Ternyata Ini Dampak Buruk Dehidrasi Terhadap Kesehatan

Apakah anda sudah tahu apa dampak buruk dehidrasi? Keadaan dimana Anda merasa tubuh kehilangan banyak cairan atau dehidrasi ternyata memiliki dampak buruk terhadap kesehatan. Banyak orang selama ini hanya mengetahui bahwa keadaan dehidrasi ini hanya akan membuat Anda lemas dan haus saja. Padahal, jika dibiarkan hal ini sering terjadi ternyata bisa berdampak buruk pada kesehatan jangka panjang. Maka, jangan lagi diabaikan langsung saja cari tau dampak apa saja yang mungkin terjadi pada kesehatan jika Anda dehidrasi. 

Dampak Buruk Dehidrasi

Apa Itu Dehidrasi?

Seperti yang sudah dijelaskan secara ringkas, dehidrasi adalah keadaan dimana tubuh akan kehilangan lebih banyak cairan daripada yang diperolehnya. Maka, zat gula dan garam dalam tubuh juga pasti akan menjadi sangat terganggu. Dengan begitu, tubuh Anda tidak akan bisa berfungsi secara normal dan mudah terserang dampak buruk dehidrasi terhadap kesehatan. Air yang terkandung di dalam tubuh manusia sehat biasanya akan lebih dari jumlah 60% total berat badan. 

Kandungan air sejumlah yang disebutkan tadi memiliki fungsi untuk membantu kerja sistem pencernaan, mengeluarkan kotoran dan racun dari dalam tubuh. Fungsi lain juga bisa sebagai pelumas dan bantalan untuk persendian hingga tenggorokan dan juga hidung. Maka, jangan Anda anggap tidak penting fungsi dari air yang tadinya Anda konsumsi tersebut. Oleh karena itu, jika ingin sehat dan didukung oleh kulit tubuh yang bagus dan sehat Anda harusnya banyak konsumsi air. 

Tanda-tanda yang Dialami Jika Anda Dehidrasi

Untuk yang masih bingung kapan saja kiranya Anda mengalami dehidrasi dan dampak buruk dehidrasi terhadap kesehatan, berikut ini akan diberikan paparan secara rinci untuk Anda.

1. Akan merasa haus hingga naik pusing karena kekurangan air.
2. Mulut dan kulit menjadi kering, sehingga bisa menyebabkan bau mulut.
3. Merasa sangat kelelahan.
4. Jarang sekali buang air kecil, kebalikan jika Anda terlalu banyak konsumsi air putih.
5. Urine berwarna lebih gelap dan bisa mengeluarkan bau yang lebih kuat dari biasanya.

Namun, dari beberapa tanda dehidrasi di atas bahwa sebenarnya setiap kalangan dengan umur yang berbeda akan mengalami tanda dehidrasi yang berbeda pula. Seperti misalnya pada anak bayi, jika mereka akan mengalami dehidrasi itu ditandai dengan bagian ubun-ubun bayi yang akan cekung. Para bayi tidak akan mengeluarkan air mata ketika menangis, dan bayi akan kurang aktif dan mudah mengantuk. 

Dampak Buruk Dehidrasi Terhadap Kesehatan Tubuh

Jangan Anda menganggap dehidrasi ini persoalan yang remeh, karena selain dampak buruk dehidrasi terhadap kesehatan juga ada risiko buruk lain. Yaitu seperti kondisi berisiko buruk lain yang mungkin akan Anda alami meskipun tidak diharapkan. Beberapa risiko tersebut adalah bisa seperti menimbulkan penyakit diare. Keadaan diare ini juga akan terjadi pada anak bayi dan kalangan anak-anak. Yang lebih mengkhawatirkan, bahwa dehidrasi ini sangat erat kaitannya dengan cuaca, aktivitas fisik, hingga pola makan yang Anda lakuka. 

Kondisi dehidrasi akan semakin buruk jika Anda melakukan donor danah. Ada seorang pasien yang ingin mendonorkan darahnya dengan niat baik malah harus pingsan karena dehidrasi. Ternyata setelah diketahui, ia tidak menyiapkan diri dengan makan siang dan minum air mineral yang cukup beberapa saat sebelum donor. Untuk itu, sebaiknya Anda menjaga tubuh dengan baik. Cara mewujudkannya bisa dengan cara konsumsi air mineral yang cukup dan juga makanan yang sehat bergizi. 

Jika diklasifikasikan urutan dampak dehidrasi ringan, mungkin Anda hanya sekedar mengalami keadaan seperti urin yang keluar sedikit, mulut kering, mudah cemas, hingga bisa tegang. Kasus ringan lain Anda juga bisa dalam keadaan daya ingat visual yang menurun sesaat hingga menjadi mudah mengantuk. Sehingga, karena kasus yang mengkhawatirkan seperti ini harusnya orangtua lebih bijak dalam menjaga anaknya. Jika Anda ingin memberikan perlindungan kepada sang anak, bisa dengan menyarankannya untuk membawa bekal minuman yang cukup ke sekolah. 

Solusi yang Tepat Saat Dehidrasi 

Jika Anda salah satu orang yang sering mengalami dehidrasi, maka tidak boleh lagi mengabaikan hal ini. Sebelum merasakan dampak buruk dehidrasi terhadap kesehatan, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan sebagai bentuk pencegahan. Cara yang pertama, Anda bisa minum minuman yang memiliki banyak cairan atau diganti dengan buah kaya cairan. Buah yang kaya akan cairan dan serat seperti semangka, pir, buah naga, dan buah sejenis lainnya. 

Namun, jika kondisinya Anda sudah terlanjur mengalami diare sebagai dampak buruk dehidrasi terhadap kesehatan ada cara lain. Bisa Anda antisipasi dengan menghindari minuman seperti jus dan susu karena biasa pencernaan tidak akan sanggup mencerna. Untuk penanganan yang tepat, Anda bisa meminta bantuan dokter dengan menceritakan alur kejadian yang terjadi. 

Jangan sampai terlambat, karena ada banyak sekali penelitian yang bahkan membuktikan akibat buruk dari dehidrasi ada yang menyebabkan kejang, kematian dan juga kerusakan otak. Apalagi jika kita hubungkan dengan mereka yang terlalu banyak konsumsi obat-obatan. Pasti ginjal akan merasa berat untuk mencerna dan menggiling sisa dan obat-obatan yang Anda konsumsi. 

Setelah mengetahui beberapa dampak buruk dari dehidrasi, maka dari itu anda jangan sampai mengabaikan hal-hal penting diatas. Itulah beberapa penjelasan mengenai dampak buruk dehidrasi terhadap kesehatan, semoga dapat membantu Anda untuk lebih mementingkan kesehatan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel