6 Panduan Mengatur Pola Makan Ibu Hamil yang Tepat dan Sehat

Salah satu hal yang dilakukan perempuan mengandung adalah mencari informasi bagaimana cara mengatur pola makan ibu hamil yang tepat, tapi tetap sehat. Kenapa begitu? Karena sekalipun tengah berbadan dua, perempuan tetaplah perempuan di mana mereka selalu ingin terlihat menawan. Seperti yang sudah diketahui, kehamilan kerap membuat tubuh perempuan membengkak karena berat badan bertambah.

mengatur pola makan ibu hamil
Pixabay.com

Kenaikan Berat Badan Saat Hamil Itu Normal

Saat hamil, rahim menjadi lebih lebar. Kemudian adanya plasenta/ari-ari bayi, cairan ketuban, simpanan lemak hingga peningkatan aliran darah serta cairan tubuh. Berbagai tambahan inilah yang menyumbangkan hingga 10 kilogram atau lebih kenaikan berat badan. Bahkan secara kesehatan, ibu dengan Indeks Massa Tubuh normal, akan mengalami 11-16 kg kenaikan berat badan selama hamil.

Bahkan saat Anda hamil dalam kondisi terlalu kurus, dokter tentu akan menyarankan untuk menambah berat kisaran 12-18 kilogram. Sementara kalau tubuh Anda sudah gemuk sejak sebelum hamil, disarankan untuk naik sebesar 6-10 kilogram saja. Dikaruniai kehamilan kembar? Siap-siap bobot tubuh bertambah 16-24 kilogram. Untuk itulah, Anda jelas harus tahu cara mengatur pola makan ibu hamil yang benar.

Tapi Jika Berat Badan Naik Berlebih Bakal Bahaya

Ada yang bilang kalau perempuan hamil, boleh makan dalam porsi banyak demi janin. Padahal ini keliru karena seharusnya Anda tahu seperti apa cara mengatur pola makan ibu hamil yang benar, supaya tidak mengalami obesitas yang membahayakan janin.

Beberapa bahaya bagi janin karena ibunya terlalu gemuk adalah seperti keguguran hingga bayi mati saat dilahirkan. Sementara bagi sang ibu hamil, dampaknya seperti hipertensi (tekanan darah tinggi), diabetes gestasional dan pre-eklampsia. Kalaupun buah hati bisa lahir selamat dari ibu obesitas, sang anak yang lahir dengan berat badan besar bisa terancam terkena penyakit degeneratif.

Ibu Hamil Harus Tahu Aturan Pola Makan Yang Tepat

Lantaran berat badan yang berlebih saat mengandung itu berbahaya baik bagi si ibu dan janin, Anda tentu wajib tahu panduan mengatur pola makan ibu hamil. Tenang saja, aturannya tidak sulit kok asal dilakukan dengan teliti.

1. Pilih Makanan Sehat

Ibu hamil memang dianjurkan tidak makan produk olahan karena khawatir tinggi kandungan gula buatan. Untuk itulah Anda harus perbanyak konsumsi makanan sehat terutama buah segar dan sayuran berserat. Bisa juga makan roti/sereal berbahan gandum serta susu khusus ibu hamil yang biasanya rendah lemak. Ada baiknya Anda memasak sendiri dan kurangi menggoreng, tapi perbanyak menumis/merebus.

2. Perhatikan Kalori yang Masuk

Dengan memperhatikan kalori yang masuk, Anda tentu bisa mengatur pola makan ibu hamil dengan tepat. Bahkan jika terbiasa makan dalam porsi banyak dalam sehari, bisa Anda bagi jadi beberapa porsi kecil supaya jadi pengganti konsumsi camilan tidak sehat.

3. Tetap Rajin Olahraga

Perempuan hamil tak butuh olahraga? Salah besar. Anda justru harus rajin bergerak supaya kalori berlebih terbakar. Tak perlu olahraga yang berat, lakukan saja yang ringan-ringan seperti jalan santai, renang atau yoga khusus ibu hamil.

4. Konsumsi Nutrisi Penting Saat Kehamilan

Saat hamil, tubuh butuh zat besi dua kali lebih banyak. Beberapa makanan yang mengandung zat besi seperti daging merah, ikan, daging unggas, buncis dan kacang merah. Padukan dengan vitamin C yang ada di brokoli, paprika, jeruk, stroberi. Vitamin C bisa membantu tubuh menyerap zat besi tumbuh-tumbuhan.

Ingat juga bahan makanan yang membatasi penyerapan zat besi seperti teh, kuning telur, susu dan kedelai. Selain zat besi, nutrisi lain yang penting ialah asam folat. Asam folat adalah vitamin B yang mengurang risiko cacat tabung saraf. Beberapa makanan yang kaya folat seperti sayuran hijau, jeruk dan gandum utuh.

5. Jaga Kadar Cairan Tubuh

Ketika perempuan mengandung, volume darah bakal meningkat sehingga agar tetap seimbang, Anda harus banyak minum. Selain itu banyak minum air juga membantu mengurangi sembelit. Setidaknya 8-10 gelas air putih/hari adalah saran yang membantu.

6. Atur Jadwal Makan Sesuai Fase Kehamilan

Inti mengatur pola makan ibu hamil adalah dengan disesuaikan terhadap fase kehamilan. Saat 3-4 bulan awal kehamilan, 30% kalori harian harus dimakan saat sarapan, 15% saat siang dan 35% waktu makan malam. Kemudian saat hamil 4-5 bulan, usahakan makan 5-6 kali/hari dalam porsi kecil supaya tidak memberi tekanan ke janin saat perut kenyang.

Perbanyak asupan protein saat sarapan dan makan siang serta usahakan minum susu di malam hari. Ketahuilah saat trimester pertama, ibu hamil butuh 2.000 kalori/hari. Lalu di trimester kedua butuh 2.500 kalori/hari dan di trimester ketiga butuh 3.000 kalori/hari.

Dengan memperhatikan betul asupan makanan ke tubuh, kehamilan tentu akan berjalan lancar hingga buah hati dilahirkan. Untuk itulah setiap perempuan yang tengah mengandung wajib tahu panduan mengatur pola makan ibu hamil supaya ibu dan bayi sama-sama sehat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel