Inilah 4 Cara Atasi Bibir Pecah-Pecah Pada Saat Puasa

Mengalami bibir pecah-pecah bukanlah hal yang diinginkan oleh siapapun, apalagi di bulan ramadhan ketika Anda ingin fokus beribadah demi mendapat pahala sebanyak-banyaknya. Namun, ketika hal tersebut menjadi tak terelakkan, yang dapat Anda lakukan adalah menghadapinya dengan mencari cara agar bibir Anda kembali sehat seperti sedia kala.

Mengatasi bibir kering sebenarnya tidak terlalu sulit, yang harus Anda lakukan adalah telaten melakukan perawatan dan menghindari jenis-jenis makanan yang dapat membuat bibir Anda semakin kering. Perawatan untuk bibir kering sangatlah mudah, Anda tak perlu repot-repot ke salon untuk melakukannya. Cukup lakukan perawatan harian simpel di rumah dan Anda dapat segera merasakan hasilnya.

Ada banyak cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk merawat dan memperbaiki bibir kering. Di antaranya dengan melakukan scrubbing dan menggunakan lip balm juga menghindari paparan sinar matahari. Berikut akan dijabarkan hal-hal apa saja yang harus Anda lakukan untuk menjaga kelembaban bibir sehingga terhindar dari bibir pecah-pecah

bibir pecah-pecah
Tribunnews.com

Banyak Minum Air Putih dapat Mencegah Bibir Kering

Bibir pecah-pecah umumnya dipicu oleh bibir kering akibat kekurangan cairan. Oleh karena itu, perbanyaklah minum air putih untuk mengembalikan cairan tubuh. Ingat, tubuh manusia membutuhkan setidaknya 2 liter cairan per harinya. Namun, di saat tengah berpuasa, Anda tentu tidak dapat minum di siang hari, maka perbanyaklah minum di malam hari. 

Aturlah waktu minum Anda, misalnya dua gelas di saat berbuka, dua gelas saat sahur, dan empat gelas di antara kedua waktu tersebut. Dengan menerapkan pola tersebut, Anda sudah dapat mencukupi minimal kebutuhan air dalam tubuh. Namun, jika kulit Anda terlalu kering sebaiknya konsumsi air lebih banyak untuk menjaga kulit agar senantiasa lembab.

Ritual Scrubbing Membuat Bibir Semakin Lembab

Tak hanya kulit tubuh atau wajah yang membutuhkan scrubbing. Bibir pun membutuhkannya. Apalagi bibir memiliki lapisan kulit yang lebih tipis sehingga lebih rentan mengalami bibir pecah-pecah. Gunakan campuran madu dan gula untuk bahan scrub. Caranya dengan mencampurkan keduanya dan usapkan ke bibir sambil digosok perlahan, lalu diamkan selama 3-4 menit.

Kemudian lap bibir dengan handuk hangat lalu cuci dengan air bersuhu normal. Jika dilakukan 2-3 kali seminggu, ritual ini akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada bibir dan membuat bibir lebih lembut dan kenyal. Jangan lupa untuk menutup ritual dengan mengoleskan lip balm secara tipis di bibir Anda.

Gunakan Lidah Buaya Sebagai Pelembab

Lidah buaya merupakan salah satu tumbuhan yang memiliki berbagai khasiat bagi tubuh, terutama kulit. Karena itu, lidah buaya juga sering digunakan untuk mengatasi bibir pecah-pecah. Cara penggunaannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menyediakan daging lidah buaya dan mengoleskannya ke bibir sebelum tidur kemudian biarkan semalamam.

Lidah buaya juga dapat membantu proses penyembuhan luka pada bibir. Selain berguna sebagai pelembab bibir dan penyembuh luka, daging lidah buaya juga dapat mendinginkan pencernaan, meredakan nyeri otot dan mengambalikan vitalitas otot jika dikonsumsi. Jadi, dalam satu tumbuhan ada beragam khasiat yang bisa Anda dapatkan.

Selalu Membawa Lip Balm ke mana pun

Polusi dan radikal bebas yang berbahaya bagi kulit menanti di luar sana sehingga Anda harus siap sedia untuk mengatasinya. Lotion atau tabir surya merupakan pelindung kulit tubuh dan wajah dari paparan polusi dan radikal bebas, tapi untuk bibir Anda membutuhkan produk khusus. Produk ini bernama lip balm.

Berbeda dengan lipstik, pada lip balm terdapat kandungan yang dapat melembabkan dan mengatasi bibir kering serta bibir pecah-pecah. Kandungan vitamin dalam lipbalm sangat membantu melindungi bibir Anda dari paparan polusi, radikal bebas, dan sinar UV matahari yang dapat merusak. Oleskan lipbalm sebelum beraktivitas atau setiap kali Anda merasa bibir kering.

Dengan demikian bibir Anda selalu terproteksi. Jadi, jangan lupa membawa lipbalm ke mana pun Anda pergi. Sekarang sudah banyak produk lipstik yang memiliki fungsi pelindung seperti lipbalm. Nah, untuk kaum perempuan tak ada salahnya membeli produk lipstik plus lipbalm sehingga tetap dapat tampil maksimal di setiap kesempatan.

Selain cara-cara di atas, Anda juga bisa mengubah beberapa kebiasaan yang bisa membuat bibirmu kering dan pecah. Misalnya dengan mengurangi kebiasaan menjilat bibir dan menggigit bibir. Dua kebiasaan ini bisa membuat bibirmu kering dan iritasi. Untuk kaum hawa, selama berpuasa sebaiknya hindari menggunakan lipstik jenis matte, karena lipstik matte cenderung membuat kulit bibir kehilangan kelembabannya.

Bibir kering dan pecah memang menjadi masalah besar ketika berpuasa, apalagi jika sudah berdarah dan terkoyak perihnya benar-benar menyiksa. Oleh karena itu, lakukan perawatan lebih pada bibir saat berpuasa dan perbanyak makanan yang mengandung vitamin C, agar masalah bibir pecah-pecah tidak mengganggu ibadah puasa maupun rutinitas lainnya di bulan ramadhan.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel