5 Cara Mengatur Pola Makan Saat Diet Agar Berat Badan Turun


Jika bicara mengenai kunci menurunkan berat badan, maka letaknya ada pada cara mengatur pola makan saat diet yang tepat. Kenapa begitu? Karena banyak orang yang justru sudah menerapkan pola diet tertentu secara mati-matian, malah gagal mengurangi bobot tubuhnya karena keliru mengatur asupan makanan ke tubuh. Hal ini jelas menyebalkan karena melakukan sesuatu yang sia-sia.

cara mengatur pola makan saat diet
Pixabay.com


Diet Tak Hanya Soal Tubuh Jadi Kurus

Selama ini orang memang mengetahui bahwa diet merupakan salah satu cara untuk membuat tubuh lebih kurus. Sehingga muncul pemikiran bahwa orang-orang gemuk yang ingin kurus, haruslah diet. Padahal kata diet yang diserap dari bahasa Yunani kuno ini punya makna cara hidup. Sehingga jika diartikan sesuai kata aslinya, diet merupakan kebiasaan makan yang jadi gaya hidup Anda.

Sehingga mereka yang melakukan diet tidak harus bertujuan ingin turun berat badan. Anda bisa diet sehat supaya tubuh bugar, diet menaikkan berat badan dan tentunya diet menurunkan berat badan. Untuk opsi terakhir, tentu ada baiknya tahu cara mengatur pola makan saat diet agar cepat kurus.

5 Cara Mengatur Pola Makan Saat Diet yang Harus Dicoba

Kalau memang tujuan utama Anda untuk diet adalah menurunkan berat badan, maka beruntung kini ada banyak sekali caranya. Sebut saja beberapa yang populer seperti diet mayo, diet karbo, diet paleo sampai diet alkaline. Padahal sebetulnya, supaya berat badan bisa turun, kuncinya adalah pada mengatur pola makan yang tepat. Seperti apa? Intip langkah-langkahnya berikut ini :

1. Ganti Bahan Makanan

Suka makan-makanan yang berlemak, serba manis dan asin-asin? Maka tak heran jika berat badan membengkak. Untuk itulah Anda harus mengubahnya jadi yang lebih sehat karena ini bakal membuat diet sukses. Misalkan saja perbanyak sayur segar, buah tinggi serat, daging merah/putih tanpa lemak, ikan hingga susu rendah lemak. Bahkan kalau bisa, biasakan untuk sarapan tinggi protein seperti putih telur.

Kenapa begitu? Karena protein diyakini mampu membuat tubuh kenyang lebih lama, sehingga tidak mudah lapar. Begitu pula jika Anda hobi makan snack, lebih baik dikurangi karena tanpa disadari, makanan ringan ini tinggi kalori. Sehingga lebih baik langsung makan yang mengenyangkan. Kemenkes RI bahkan merekomendasikan asupan gula 4 sdm/hari, garam 1 sdt/hari dan lemak 5 sdm/hari.

2. Atur Porsi Makan

Patut diingat bahwa diet menguruskan badan bukan berarti langsung mengurangi porsi makanan hingga seminimal mungkin. Justru cara mengatur pola makan saat diet yang benar adalah sesuaikan dengan kebutuhan kalori per hari. Idealnya jika ingin kurus, setidaknya kurangi 500 kalori/hari. Coba bagi piring menjadi empat bagian yakni untuk daging/sumber protein, karbohidrat dan dua sisanya sayuran segar.

Atau mungkin jika Anda hobi makan camilan dan terbiasa makan besar, bagi porsi makan biasanya jadi kecil-kecil. Sehingga Anda bakal sering makan, tapi jumlahnya tetap dan terhindar dari ngemil tidak sehat.

3. Patuhi Jadwal Makan

Banyak orang ingin kurus dengan melewatkan jam makan. Biasanya menghindari sarapan, makan siang dan cuma makan malam. Padahal ini keliru dan tidak sehat. Sarapan sangat penting, apalagi yang tinggi protein. Usahakan satu jam setelah bangun langsung makan. Untuk makan siang, usahakan sebelum pukul tiga sore dan untuk makan malam di kisaran jam 17.00 - 19.00.

4. Perbanyak Asupan Air

Konsumsi air jelas tak bisa dilepaskan dari cara mengatur pola makan saat diet. Bahkan dengan menambah asupan minum air justru mendukung kesuksesan diet. Biasakan untuk minum segelas air putih (250 ml) sekitar 30 menit sebelum makan agar perut siap mencerna makanan berat. Dengan minum air minimal 8 gelas/hari, akan menghindari Anda dari rasa lapar palsu sekaligus memangkas 40% kalori.

5. Tetap Rajin Olahraga 

Dan terakhir selain memahami cara mengatur pola makan saat diet, Anda juga harus tetap rajin berolahraga. Karena tubuh harus tetap membakar kalori berlebih yang cuma bisa dilakukan lewat olahraga. Setidaknya coba olahraga 30 menit/hari seperti jogging.


Menu-Menu Diet Sehat yang Bisa Dicoba

Jika sudah mengetahui seperti apa cara mengatur pola makan pada saat diet, maka tinggal menerapkan menu diet sehat yang tepat. Anda bisa sarapan dengan roti gandum dan teh/kopi, pisang ditambah yoghurt serta madu atau telur rebus campur keju. Lalu makan siang dengan nasi merah serta lauk tinggi protein, pasta dan salad sayur atau dada ayam panggang dan sayuran rebus.

Terakhir untuk makan malam, bisa mencoba steak daging tanpa lemak dan mashed potatoes, dada ayam rebus atau salad sayur dan campuran dada ayam. Dari keseluruhan menu itu, jangan lupa lengkapi asupan air putih. Nah, bagaimana? Tidak sulit bukan sebetulnya? Karena itu jangan malas mencoba cara mengatur pola makan saat diet yang tepat agar tubuh tetap sehat dan berat badan ideal terjaga.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel