Cara Mencegah dan Atasi Mulut Kering saat Puasa

Permasalahan mulut kering saat puasa lebih mungkin terjadi dibandingkan hari biasa. Hal tersebut umumnya karena tubuh kekurangan cairan. Sehingga bibir bisa kering bahkan hingga kulitnya mengelupas. Namun ternyata beberapa kebiasaan bisa juga menyebabkannya kering. Berikut adalah hal-hal yang menyebabkan mulut kering, serta bagaimana cara mencegah hingga mengatasinya.

mulut kering saat puasa
Pixabay.com

Kebiasaan yang Menyebabkan Mulut Kering Saat Puasa

1. Kekurangan Cairan 

Selain mengakibatkan dehidrasi, kekurangan cairan juga menyebabkan mulut kering. Kekurangan cairan bisa disebabkan karena anda kurang mendapat asupan air. Selain itu beraktivitas berlebihan dan saat cuaca panas juga dapat mdi penyebabnya. Oleh sebab itu, walaupun berpuasa, tetaplah banyak minum air putih. Terapkan minum air 2 gelas saat sahur, 2 gelas ketika berbuka, dan 4 gelas saat malam hari.

2. Mengelupas Kulit Bibir

Mulut kering saat puasa kerap menjadikan kulit bibir terkelupas. Sehingga terasa tidak nyaman bahkan gatal. Hindarilah kebiasaan menggaruk kemudian mengelupas secara sengaja kulit bibir tersebut. karena hal tersebut dapat menyebabkan kondisinya semakin memburuk. Lebih parah lagi bisa membuat kulit bibir berwarna hitam dan bertekstur kasar.

3. Mengesampingkan Perlindungan

Perlindungan untuk mulut dan bibir diperlukan untuk menghindari dari debu maupun kotoran. Selain itu ternyata juga bisa mencegahnya agar tidak mudah kering. Gunakanlah masker saat anda bepergian di tempat terbuka, agar terhindar dari polusi. Mengesampingkan perlindungan berupa pelembab bibir tambahan juga dapat menyebabkan kemungkinan mulut dan bibir kering semakin tinggi.

4. Bernafas Melewati Mulut

Udara yang keluar melalui mulut menyebabkan cairan alami mudah menguap. Oleh sebab itu mulut dan bibir pun menjadi kering. Sehingga bernafaslah melalui hidung. Hindari terlalu banyak bernapas melalui mulut. Kecuali anda tengah mengalami permasalahan, seperti hidung tersumbat. Apabila hal tersebut terjadi, anda bisa mengakalinya dengan selalu menggunakan pelembab bibir.

5. Kekurangan Nutrisi 

Beberapa nutrisi berfungsi untuk melindungi kulit, hingga menjaganya agar tetap sehat. Misalnya saja vitamin C, B, dan omega 3. Saat berpuasa, anda tidak boleh mengabaikan pentingnya peran mereka. Karena nutrisi tersebut juga bisa merawat kulit bibir. Sehingga bisa terhindar dari permasalahan mulut kering saat puasa.

Tips Mencegah Mulut Kering Saat Berpuasa


1. Hindari Kafein saat Sahur dan Berbuka

Bukannya tidak boleh mengonsumsinya, tapi sebaiknya batasi jumlah kafein dalam tubuh saat puasa. Karena minuman berkafein tinggi seperti kopi, dapat mengurangi kelembapan kulit. sehingga menyebabkan mulut kering. Lebih baik pertimbangkan untuk mengkonsumsi teh herbal saat berpuasa. Jangan lupa pula untuk memenuhi kebutuhan air putih.

2. Kurangi Makanan Pedas dan Asin

Makanan pedas dan asin memang banyak yang menikmatinya. Namun makanan tersebut juga bisa menyebabkan mulut kering saat puasa. Selain itu tenggorokan pun jadi lebih mudah kering, menyebabkan anda lebih cepat haus. Sebaiknya hindari memakan hidangan terlalu pedas dan asin saat anda sahur dan berbuka. Lebih baik lagi apabila anda membatasinya.

3. Hilangkan Sel Kulit Mati di Bibir

Saat kering, kulit bibir pun akan lebih mudah terkelupas. Mencegahnya, sebaiknya rajinlah untuk menghilangkan sel kulit mati di bibir. Namun caranya bukan dengan mengelupasnya. Sebaiknya gunakan sikat gigi yang memiliki bulu lembut, gosokkan perlahan di bibir. Sebelumnya basahi terlebih dahulu dengan air hangat. Anda juga bisa menggunakan kain atau handuk.

4. Hindari Kebiasaan Buruk Menjilat dan Mengelupas Kulit Bibir 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, air liur menyebabkan hilangnya kelembaban alami di bibir. Sehingga menyebabkannya kering. Lebih buruk lagi kebiasaan mengelupas kulit di bibir. Bisa mengakibatkan kulit menjadi lebih parah, seperti warnanya menghitam. Hindari kebiasaan buruk tersebut, apabila anda ingin menghindari mulut dan bibir yang kering, pecah, dan terkelupas.

Tips Mengatasi Mulut yang Kering Ketika Puasa


1. Gunakan Lip Balm atau Petroleum Jelly

Cara yang cukup cepat dan ampuh untuk mencegah mulut kering adalah menggunakan pelembab. Misalnya lip balm. Akan lebih baik menggunakan yang mengandung SPF, sehingga mencegahnya dari paparan sinar UV. Mengoleskan petroleum jelly juga bisa mengatasi permasalahan tersebut. anda bisa melakukannya pada malam hari. Setidaknya lakukan 2 hingga 3 kali setiap minggunya.

2. Konsumsi Banyak Buah dan Sayur

Vitamin C membantu pembekuan kolagen, sehingga kulit tetap sehat. Omega 3 anti inflamasi, sehingga bisa membantu bibir tetap lembap. Niacin dalam kacang-kacangan, ikan, ayam, dan sebagainya mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV. Vitamin B juga membantu melembapkan kulit. Oleh sebab itu, pastikan selalu anda memenuhi nutrisi tersebut, agar terhindar dari mulut kering saat puasa.

3. Gunakan Lidah Buaya, Madu, atau Mentimun

Beberapa bahan alami juga bisa digunakan untuk perawatan mulut dan bibir kering. Salah satunya adalah lidah buaya dan mentimun. Cobalah oleskan madu atau lidah buaya pada malam hari. Bisa juga dengan mengkonsumsi madu saat sahur. Anda juga bisa menempelkan mentimun di bibir saat malam hari. 

Selain beberapa cara di atas, sebaiknya anda mengurangi konsumsi buah citrus saat berpuasa. Bukannya menghindari sama sekali, namun batasi jumlahnya. Karena buah seperti jeruk dan anggur juga bisa menimbulkan permasalahan mulut serta bibir kering. Demikianlah tips-tips yang bisa anda gunakan untuk menghindari mulut kering saat puasa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel