Inilah 8 Tanda dan Cara Mengobati Dehidrasi dengan Mudah

Dehidrasi memang tidak lagi menjadi bahasan yang tidak terang-terangan dibicarakan. Tapi, ada juga perlu mengetahui penyebab, gejala dan cara mengobati dehidrasi. Setelah mendapatkan asupan air mineral yang Anda minum setiap harinya, tubuh juga akan kehilangan air. Proses kehilangan air itu bisa dari napas, keringat, urin, dan feses. Maka, pembahasan dehidrasi ini sebenarnya menarik untuk dibahas hingga memiliki kaitan dengan penyakit berbahaya.

Cara Mengobati Dehidrasi

Bagaimana Tubuh Menjadi Dehidrasi

Setelah air tadi masuk dan hilang dari tubuh dengan berbagai macam cara, maka pada bahasan ini akan ada bahasan lainnya. Mengenai lebih rinci, mengapa tubuh kita isa menjadi dehidrasi hingga berakibat hal fatal lainnya. Saat tubuh kehilangan air dan tidak bisa diganti dengan air lainnya yang harusnya masuk, maka disini tubuh akan mengalami ketidakseimbangan. Ketidakseimbangan itulah yang akhirnya menjadikan tubuh kita dehidrasi 

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengobati dehidrasi, belakangan ini anak-anak bahkan bayi pun sudah banyak sekali yang mengalami dehidrasi dengan berbagai macam alasan. Yang lebih mengerikan, entah bagaimana proses dan tahapan dari dehidrasi pada sang anak ini menimbulkan penyakit mengkhawatirkan lainnya seperti diare berat dan muntah. Bagi mereka para orang tua lanjut usia, biasa memiliki volume air lebih rendah di dalam tubuh.

Sehingga, orang tua lanjut usia ini sama posisinya seperti anak-anak mereka akan mudah sekali dehidrasi. Berikut ini penjelasan mengenai penyebab dehidrasi yang mungkin terjadi pada diri Anda:

1. Diare dan muntah
2. Demam
3. Mengeluarkan keringat berlebihan
4. Meningkatkan jumlah urin
5. Terlalu banyak air yang dikeluarkan daripada yang masuk
6. Melakukan aktivitas yang tidak disertai dengan konsumsi makanan dan minuman yang cukup
7. Terlalu aktif 
8. Tidur malam hari yang kurang nyenyak dan baik

Tanda dan Gejala Dehidrasi

Perlu Anda ingat bahwa dehidrasi ini tidak selalu dan melulu membahas masalah rasa haus. Karena, ada banyak pertanda lainnya yang menjelaskan bahwa Anda itu sedang dehidrasi. Untuk mereka yang sering merasa ketakutan dan grogi, akan lebih banyak air yang dikeluarkan dari dalam tubuh karena tenaga yang dilakukan. Maka, selalu memastikan diri Anda itu bisa mendapatkan asupan air dan makanan yang cukup untuk tubuh. Agar anda tau cara mengobati dehidrasi, berikut ini akan dibahas terlebih dahulu bagaimana tanda dan gejala dari dehidrasi.

1. Untuk Tanda dan Gejala Pada Anak-Anak
  • Mulut dan lidah mereka akan menjadi kering
  • Tidak keluar air mata saat menangis, hal ini dikarenakan mereka itu memberikan tanda ada yang salah dengan diri mereka.
  • Tidak buang air kecil selama 3 jam
  • Mata dan pipi menjadi cekung
  • Di atas bagian tengkorak  kepala sang anak akan menjadi cekung
  • Tubuh anak menjadi lesu
  • Kondisi nyaman dengan keadaan yang sedang ia hadapi
  • Terlihat kurang aktif, tidak seperti biasanya. 

2. Untuk Tanda dan Gejala Pada Orang Dewasa 
  • Mengalami kehausan yang parah
  • Frekuensi urin berkurang
  • Mengalami kelelahan yang tergambarkan dari muka mereka
  • Urin menjadi lebih gelap warnanya
  • Akan sangat haus 
  • Merasakan pusing yang bahkan saat tidak ingin memikirkan sesuatu
  • Tidak konsentrasi terhadap apa yang ia dengarkan dan orang bicarakan
  • Merasa ada yang tidak beres dan enak pada diri sendiri

Kapan Harus ke Dokter?

Mungkin ini menjadi pertanyaan besar, kapankah anda harus ke dokter. Untuk anda yang mencari tahu bagaimana cara mengobati dehidrasi, berikut ini beberapa penjelasan mengenai pilihan yang bisa Anda ambil dengan pertimbangan dari 24 jam, jika sudah begini Anda harus langsung mengunjungi dokter.

1. Menjadi lebih mudah marah dan bingung setiap harinya. 
2. Menjadi lebih mudah mengantuk, kurang aktif dari biasanya
3. Kotoran Anda akan berdarah dan berwarna gelap
4. Anda merasa aneh dengan kepribadiaan dan diri Anda, terutama pada mood jika sudah menjelang lapar
5. Jumlah urin menurun, ini dikarenakan Anda kurang minum dan konsumsi buah yang kaya serat atau air
6. Mengalami kejang, susah bernapas, dan juga sakit kepala
7. Nyeri pada dada atau perut yang diikuti rasa tidak enak pada pencernaan

Cara Mengobati Dehidrasi yang Bisa Anda Coba

Satu-satunya cara mengobati dehidrasi yang dipercaya cukup ampuh ialah dengan cara menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang. Yaitu dengan cara konsumsi minuman yang memang mengandung elektrolit tinggi dan peningkatan cairan tubuh yang cepat. Untuk anak-anak dan bayi, caranya bisa dengan cara konsumsi cairan rehidrasi oral seperti oralit atau pedialyte. Konsultasikan ke dokter untuk mencari tau dosis yang pas untuk Anda konsumsi.

Tetap jaga kesehatan Anda dengan mengetahui beberapa pembahasan mengenai penyebab, gejala dan cara mengobati dehidrasi yang sudah dibahas. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel