Makan Terlalu Kenyang Ketika Berbuka Dapat Memicu Rasa Malas Beribadah


Berbuka puasa selalu menjadi momen paling ditunggu, tapi jangan sampai makan terlalu kenyang saat berbuka. Bagi sebagian orang waktu berbuka puasa dijadikan ajang balas dendam karena seharian tidak ada makanan maupun minuman yang masuk ke dalam tubuh. Sewaktu berbuka segala makanan yang tersedia akan disantap sehingga akhirnya kekenyangan.

Memang tidak semua orang bisa berbuka dengan mengonsumsi minuman saja, tapi harus mengonsumsi makanan berat seperti nasi dengan lauk lengkap. Namun, kebiasaan berbuka dengan porsi besar ini justru bisa mendatangkan masalah karena perut yang kosong selama lebih dari 12 jam akan bekerja keras jika langsung diisi dengan banyak makanan.

Jika dipaksakan, maka ada kemungkinan Anda akan mengalami begah, mual bahkan sakit perut, sebab perut masih dalam proses adaptasi dengan makanan. Nah, jika hal ini terjadi aktivitas ibadah Anda akan terganggu. Padahal bulan ramadhan hanya datang setahun sekali sehingga sangat disayangkan jika tidak bisa memanfaatkannya dengan maksimal.

terlalu kenyang
Dailymoslem.com

Makan Secukupnya Ketika Berbuka, Jangan Terlalu Kenyang

Agar dapat melakukan ibadah secara penuh di bulan penuh berkah, Anda harus pandai menjaga kesehatan tubuh. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan ringan yang manis dan  tidak mengandung bumbu tajam, seperti makanan pedas atau asam, ketika berbuka puasa. Hindari pula makanan yang mengandung santan kental atau makanan berserat kasar dan buah-buahan bergas.

Makanlah secukupnya ketika berbuka. Jangan kalap hingga melahap begitu banyak makanan hanya demi memuaskan nafasu semata. Berhentilah makan sebelum terlalu kenyang. Saat makan pun harus dilakukan secara bertahap dan pelan-pelan, hal ini akan membantu pencernaan lebih mudah mencerna makanan. Perut pun akan merasa nyaman sehingga ibadah menjadi lancar.

Bahkan Nabi Muhammad pun menyarankan agar makan secukupnya ketika berbuka dan tidak makan terlalu kenyang. Karena tujuan puasa adalah berpuas-puas beribadah kepada Allah SWT, bukannya berpuas-puas menyantap makanan yang tersedia saat berbuka puasa. Jadi, perhatikan makanan buka puasa Anda. Ada baiknya lakukan pemanasan dengan minum air hangat dan kurma terlebih dahulu.

Pilih Menu Sehat yang Mengenyangkan Saat Berbuka

Seperti yang dikatakan di atas, bagi sebagian orang minum saat berbuka tidaklah cukup. Mereka memerlukan makanan untuk membuat perut terasa kenyang. Apakah Anda termasuk orang yang perlu mengonsumsi makanan berat saat berbuka? Jika demikian, Anda perlu memilik makanan yang tepat untuk berbuka agar tidak kelaparan, tapi juga tidak terlalu kenyang.

Ada beberapa menu yang bisa membuat Anda kenyang saat berbuka meski tidak mengonsumsinya dalam jumlah banyak. Semangkuk oatmeal dengan irisan buah cocok untuk memenuhi kebutuhan protein dan serat. Selain mendapatkan kalori, serat, serta mineral dari oatmeal, Anda juga bisa mendapatkan vitamin dan asupan kalori tambahan dari buah-buahan.

Smoothies juga bisa jadi pilihan makanan berbuka yang tidak akan membuat Anda terlalu kenyang. Minumlah smoothies buah dan sayur serta yogurt saat berbuka puasa untuk mengembalikan energi Anda. Alternatif lain yang bisa dipilih adalah salad buah dan sayur. Meskipun ringan nyatanya salad buah dan sayur cukup mengenyangkan, dan yang terpenting tidak akan membuat perut begah.

Untuk Anda yang tidak bisa tidak makan nasi saat berbuka, konsumsilah nasi merah. Kandungan zat besi yang tinggi dalam nasi merah dapat mengembalikan energi dengan cepat. Beras merah juga sangat bagus untuk Anda yang menderita anemia, jadi juga cocok dikonsumsi saat sahur. 
Mengonsumsi sup bayam juga bisa Anda lakukan sebagai pilihan menu tambahan ketika berbuka.

Jika Anda ingin menu sehat dan segar untuk buka puasa, air kelapa muda sangat cocok. Kandungan elektrolitnya yang tinggi di dalam air kelapa muda bisa mengembalikan energi tubuh seketika serta dapat menggantikan cairan tubuh seketika karena air kelapa mudah diserap oleh tubuh sehingga dapat menghindarkan Anda dari dehidrasi. 


Atur Pola Makan di Bulan Puasa

Setelah mengetahui makanan dan minuman apa saja yang bagus dikonsumsi saat berbuka, sekarang Anda harus pandai mengatur pola makan agar ibadah ramadhan Anda tidak terganggu karena kesehatan yang tiba-tiba terganggu. Khusus di bulan puasa, Anda hanya bisa makan di malam hari, karena itu aturlah kapan waktu yang tepat untuk makan besar dan kapan untuk mengemil.

Sebaiknya, makan besar dilakukan sesudah shalat tarawih sehingga ibadah shalat Anda tidak terganggu karena perut yang penuh akibat makan terlalu kenyang. Namun, jika rasa lapar tak tertahankan, Anda bisa makan dengan setengah porsi dari makanan yang biasa dikonsumsi. Hal ini untuk mencegah rasa lapar tapi juga tidak membuat kekenyangan. 

Demikian pembahasan mengenai makanan dan minuman apa saja yang bagus untuk Anda konsumsi ketika berbuka puasa. Meski demikian, bila Anda bukan tipe orang yang mengalami masalah dengan perut dan pencernaan, makan besar saat berbuka tetap bisa dilakukan. Asalkan Anda ingat agar tidak terlalu berlebihan dan makan terlalu kenyang.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel