dan tingkat sensitivitasnya terhadap benturan jadi semakin peka. Jika suatu saat bekas luka tersebut mengalami benturan lagi yang intensitasnya lebih ringan, rasa pusing dikepala sudah otomatis akan muncul. 

5. Faktor Cuaca 
Atau penyebab sakit kepala secara mendadak juga bisa diakibatkan oleh faktor cuaca. Misalnya cuaca yang ekstream, seperti terlalu dingin atau terlalu panas. Dalam kondisi tersebut, saraf serta aliran pembuluh darah dikepala bisa terhambat. Atau jika teralalu terik bisa menimbulkan dehidrasi. Bersamaan dengan kondisi itu, rasa pusing mendadak akan muncul. 

Sakit Kepala Mendadak Bisa Menjadi Pertanda Suatu Penyakit


Pusing yang tiba-tiba bisa muncul kepada siapa saja dan dimana saja, tidak hanya disebabkan oleh 5 sebab diatas. Namun bisa jadi dikarenakan tanda-tanda dari suatu penyakit yang mungkin bersarang di tubuh dan tidak anda sadari. Waspadalah! Bisa jadi pusing mendadak yang sering anda rasakan diakibatkan karena 5 penyakit ini. 

1. Stroke 
Mungkin memang tidak mudah mendeteksi tanda-tanda atau gejala stroke secara umum. Namun biasanya pusing yang datang secara tiba-tiba adalah tanda awal dari para penderita stroke. Tidak hanya pusing saja, namun juga disertai dengan rasa sakit di daerah belakang salah satu mata. Jika anda mengalami gejala tersebut, maka segeralah konsultasi ke dokter untuk bisa mendapatkan penanganan yang cepat. 

2. Glaukoma 
Ini adalah salah satu penyakit mata yang bisa menyebabkan pandangan mata berangsur-angsur berkurang dan pada akhirnya akan menjadi buta, apabila tidak ditangani sesegera mungkin. Maka, pasien yang mengalami glaukoma tanda-tandanya adalah mengalami gejala vertigo atau pusing yang tajam secara mendadak. Dan hal tersebut tidak dialaminya sekali dua kali saja, namun cukup sering. 

3. Temporal Arteritis 
Suatu penyakit peradangan arteri besar yang berhubungan dengan mata, jaringan dan arteri dari otot. Penyakit temporal arteritis ini mungkin kebanyakan terjadi pada wanita, dan salah satu gejala yang dialami adalah pusing mendadak disalah satu sisi kepala. Kemudian rasa sakitnya akan bertambah parah apabila disentuh. 

Solusi Untuk Mengatasi Sakit Kepala Mendadak


Apabila anda mengalami pusing baik secara berlebih atau tidak, tiba-tiba, maka yang disarankan oleh para pakar ahli kesehatan adalah segeralah duduk atau berbaring dengan mencari sandaran yang pas. Hal ini akan meringankan sensasi berputar dan dirasa akan lebih aman, jika anda tiba-tiba kehilangan kesadaran kemudian jatuh. 

Jika sudah merasa agak reda pusingnya, cobalah untuk minum air putih (akan lebih baik air putih hangat). Hal tersebut bisa merelaksasi otot-otot yang tegang dan yang terakhir makanlah sesuatu, mungkin bisa pisang atau coklat. Itulah solusi untuk mengatasi pusing mendadak yang bisa terjadi kapanpun. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel