Waktu Terbaik Olahraga Saat Puasa, Inilah Manfaat Olahraga Saat Berpuasa

Kapan waktu terbaik olahraga saat puasa? Apakah pada pagi hari sebelum sahur? Atau sore hari sebelum dan sesudah buka? Sebenarnya anda bisa melakukannya diketiganya. Hanya saja sesuaikan dengan jenisnya. Berikut adalah 3 waktu terbaik serta hal apa saja yang perlu diimbangi dengan olahraga ketika puasa. Namun sebelumnya ketahui dahulu 5 manfaatnya apabila berolahraga ketika puasa.

waktu terbaik olahraga saat puasa
Canva.com

Manfaat Olahraga saat Puasa 


1. Metabolisme Lancar

Meskipun anda tengah berpuasa, bukan berarti justru melupakan olahraga. Karena dengan menjaga tubuh tetap aktif bergerak, memberikan manfaat yaitu metabolisme yang tetap lancar. Sehingga zat gizi yang sudah diperoleh tubuh pun dapat diubah menjadi energi. Menjadikan tubuh tetap bugar, meskipun anda tengah berpuasa. Justru saat tidak berolahraga, tubuh bisa mengalami perubahan metabolisme, bahkan hormonal.

2. Melancarkan Proses Detoksifikasi

Salah satu manfaat dari olahraga adalah memaksimalkan fungsi kelenjar getah bening. Sirkulasi darah juga semakin optimal. Saat itulah proses detoksifikasi berjalan dengan lancar. Detoks sendiri intinya merupakan proses untuk pengeluaran zat yang tidak diperlukan tubuh. Pengeluarannya bisa melalui urin, kotoran, dan keringat. Cobalah yoga untuk detoksifikasi. Waktu terbaik olahraga saat puasa seperti yoga adalah di pagi hari.

3. Menjaga Kestabilan Berat Badan

Apakah puasa dapat menurunkan berat badan? Jawabannya adalah tergantung bagaimana anda menghadapinya. Apabila anda jarang bergerak, tentunya lemak akan tetap menumpuk. Berat badan justru bisa bertambah. Agar berat badan anda tetap stabil, terapkan olahraga ketika puasa. Cadangan protein, glikogen, maupun lemak akan terbakar dengan tetap aktif bergerak.

4. Mengoptimalkan Kinerja Hormon

Berolahraga dapat mengoptimalkan kinerja hormon. Selain itu juga bisa memicu produksi dari hormon pertumbuhan. Dimana hormon ini memiliki fungsi untuk meningkatkan kepadatan tulang, membantu membakar lemak, hingga pembentukan jaringan otot. Manfaat olahraga saat puasa yang lainnya adalah sensitivitas insulin yang meningkat. Tentunya bisa mencegah anda dari penyakit diabetes.

5. Menambah Semangat 

Bagaimana berolahraga dapat memberikan semangat? Pertama karena metabolisme yang lancar. Sehingga tubuh terjaga kebugarannya. Kedua karena mampu mengoptimalkan produksi hormon endorfin. Seperti yang sudah kita ketahui, hormon ini mampu menimbulkan rasa bahagia. Bahkan menurut profesional dari University of Vermont, menyebutkan dengan olahraga selama 20 menit, suasana hati bisa terjaga positif selama 12 jam.

Waktu Terbaik Olahraga saat Puasa


1. Pagi Hari Setelah Sahur

Waktu terbaik olahraga saat puasa yang pertama adalah di pagi hari setelah anda sahur. Disarankan untuk memilih jenis yang intensitasnya ringan. Sehingga tubuh tidak terlalu kehilangan banyak energi dan cairan. Misalnya saja yoga atau jalan santai. Melakukan yoga di pagi hari akan merilekskan tubuh dan pikiran. Sehingga anda pun bisa memulai aktivitas harian dengan pikiran yang positif.

2. Sore Hari Sebelum Berbuka Puasa

Waktu terbaik selanjutnya adalah saat sore hari sebelum berbuka. Anda yang ingin menurunkan berat badan, cobalah gunakan waktu ini. karena pada saat itu perut tengah dalam kondisi kosong, sehingga pembakaran lemak pun bisa lebih banyak. Setelah itu anda bisa langsung berbuka dan menggantikan energi yang terbakar. Namun tetap ingat untuk tidak melakukan olahraga secara berlebihan.

3. Malam Hari Setelah Berbuka Puasa

Waktu terbaik olahraga saat puasa selanjutnya adalah pada malam hari setelah buka. Tunggulah makanan anda turun terlebih dahulu. Pada waktu ini anda bisa melakukan olahraga yang intensitas ringan hingga berat. Karena sudah tidak perlu lagi khawatir kehabisan cairan dan energi. Namun tetap ingat untuk tidak berlebihan. Dikhawatirkan tubuh justru akan kelelahan untuk menghadapi puasa esok harinya.

Imbangi Olahraga dengan 3 Hal Berikut saat Puasa


1. Penuhi Kebutuhan akan Air Putih

Olahraga akan menyebabkan tubuh mengeluarkan banyak cairan. Maka jagalah hidrasi tubuh dengan memenuhi kebutuhan air putihnya. Minumlah setidaknya 2 gelas air putih ketika sahur dan berbuka. Kemudian ditambah dengan 4 gelas di malam hari. Selain itu disarankan untuk mengurangi minuman kafein tinggi seperti kopi saat puasa.

2. Asupan Nutrisi untuk Tubuh

Waktu makan dan minum saat puasa memang berkurang. Namun usahakan untuk tidak mengurangi porsi makanannya. Begitupula dengan jumlah nutrisinya. Pastikan zat gizi seperti protein, karbohidrat, vitamin, lemak, dan berbagai mineral masuk ke dalam tubuh. Sehingga fungsi berbagai bagian dalam tubuh pun tetap optimal.

3. Lama Tidur dan Istirahat

Agar selalu bugar dan prima, jangan kurangi waktu tidur dan istirahat anda. Jangan karena terlalu semangat olahraga setelah berbuka, anda justru mengurangi waktu tidur. Tetap jaga pola tidur selama 7 hingga 9 jam perharinya. Bahkan lebih baik apabila anda menerapkan tidur siang ketika berpuasa. Namun tetap ingat untuk tidak terlalu lama menghabiskan waktu untuk tidur.

Olahraga saat puasa memang tetap perlu dilakukan. Hal terpenting agar puasa tetap lancar adalah anda mengetahui batasan tubuh. Apabila biasanya berolahraga selama 1 jam, anda bisa menguranginya menjadi 60 menit. Lebih baik pula untuk melakukan olahraga yang intensitesnya rendah hingga sedang saja. Demikian adalah informasi seputar manfaat hingga pemilihan waktu terbaik olahraga saat puasa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel