Mulut Kering dan Bau saat Puasa? Inilah Cara Mengatasinya

Bakteri dapat menyebabkan mulut kering dan bau saat puasa. Kondisi tersebut kerap kali menjadikan seseorang tidak nyaman saat melakukan aktivitas harian. Sebenarnya apa saja penyebab mulut yang kering dan bau? Berikut adalah beberapa alasannya, serta cara mencegahnya. Apabila terlanjur mengalaminya, gunakan tips berikut untuk mengatasinya.

mulut kering dan bau saat puasa
Canva.com

Alasan yang Menyebabkan Mulut Kering dan Bau saat Puasa


1. Kurang Cairan atau Dehidrasi

Kekurangan cairan dapat menyebabkan mulut kering dan bau saat puasa. Ketika puasa juga air liur juga menjadi kering, kemudian mengental. Hal tersebutlah yang kemudian menimbulkan bau pada mulut. Kurangnya cairan atau dehidrasi juga bisa menimbulkan kekeringan pada bibir. Sehingga kulit pun akan mengelupas. Oleh sebab itu perhatikan kebutuhan asupan cairan anda ketika puasa. 

2. Permasalahan Gigi

Permasalahan mulut yang bau ketika berpuasa bisa jadi akibat gigi yang bermasalah. Misalnya saja karena berlubang. Gigi yang berlubang menjadi tempat strategis untuk menumpuknya bakteri. Selain gigi dan gusi bisa mengalami peradangan, mulut pun menjadi kering dan berbau kurang sedap. Anda bisa mengkonsultasikannya ke dokter untuk permasalahan ini.

3. Kondisi Asam Lambung Tinggi

Mulut yang kering dan muncul bau tidak sedap ketika puasa bisa menunjukkan kondisi kesehatan yang kurang baik. Salah satunya adalah menunjukkan asam lambung anda tengah tinggi. Karena kondisi tersebut, asam akan keluar dari lambung dan naik ke esofagus. Bahkan bisa naik hingga mulut. Kondisi tersebutlah yang menimbulkan bau tidak sedap.

4. Masalah Kesehatan

Selain asam lambung, mulut kering dan bau ternyata juga disebabkan karena masalah kesehatan yang lain. misalnya saja stroke, diabetes yang tidak terkontrol, HIV/AIDS, dan sindrom sjogren. Masalah hidung tersebumbat yang menjadikan penderita bernapas melewati mulut juga menyebabkan mulut kering. Permasalahan ini sebaiknya anda konsultasikan langsung ke dokter.

Cara Mencegah agar Mulut tidak Kering dan Bau saat Puasa


1. Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Mulut serta Gigi

Kondisi mulut yang tidak sehat bisa menyebabkan permasalahan kering dan bau. Oleh sebab itu tetap jaga kesehatan dan kebersihan mulut dan gigi saat puasa. Sikat gigi dan gunakan obat kumur setelah sahur, berbuka, dan malam sebelum tidur. Pastikan makanan tidak tertinggal di gigi. Karena dapat menyebabkan bakteri penyebab bau tidak sedap.

2. Batasi Konsumsi Minuman Kafein

Sadarkah anda bahwa setelah meminum kopi, maka yang dirasakan adalah haus atau mulut terasa asam? Setelah itu juga menimbulkan bau yang kurang sedap. Karena kafein sifatnya diuretik, maka cairan tubuh pun lebih cepat hilang. Mengurangi minuman berkafein seperti kopi dapat mencegah permasalahan mulut kering dan bau saat puasa.

3. Hindari Kebiasaan Merokok

Banyak sekali dampak buruk yang diperoleh dari merokok. Salah satunya adalah permasalahan mulut yang kering dan bau. Karena tembakau mengurangi produksi air liur. Tar pada rokok juga menyebabkan iritasi di kelenjar ludah. Oleh sebab itu, hindarilah kebiasaan merokok. Apalagi ketika anda tengah menjalankan ibadah puasa.

4. Pemilihan Pasta Gigi dan Obat Kumur

Mulut kering ternyata dapat menyebabkan permasalahan di rongga mulut dan gigi. Oleh sebab itu, atasi dengan pemilihan pasta gigi dan obat kumur yang tepat. Yaitu pilihlah yang mengandung fluoride. Akan lebih baik lagi apabila anda selalu memeriksa kesehatan gigi dan mulut ke dokter. Minimal periksalahan 2 kali dalam satu tahun.


Cara Mengatasi Mulut Kering dan Bau saat Puasa

1. Pentingnya Air Putih

Selain terhindar dari dehidrasi, memenuhi kebutuhan air putih bisa mengatasi masalah mulut kering dan bau saat puasa. Bagaimana cara memenuhi kebutuhan air putih saat puasa. Cobalah dengan meminum 2 gelas saat berbuka, 2 gelas ketika sahur, dan 4 gelas saat malam hari. Dibandingkan konsumsi kafein, lebih baik anda menggantinya dengan air putih bukan?

2. Gunakan Pelembab 

Mulut dan bibir memang sudah memiliki pelembab alami. Tetapi akan lebih baik apabila anda tetap menggunakan pelembab. Misalnya saja lip balm. Cara tersebut cukup ampuh untuk mengatasi mulut dan bibir kering. Namun hindari menggunakan air liur untuk membasahi bibir. Karena justru bisa menghilangkan kelembapan alaminya.

3. Gunakan Bahan Alami

Selain lip balm, anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk menghindari mulut dan bibir kering. Misalnya saja madu, mentimun, atau lidah buaya. Ketika puasa, anda bisa mengusapkannya ke bibir di malam hari. Bisa juga dengan meminum madu ketika sahur. Lakukan secara rutin untuk menghindari mulut dan bibir yang kering, minimal 3 kali dalam seminggu.

Selain bahan-bahan alami tersebut, anda juga bisa mencoba menggunakan makanan asam. Misalnya saja lemon. Coba minum perasan lemon setelah anda berbuka. Tidak perlu terlalu banyak jumlahnya. Karena asam, kelenjar ludah akan terangsang. Sehingga baik untuk mengatasi mulut kering. Itulah beberapa tips yang bisa anda jugakan untuk mencegah maupun mengatasi mulut kering dan bau saat puasa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel