Pilihan Olahraga saat Puasa, Berikut Tipsnya agar Tetap Menyehatkan

Olahraga saat puasa tetap dibutuhkan untuk menjaga kebugaran tubuh. Anda bisa memilih yang intensitasnya rendah hingga sedang. Sehingga tubuh tidak kehilangan terlalu banyak cairan. Lima jenis olahraga ini bisa dijadikan pilihan saat berpuasa. Sedangkan pilihan seperti jogging dan berenang sebaiknya dihindari. Berikut ini pula terdapat tips melakukan olahraga ketika berpuasa agar tetap menyehatkan.

olahraga saat puasa
Canva.com

5 Jenis Olahraga saat Puasa, Pilih yang Berintensitas Ringan Hingga Sedang


1. Jalan Santai

Jalan santai bisa menjadi jenis olahraga saat puasa yang tepat, karena intensitasnya yang rendah. Anda bisa melakukannya saat pagi atau sore hari sebelum berbuka. Anda bahkan bisa melakukannya saat berangkat atau pulang kantor. Olahraga ini sangat baik untuk kesehatan jantung serta otot tulang belakang. 

2. Yoga

Yoga mampu membantu mempercepat detoksifikasi di tubuh. Selain itu juga membuat pikiran tetap rileks. Sangat membantu ketika berpuasa karena anda bisa memiliki pikiran yang lebih positif. Hal tersebut karena yoga menmfokuskan pada teknik pernapasan. Oksigen lebih lancar menuju ke otak, menghasilkan pikiran yang tenang dan jernih.

3. Bersepeda

Bersepeda pun termasuk dalam intensitas yang ringan hingga sedang. Sehingga cocok dilakukan saat berpuasa. Anda bisa melakukannya pagi hari, setelah subuh. Apabila memungkinkan, bisa juga bersepeda menuju kantor. Setiap melakukannya kurang lebih selama 45 menit, maka bisa mencapai kurang lebih 300 kalori pada wanita. Sedangkan pria kurang lebih 350 kalori.

4. Latihan Beban

Mengapa latihan beban cocok menjadi olahraga saat puasa? Olahraga ini tetap bisa dilakukan, asal tidak menggunakan beban yang berlebihan. Jangan juga melakukan dalam waktu yang berlebihan. Latihan beban cocok dilakukan karena tidak menghabiskan terlalu banyak energi, contohnya seperti lari. Sehingga anda tetap bisa membentuk otot saat puasa ya!

5. Bowling

Lakukanlah bowling bersama teman atau saudara anda. Selain baik untuk tubuh, bisa juga dijadikan sarana positif untuk bersenang-senang. Sehingga pikiran lebih rileks, tentunya membuat tubuh lebih bugar saat berpuasa. Baik pula untuk melatih keseimbangan pada tubuh. Cocok dilakukan sore hati, sembari menunggu waktu berbuka puasa tiba.

Olahraga yang Sebaiknya Dihindari Saat Puasa


1. Berenang

Berenang memang tidak menghabiskan terlalu banyak energi. Namun dikhawatirkan anda tidak menyadari akan meminumnya air saat melakukannya. Agar menghindari hal tersebut, sebaiknya jangan jadikan renang sebagai olahraga saat puasa. Karena lebih baik mencegahnya daripada puasa anda batal bukan? Apabila ingin berenang, lebih baik lakukan setelah berbuka. 

2. Senam Aerobik

Senam aerobik termasuk dalam olahraga yang cukup berat. Anda bisa membakar hingga 257 kalori setelah 30 menit melakukannya. Namun bayangkan pula berapa banyak air yang keluar saat melakukannya. Dikhawatirkan tubuh justru mengalami dehidrasi. Selain itu juga cepat mengalami kelelahan. Apabila ingin membakar kalori sebanyak itu, pilihlah bersepeda dibandingkan aerobik saat puasa.

3. Jogging

Melakukan jogging saat puasa dikhawatirkan menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan. Tubuh juga akan cepat lelah karena kehilangan banyak energi. Namun apabila tetap ingin melakukannya saat puasa, sebaiknya jangan dilakukan secara berlebihan. Pastikan juga tubuh anda telah terhidrasi dengan baik. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan.

Tips Melakukan Olahraga saat Puasa yang Menyehatkan


1. Pemilihan Waktu 

Sebenarnya kapan waktu tepat untuk olahraga saat puasa? Apakah di pagi atau sore hari? Jawabannya adalah bisa keduanya. Anda tinggal menyesuaikan jenis olahraga dengan pemilihan waktu. Apabila pagi hari, contoh olahraga yang tepat adalah yoga. Selain tidak menghabiskan terlalu banyak energi, pikiran pun akan lebih rileks untuk memulai hari. Jalan kaki mungkin lebih menyenangkan dilakukan sore hari.

2. Kenali Batasan

Berapakah waktu yang sering anda habiskan untuk berolahraga pada hari biasa? Bagaimana batasannya? Misal anda biasa berolahraga 1 jam setiap harinya, maka bedakan saat berpuasa. Jadikannya lebih singkat, misal 30 menit perharinya. Anda sering jogging di hari biasa? Maka ubah menjadi yang intensitasnya lebih ringan. Misal menjadi jalan santai maupun cepat.

3. Pastikan Tubuh Terhidrasi

Hal ini sangat penting dilakukan saat akan berolahraga dan tetap memastikan puasa tetap lancar. Bagaimana memastikannya? Sebaiknya penuhi kebutuhan air putih anda. Misalnya dengan meminum minimal 2 gelas air putih saat sahur dan berbuka. Setelah itu minum setidaknya 4 gelas ketika malam hari.

4. Imbangi Olahraga dengan Pemilihan Nutrisi

Bagaimana anda tetap berolahraga dan puasa saat tubuh kekurangan nutrisi? Oleh sebab itu pastikan pula asupan yang masuk ke tubuh sesuai nutrisinya. Akan lebih baik banyak memakan olahan yang banyak mengandung protein dan serat ketika sahur. Makanan dengan protein tinggi bisa menyediakan cadangan energi untuk tubuh. Sehingga tetap bisa melakukan olahraga.

Tips lain adalah melakukannya di tempat yang teduh. Selain menyegarkan, anda pun tidak cepat merasa haus. Jangan pula menjadikannya sebagai beban, selalu berpikiran positif bahwa olahraga memang baik untuk kesehatan mental maupun fisik. Demikian adalah beberapa olahraga yang cocok maupun sebaiknya dihindari ketika berpuasa. Serta tips bagaimana olahraga saat puasa anda tetap menyehatkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel