Mudah Pusing Saat Puasa? Kenali Penyebab, Cara Mencegah dan Mengatasinya

Selain merasa lemas, pusing saat puasa juga bisa menyerang anda. Apakah hal tersebut normal? Pusing ketika puasa memang umum terjadi, tetapi tetap perlu diwaspadai. Karena dikhawatirkan tubuh sedang memberikan tanda bahwa kondisinya tengah tidak baik. Berikut adalah beberapa penyebab sakit kepala menyerang saat puasa, serta bagaimana cara mencegah dan mengatasinya.

pusing saat puasa
Unsplash.com


Inilah Penyebab Pusing Saat Puasa

1. Kadar Gula Darah Rendah

Saat puasa tidak ada asupan glukosa yang masuk ke dalam tubuh. Apalagi apabila anda tidak mengonsumsi cukup glukosa saat berbuka atau sahur, maka jumlahnya di tubuh bisa rendah. Glukosa inilah yang akan di ubah menjadi energi. Apabila kekurangan, maka otak juga akan kekurangan energi. Sehingga tidak bisa berfungsi maksimal, akhirnya bisa memunculkan rasa pusing. 

2. Kekurangan Cairan Tubuh 

Kekurangan cairan atau dehidrasi paling sering menjadi permasalahan saat berpuasa. Saat anda merasa haus serta tubuh tidak memiliki cadangan air, saat itulah berpotensi mengalami dehidrasi. Bisa diperparah dengan cuaca yang panas dan banyaknya aktivitas yang dilakukan. Maka tubuh akan semakin banyak mengeluarkan cairan. Hal itulah yang menjadi salah satu penyebab pusing saat puasa.

3. Tekanan Darah Turun

Tekanan darah bisa turun ketika berpuasa. Bisa juga muncul saat anda berdiri sangat cepat dari keadaan duduk atau tidur. Akibat tekanan darah yang menurun tiba-tiba, menjadikannya tidak mampu mengantar darah ke otak. Saat hal ini terjadi, kepala akan terasa sakit atau pusing secara tiba-tiba.

4. Gangguan Sinus

Saat pilek atau flu, kadang disertai pula dengan sakit kepala. Sehingga bisa saja saat puasa anda pusing, salah satu penyebabnya adalah gangguan pada sinus. Hal tersebut terjadi karena keseimbangan tubuh yang juga turut terganggu. Bahkan dengan mengangkat atau menundukkan kepala saja sakit di kepala bisa muncul.

5. Tubuh Kelelahan

Puasa memang membutuhkan kondisi tubuh yang sehat dan fit. Saat anda tidak mengkonsumsi makanan bergizi ketika sahur dan puasa, maka bisa mempengaruhi tubuh. tubuh akan kekurangan energi yang menyebabkannya mudah lelah. Saat tubuh kurang istirahat atau tidur pun dapat menjadi salah satu kelelahan. Saat merasa lelah, pusing juga bisa muncul.

Cara Mencegah Pusing Muncul Saat Puasa

1. Kurangi Konsumsi Kafein Saat Puasa

Terlalu banyak kafein juga bisa menjadi salah satu penyebab pusing saat puasa. Boleh meminum kopi atau teh, tapi batasi jumlahnya untuk mencegah sakit kepala. Sebaiknya ganti kafein anda dengan banyak air putih. Sehingga tubuh juga lebih terhidrasi. Cobalah meminum 2 gelas air putih saat sahur, 2 gelas saat berbuka, dan 4 gelas saat malam hari.

2. Istirahat yang Cukup

Telah disebutkan sebelumnya bahwa kelelahan dapat menyebabkan sakit kepala saat pusing. Jagalah kondisi tubuh dengan memenuhi kebutuhan untuk istirahat dan tidur. Usahakan untuk tidur awal dan tidak terlalu larut. Tidur siang saat puasa juga lebih baik. Namun tetap jangan berlebihan. Tidur terlalu lama juga malah bisa memunculkan rasa pusing.

3. Jaga Kadar Gula Darah

Menjaga kadar gula darah agar selalu stabil dapat mengurangi kemungkinan sakit kepala saat puasa. Caranya yaitu dengan tidak mengonsumsi secara berlebihan, atau kekurangan makanan yang terlalu banyak glukosa. Hindari terlalu banyak makanan manis saat anda berbuka dan sahur. Pada intinya, terapkan pola makan yang bergizi dan sehat agar terhindar dari kekurangan atau kelebihan gula darah.

Langkah Mengatasi Gelaja Pusing Ketika Puasa

1. Tidur

Ketika sakit kepala terlanjur muncul, salah satu cara mengatasinya adalah dengan tidur. Apabila tidak memungkinkan, istirahatkan tubuh anda sejenak. Cobalah untuk memejamkan mata untuk mengurangi pusing. Apabila memungkinkan, tidurlah di waktu siang hari ketika berpuasa. Selain dianjurkan, ternyata juga membawa kebaikan untuk tubuh. Namun jangan tidur berlebihan. 

2. Beri Pijatan pada Pelipis dan Leher

Cobalah untuk memijat perlahan pada pelipis dan leher. Hal tersebut dapat meningkatkan aliran darah. Sehingga kepala akan lebih rileks dan mengurangi rasa pusing saat puasa. Otot di sekitar kepala pun akan turut lebih rileks. Hal tersebut cukup efektif untuk mengurangi rasa sakit di kepala.

3. Kurangi Stres

Kurangilah tekanan yang bisa menyebabkan stres muncul. Apabila pusing, cobalah untuk menarik napas dalam dan pejamkan mata untuk menenangkan diri. Lakukan pula kegiatan yang menyenangkan untuk anda. Hindari pikiran-pikiran negatif yang dapat memunculkan rasa stres. Melakukan meditasi juga bisa mengurangi rasa stres anda.

4. Kompres dengan Air 

Kepala dan otot sekitar kepala yang tegang dapat memunculkan pusing saat puasa. Cobalah mengatasinya dengan meletakkan kain basah di sekitar leher maupun pangkal tengkorak. Cobalah dengan air hangat, agar otot lebih rileks. Anda juga bisa menggunakan bantal pemanas. Apabila tidak terlalu membantu, coba menggantinya air dingin.

Selain 4 hal di atas, agar tubuh tetap sehat anda juga perlu berolahraga secara teratur. Apabila bertujuan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, sebaiknya berolahraga ringan setelah anda sahur. Intinya adalah bagaimana anda dapat menjaga pola makan dan hidup sehat, apabila ingin terhindari dari pusing saat puasa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel