Jangan Keliru, Inilah Tips Mengatur Pola Tidur Bayi Baru Lahir

Sebagai orang tua yang baru saja bahagia memperoleh anak pertama, tentu wajib tahu seperti apa sih pola tidur bayi baru lahir. Kenapa harus tahu? Karena pada dasarnya, ketika buah hati tercinta sedang tidur, hormon-hormon perkembangan tubuh justru bekerja. Bahkan dengan rutinitas tidur yang tepat bisa menjaga kesehatan organ tubuh seperti terhindar dari kerusakan jantung dan pembuluh darah.

Bahkan dengan pola tidur bayi baru lahir yang tepat, Anda juga ikut membantu menjaga keseimbangan buah hati serta melawan infeksi penyakit. Namun tetap sebagai orang tua baru, Anda harus beradaptasi dengan rutinitas si kecil yang sebagian besar cuma menyusui dan tidur.

pola tidur bayi baru lahir
Pixabay.com

Ketahuilah Jam-jam Tidur Ideal Bayi Sesuai Usia

Anda sebagai orang dewasa, butuh waktu tidur sekitar 7-8 jam. Namun ketahuilah bahwa pola tidur bayi baru lahir sangat berbeda. Bayi baru lahir cenderung lebih banyak tidur bahkan bayi yang baru lahir hingga usia kurang dari satu bulan, waktu tidurnya mencapai 16,5 jam dalam sehari. Aturan pada umumnya adalah 8 jam tidur siang dan 8,5 jam tidur malam, di mana mereka bangun hanya untuk menyusui.

Ketika berusia 1-3 bulan, waktu tidurnya berkurang sedikit menjadi 14-16 jam/hari. Namun semakin bertambahnya usia, waktu tidur siang berkurang sementara tidur malam bertambah. Hingga akhirnya di usia enam bulan, bayi hanya tidur tiga jam waktu siang dan mencapai 11 jam di malam hari. 
Di umur 9-12 bulan, total tidur bayi jadi 13,5 jam/hari dengan rincian 2,5 jam saat siang dan 11 jam di malam hari. Meskipun begitu ada kalanya alokasi tidur setiap bayi berbeda. Ada yang doyan tidur malam, atau sebaliknya. 

Kesalahan Orang tua Saat Atur Pola Tidur Bayi

Orang tua terutama yang baru punya buah hati, tentu sering keliru dalam mengatur pola tidur bayi baru lahir. Contohnya adalah tidak konsisten dalam menciptakan rutinitas tidur. Beberapa orang tua sengaja menepuk pantat atau menggoyangkannya supaya tidur. Menurut Zoe Chu selaku pakar parenting coach, lebih baik seka bayi dengan air hangat atau putarkan musik lembut di malam hari agar dia konsisten dan tahu jam tidur malam.

Saat bayi menangis tengah malam, jangan keburu digendong karena itu bukan solusi. Bisa saja bayi kepanasan, digigit nyamuk, lapar atau ngompol. Jangan biasakan menyediakan ‘sahabat’ tidur seperti boneka besar/dot karena bisa membuatnya bergantung dan menangis yang akhirnya mengganggu pola tidur. Terakhir, inti untuk menghindari semua kesalahan adalah wajib menciptakan suasana tidur nyaman.


Inilah Tips Mengatur Pola Tidur Untuk Si Kecil

Nah, jika sudah mengetahui seperti apa durasi tidur bayi sekaligus beberapa kesalahan orang tua baru, maka hal berikutnya yang harus Anda ketahui adalah bagaimana tips mengatur pola tidur bayi baru lahir. Tidak sulit kok, beberapa langkah berikut ini bisa dicoba:

1. Ketahui Bayi Saat Sudah Lelah

Anda harus tahu bahwa bayi yang berusia 6-8 minggu tidak bisa terjaga sampai dua jam penuh. Untuk itulah Anda harus tahu tanda-tanda saat buah hati mulai lelah. Misalkan saja sering menguap, menarik daun telinga, mengusap mata hingga lebih rewel daripada biasanya. Kalau sudah begini, Anda harus menidurkannya.

2. Ajari Beda Siang dan Malam

Keluhan orang tua atas bayi yang baru lahir adalah si kecil doyan bangun tengah malam, di saat orang tua lelah dan mengantuk. Hal ini memang membutuhkan kesabaran, tapi ketika bayi sudah menginjak usia dua minggu, Anda bisa melatihnya agar tahu beda siang dan malam. Karena memang mengatur pola tidur bayi baru lahir di usia satu bulan tidaklah sulit.

Usahakan untuk tidak mengajak si bayi bermain saat malam hari dengan cara hindari cahaya dan suara berlebih. Atau mungkin letakkan di kereta dorong saat siang dan ranjang bayi waktu malam sehingga membuat si kecil terbiasa. Ajaklah dia lebih banyak bergerak di siang hari supaya tahu jam-jam di mana diperbolehkan beraktifitas.

3. Patuhi Jadwal Tidur

Bayi yang mulai mempelajari hal-hal baru seperti merangkak tentu akan antusias bahkan saat malam. Namun Anda yang sudah memiliki jadwal tidur, harus mematuhinya seperti tidak mengajaknya main saat tidur. Ciptakan juga kebiasaan dia tidur sendiri dengan meletakkan bayi di kasur. 

4. Atur Waktu Menyusui

Cara terakhir untuk mengatur pola tidur bayi yang baru saja lahir adalah dengan tidak menyusuinya di malam hari. Anda bisa menyusui si kecil jelang tidur supaya lebih lelap terlelap. Jika buah hati minum susu formula, berikan 1/2 hingga satu botol jelang tidur.

Dengan mengatur pola tidurnya, kualitas kesehatan si buah hati yang baru lahir sekaligus orang tua jelas lebih baik. Anda tetap sehat dan bugar untuk bekerja keesokan hari dan si kecil selalu semangat. Jadi tunggu apalagi? Segera pelajari pola tidur bayi baru lahir dengan tepat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel