Penting! Tips Lancar Menjalankan Puasa Bagi Penderita Maag Akut

Menjalankan puasa bagi penderita maag akut bukanlah perkara yang mudah. Seperti yang diketahui, bulan puasa akan segera datang dan menjalankan puasa Ramadhan bagi seorang muslim adalah sebuah kewajiban yang harus dilaksanakan. 

Moment bulan puasa pastinya sangat dinantikan bagi semua umat islam karena bulan ini merupakan bulan penuh berkah yang setiap yang anda lakukan akan dihitung sebagai ibadah. Oleh sebab itu tidak ada satupun yang ingin melewatkannya bahkan penderita maag akut sekalipun yang sangat rawan jika harus menahan makan dan minum dari fajar sampai terbenam matahari. 

maag akut
Pixabay.com

Walaupun berat, bagi seorang muslim yang menderita maag yang sudah cukup akut pun masih bisa manjalankan puasa Ramadhan yang pastinya dengan kiat dan cara yang berbeda dari yang lainnya. Nah, bagi anda yang mempunyai riwayat penyakit maag tetapi tetap ingin menjalankan ibadah puasa dengan lancar, berikut ada beberapa tips yang bisa anda coba :

Cara Menjalankan Puasa Bagi Penderita Maag Akut


1. Konsultasi ke Dokter

Sebelum mulai untuk menjalankan puasa, ada baiknya muslim yang menderita maag akut untuk mengkonsultasikan kondisinya ke dokter terlebih dahulu. Hal ini mengetahui dan memastikan apakah tubuh anda siap jika harus menjalani puasa selama seharian penuh. Selain memeriksa kondisi anda, dokter biasanya juga akan memberikan anda resep dan kiat agar anda bisa kuat menjalankan ibadah puasa.

2. Pilih makanan yang tepat  

Karena memiliki kondisi tubuh yang berbeda dari orang normal pada umumnya, bagi penderita maag terutama yang sudah cukup parah atau akut harus benar-benar memilih jenis makanan yang tepat saat dikonsumsi untuk buka ataupun sahur jika ingin tetap bisa menjalankan ibadah puasa. Ada baiknya anda menghindari makanan yang memiliki rasa asam, makanan pedas dan juga makanan yang mengandung lemak seperti gorengan.

3. Makan bertahap ketika berbuka dan sahur

Setelah menahan makan dan minum selama seharian, biasanya anda akan langsung makan banyak ketika waktu berbuka telah tiba. Sebaiknya hal ini anda hindari, karena ketika perut dalam keadaan kosong, maka asam lambung akan tinggi sehingga sangat sensitif jika terkena makanan secara tiba-tiba. Sebaiknya anda makan secara bertahap dimulai dengan makanan yang mudah dicerna oleh lambung, baru beberapa saat kemudian dilanjutkan dengan makanan berat lainnya.

4. Minum air putih lebih banyak

Bagi penderita maag akut, sangat dianjurkkan untuk mengonsumsi air putih lebih banyak baik saat berbuka maupun saat sahur. Selain untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi, air putih juga berguna untuk menjaga metabolisme tubuh agar tidak mudah lelah saat beraktivitas. Anda bisa mencoba pola 242 selama berpuasa, yaitu 2 gelas saaat berbuka,4 gelas saat malam hari dan 2 gelas saat sahur.

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Maag Akut Saat Berpuasa


Penderita maag memang sedikit sensitif terhadap beberapa jenis makanan apalagi jika harus ditambah saat menjalankan ibadah puasa. Anda harus sangat hati-hati dalam memilih asupan makanan yang anda konsumsi agar ibadah puasa anda bisa berjalan dengan lancar. Salah satu yang bisa anda lakukan adalah menghindari makanan-makanan yang bisa menghambat kelancaran ibadah puasa anda. 

Beberapa makanan berikut ini wajib dihindari penderita maag saat menjalankan ibadah puasa. Di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Makanan yang banyak mengandung gas seperti makanan berlemak, sayur sawi dan kol, buah nangka dan pisang ambon, buah yang dikeringkan dan juga minuman bersoda. Makanan-makanan tersebut  bisa memicu produksi asam lambung meningkat sehingga bisa membahayakan bagi menderi maag akut.

2. Selain makanan, minuman ternyata juga bisa memicu pengeluaran asam lambung di antaranya adalah kopi, minuman beralkohol, anggur putih, sari buah citrus dan juga susu full cream.

3. Hindari makanan yang bisa secara langsung merusak dinding lambung seperti makanan yang mengandung cuka, pedas, merica dan juga bumbu-bumbu yang bisa merangsang zat-zat tersebut.

4. Hindari jenis karbohidrat yang susah dicerna seperti beras ketan, mie, bihun, jagung, ubi, singkong, tales dan juga dodol. 

Anjuran Dokter Untuk Penderita Maag yang Ingin Tetap Menjalankan Puasa


Orang yang mempunyai riwayat maag akut memang sedikit rawan jika harus menjalankan ibadah puasa Ramadhan, akan tetapi bukan berarti tidak bisa. Selain diimbangi dengan pilihan asupan makanan yang tepat, dokter juga menganjurkan penderita maag untuk memiliki waktu istirahat yang cukup terutama saat malam hari. Hal ini sangat penting untuk menjaga metabolisme tetap stabil selama menjalankan ibadah puasa.

Selain istirahat yang cukup, bagi penderita maag yang memiliki riwayat penyakit kambuhan, dokter juga menyarankan untuk tetap mengonsumsi obat maag secara teratur. Anda bisa meminum obat tersebut saat sahur atau sesuai petunjuk yang diberikan oleh dokter anda. Dengan menjalankan semua tips di atas, penderita maag akut sekalipun masih tetap bisa menikmati indahnya beribadah puasa di bulan Ramadhan ini. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel