Lemas Saat Haid? Ternyata Ini Penyebab dan Cara Mencegahnya

Merasakan lemas saat haid tentu pernah dialami oleh seluruh wanita yang sudah memasuki masa produktif. Rasa lemas yang diakibatkan oleh haid, tentu belum dirasakan oleh para anak-anak yang belum memasuki masa produktif. Tentu saja, hal ini juga tidak dirasakan lagi oleh para wanita yang sudah memasuki fase menopause (wanita berusia lanjut).

lemas saat haid

Para wanita dimasa produktif memang sering kali bermasalah dengan kendala semacam rasa lemas ini saat masa haid. Mereka kerap berubah-ubah mood setiap saat ketika sedang haid, karena tidak bergairah untuk melakukan aktivitas. Hal ini berdampak buruk dalam aktivitas sehari-hari serta dengan lingkungan sekitar. Oleh sebab itu, kenali dulu penyebab rasa lemas saat haid.

Penyebab Terjadinya Lemas Saat Datang Bulan


Seperti rumus sebab – akibat dalam kehidupan, rasa lemas saat haid juga memiliki sebab yang diakibatkan oleh beberapa hal. Bagi anda yang sudah memasuki usia pertengahan usia produktif wanita, mungkin sudah paham dengan berbagai penyebabnya. Namun tentu akan berbeda dengan para wanita yang baru memasuki masa haid. Berikut beberapa penyebab lemas ketika tamu bulanan datang.

Masalah Hormon
Saat sedang memasuki masa haid, biasanya kadar hormon progesteron dan estorgen mengalami defisit hingga pada level yang terendah. Dengan rendahnya kedua hormon tersebut menimbulkan berbagai keluhan yang kerap dialami oleh para wanita haid seperti, mood yang berubah-ubah, pusing, mual, nyeri perut luar biasa, serta sangat rentan lelah sehingga mengakibatkan rasa lemas.

Kurang Darah (Anemia)
Kejadian kurang darah menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan rasa lemas saat haid. Para wanita yang mengalami masa haid yang berat, akan kehilangan darah merah dengan volume yang cukup besar, sedangkan tubuh tidak mampu mengganti sel darah merah yang telah meluruh. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya rasa lemas ketika para wanita sedang mengalami haid.

Kekurangan Cairan
Kekurangan cairan atau dehidrasi juga menjadi salah satu penyebab utama yang mengakibatkan rasa lemas saat haid. Perubahan jumlah hormon serta banyaknya darah yang keluar menyebabkan tubuh membutuhkan air lebih banyak untuk bekerja. Oleh sebab itu, agar hal ini tidak terjadi anda harus memiliki cadangan air yang cukup, dengan cara meminum air putih sebanyak-banyaknya saat haid.

Masalah yang Kerap Dirasakan Saat Haid


Saat memasuki masa haid, para wanita biasanya merasakan berbagai masalah yang datangnya satu bulan sekali. Meskipun sudah terbiasa mengalami, namun tetap saja sulit untuk membohongi bahwa rasanya sangat tidak nyaman saat haid datang. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa masalah yang kerap dikeluhkan oleh para wanita ketika tamu bulanan datang secara rutin.

Kram dan Nyeri 
Saat tamu bulanan datang, para wanita akan merasakan kram perut yang mengakibatkan rasa tidak nyaman untuk melakukan aktivitas. Hal ini terjadi dikarenakan, dinding rahim sedang meluruhkan lapisan yang ada disana. Anda bisa menggunakan air hangat untuk mengurangi rasa sakit. Selain itu, rasa nyeri juga akan menghinggapi bagian punggung dan payudara.

Rasa sakit yang luar biasa dari kram perut yang dialami oleh wanita haid, menjalar sampai ke punggung sehingga mengalami rasa sakit yang cukup menyiksa. Sedangkan untuk nyeri payudara disebabkan karena faktor hormon pada tubuh ketika masa haid. Demikianlah yang menyebabkan para wanita merasakan lemas saat haid karena berbagai rasa sakit ini.

Mual dan Kembung
Saat masa haid sudah sangat umum para wanita merasakan mual. Hal tersebut dikarenakan hormon yang dihasilkan dalam masa haid mempengaruhi proses pencernaan yang kurang baik, sehingga memunculkan rasa mual yang cukup hebat. Kemudian para wanita haid juga tidak jarang akan merasakan kembung karena jumlah retensi air yang ada didalam tubuh.

Lemas dan Mood yang Tidak Baik
Banyaknya darah yang keluar saat masa haid, mengakibatkan zat besi yang terdapat didalam tubuh banyak yang terbuang. Hal ini menyebabkan tubuh merasa lemas saat haid. Kondisi tubuh yang lemas dan tidak karuan, akan membuat mood mengalami kelabilan. Mood yang labil memang menjadi keluhan yang sangat umum, tidak hanya bagi wanita yang sedang mengalami, tetapi juga untuk orang disekitarnya.

Cara Mencegah Rasa Lemas Saat Haid


Ketika anda sedang memasuki masa haid, sebaiknya banyak mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Hal tersebut dikarenakan makanan yang mengandung zat besi akan membantu tubuh untuk kembali membentuk sel darah merah. Hal ini sangat penting untuk menggantikan darah yang sebelumnya dikeluarkan ketika haid mulai datang. Selain, mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi.

Anda juga harus memastikan memiliki cadangan air yang cukup didalam tubuh. Minumlah air putih secukupnya, supaya tubuh dapat bekerja maksimal saat masa haid. Jangan lupa untuk melakukan olahraga untuk meregangkan otot. Serta pastikan memiliki porsi istirahat yang cukup. Hal-hal inilah yang akan membuat anda terhindar dari rasa lemas saat haid dan tubuh menjadi lebih sehat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel