Benarkah Penyakit Maag Bisa Sembuh Dengan Puasa? Berikut Ini Penjelasannya

Masih banyak yang ragu dan tidak percaya bahwa dengan menjalankan puasa penyakit maag bisa sembuh. Penyakit maag sendiri disebabkan oleh pola makan yang kurang teratur sehingga banyak yang yakin jika berpuasa justru memperparah penyakit maag yang sudah diderita. Padahal faktanya tidak demikian, penderita maag masih tetap bisa menjalankan ibadah puasa bahkan beberapa kasus, penyakitnya malah bisa sembuh berkat terapi puasa ini.

Menurut konsultan Gastroenterologi Hepatolopi PB-PABDI, Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP menjelaskan bahwa berpuasa Ramadhan justru sangat dianjurkan untuk penderita maag. Pada minggu pertama mungkin akan berat tetapi lambung akan terbiasa pada minggu berikutnya. “Sakit maag, kembung, begah, itu terjadi karena ketidakteraturan makan. Ini tidak terjadi di Bulan Ramadhan karena sudah pasti mereka buka dan sahur,” ujar Dr. Ari

maag bisa sembuh
Canva.com

Dr. Ari menambahkan secara umum ada dua jenis penyakit maag, yaitu maag fungsional dan organic. Sebanyak 70-80 persen orang yang menderita maag adalah jenis maag fungsional dimana tidak terdapat kelainan apapun melainkan terjadi karena pola hidup sehingga dengan berpuasa justru bisa menjadi terapi agar penyakit maag bisa sembuh karena pola makan yang lebih teratur saat berpuasa.

Hal yang Bisa Memicu Maag Kambuh Saat Puasa


Seperti yang telah dijelaskan Dr. Ari di atas, puasa justru bisa dijadikan terapi untuk menyembuhkan penyakit maag. Akan tetapi dalam beberapa kasus masih ada saja yang merasakan gejala maag kambuh saat menjalankan ibadah puasa. Kambuhnya maag saat puasa ini sebenarnya dipicu karena beberapa hal, di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Porsi makan besar saat sahur

Karena takut akan merasakan lapar saat menjalankan puasa, banyak orang yang akhirnya makan sahur dengan porsi besar dengan harapan bisa kuat menjalankan puasa seharian. Hal ini justru adalah tindakan yang salah terutama bagi yang mempunyai riwayat penyakit maag. Nasi dan lauk yang sedikit serat hanya akan membuat pengosongan lambung semakin cepat sehingga asam lambung juga akan semakin tinggi. 

2. Merokok saat sahur dan berbuka

Merokok saat sahur dan berbuka ternyata juga bisa menjadi pemicu kambuhnya maag saat berpuasa. Ini karena merokok dapat meningkatkan produksi asam lambung yang bisa membuat organ pencernaan terluka. Ketika organ pencernaan terluka, maka perut akan terasa perih dan penyakit maag pun akan kambuh kembali. Ada baiknya, selama bulan puasa anda berhenti merekok terlebih dahulu agar penyakit maag bisa sembuh.

3. Menunda berbuka

Kesibukan yang terlalu padat tak jarang membuat anda harus tetap beraktivitas bahkan saat tiba waktu berbuka sekalipun. Hal ini pastinya sangat tidak baik terutama bagi anda yang mempunyai riwayat penyakit maag. Ada baiknya ketika sudah masuk waktu berbuka, segerakan untuk membatalkan puasa walaupun hanya menggunakan air atau camilan lainnya. Hal ini agar lambung anda tidak terus bekerja dalam keadaan perut kosong yang justru bisa memicu meningkatnya asam lambung.

Lakukan Hal Ini Untuk Membantu Anda Menjalani Puasa Sehat


Tetap sehat selama berpuasa pasti menjadi harapan setiap orang agar bisa beribadah dengan maksimal. Untuk memastikan hal tersebut, anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini agar bisa menjalani puasa denga tubuh tetap dan dan maag bisa sembuh sesuai anjuran para dokter.

1. Penuhi gizi seimbang

Walaupun harus menahan makan dan minum selama lebih dari 12 jam, akan tetapi kebutuhan tubuh akan asupan nutrisi yang lengkap harus terpenuhi. Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang saat berbuka dan sahur seperti karbohidrat, protein, lemak serta vitamin dan juga mineral.

2. Konsumsi makanan berserat

Salah satu makanan yang sangat dianjurkan dikonsumsi saat berpuasa terutama yang memiliki riwayat sakit maag adalah makanan yang kaya akan serat. Makanan berserat cenderung lebih lambat dicerna oleh tubuh sehingga dapat menahan rasa kenyang lebih lama. Ini pastinya sangat baik untuk penderita maag yang mencoba untuk berpuasa agar tidak kambuh atau bahkan maag bisa sembuh seperti yang telah dijelaskan oleh Dr. Ari.

3. Hindari garam berlebihan

Agar ibadah puasa bisa berjalan lancar dan tubuh tetap sehat, maka saat berpuasa hindari mengonsumsi garam secara berlebih. Kandungan garam yang tinggi akan mengikat kadar air dalam tubuh membuat anda lebih cepat haus. Selain garam, MSG juga patut anda hindari saat berpuasa.

Puasa Menjadi Cara Untuk Memperbaik Pola Hidup 


Selain dapat menjadi terapi agar penderita sakit maag bisa sembuh, puasa juga memiliki manfaat lainnya antara lain adalah untuk memperbaiki pola makan dan pola hidup yang lebih sehat dan teratur. Hal ini karena saat berpuasa, jadwal makan dan minum anda sudah ditetapkan dengan pasti sehingga mau tidak mau anda harus menjalankan. 

Seiring berjalannya waktu, anda akan terbiasa dengan pola tersebut dan pastinya akan membuat hidup anda lebih teratur. Bagi penderita maag pastinya ini sangat baik karena dengan pola hidup yang lebih baik, sakit maag bisa sembuh dan pastinya bisa menjalani hidup yang lebih sehat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel