Tips Ampuh Mengobati Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah rendah merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh anemia, yaitu kurangnya pasokan sel hemoglobin pada darah, sehingga menyebabkan distrubsi darah pada seluruh anggota tubuh menjadi tidak maksimal. Akibatnya, tubuh penderita menjadi lemas, tidak bertenaga dan seringkali mengalami rasa sakit kepala. Jika terus dibiarkan, maka daya konsentrasi anda akan menurun serta daya tahan tubuh anda menjadi lemah.

Oleh karena itu, anda harus mengobati darah rendah dengan cara yang tepat. Namun sebelumnya anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai penyebab, ciri serta cara mengatasinya.

tekanan darah rendah


Penyebab Utama Tejadinya Darah Rendah


Ketika anda ingin mengobati tekanan darah rendah secara tepat, mengamati penyebab utamanya adalah hal pertama yang harus anda lakukan. Terdapat tiga penyebab utama seseorang mengalami tekanan darah, mulai dari anemia, penyakit saraf seperti Parkinson hingga dehidrasi dapat menjadi pemicunya. Dengan mengetahui penyebab utamanya, maka anda dapat memahami mengapa seseorang dapat mengalami jenis penyakit ini.

1. Anemia
Anemia merupakan kondisi dimana tubuh anda tidak mampu memproduksi sel hemoglobin pada darah. Hemoglobin mempunyai fungsi untuk membawa O2 dan Co2 yang mampu membawa oksigen. Tidak hanya itu, hemoglobin sendiri memberikan pasoka nutrisi pada setiap organ tubuh dalam manusia serta menambah sistem imunitas tubuh meningkat. Pada penderita anemia, jumlah hemoglobin tidak memenuhi standar normal.

2. Penyakit Saraf
Meskipun penyakit yang satu ini berhubungan dengan tekanan darah, namun penyebab lainnya adalah penyakit saraf. Biasanya penyakit ini menyerang tiga saraf utama pada tubuh manusia, yaitu motorik, otonom dan sensorik. Salah satu penyakit saraf yang mempengaruhi seseorang mempunyai tekanan darah yang rendah adalah Parkinson. Parkinson sendiri merupakan ketidakmampuan saraf pada otak untuk mengkoordinasi gerak tubuh dengan baik.

3. Dehidrasi
Meskipun terlihat sepele, namun kekurangan cairan pada tubuh atau yang biasa disebut dengan dehidrasi ini mengakibatkan distribusi darah menjadi tidak lancar, sehingga dapat menimbulkan darah mengalami tekanan yang rendah.

Ciri-ciri Tekanan Darah Rendah


Setelah anda mengetahui penyebab utamanya, selanjutnya adalah memahami ciri-ciri yang pasti dialami oleh penderita darah bertekanan rendah. Hal tersebut cukup menganggu anda dalam melakukan aktivitas, terlebih lagi jika kegiatan anda membutuhkan gerak tubuh ekstra, sehingga anda harus cepat menangani penyakit ini. Ciri-cirinya meliputi pandangan kunang-kunang, rasa sakit kepala yang sering muncul hingga tubuh selalu merasa lemas dan tidak berdaya.

1. Pandangan Kunang-kunang
Pandangan yang normal dan sehat akan membantu anda dalam melihat berbagai macam objek, baik bergerak ataupun tidak. Namun jika pandangan anda mulai kabur ataupun kunang-kunang, hal tersebut menjadi ciri pertama bahwa anda mempunyai darah rendah.

2. Sakit Kepala
Rasa pening yang muncul tiba-tiba sering kali menjadikan anda menghentikan aktivitas yang sedang dilakukan. Rasa sakit tersebut diakibatkan otak kekurangan suplai oksigen yang seharusnya di transfer oleh tubuh melalui aliran darah.

3. Lemas
Apa jadinya jika tubuh anda merasa lemas, apakah anda bersemangat untuk menjalankan berbagai macam aktivitas? Pastinya tidak, bukan? Ciri-ciri terakhir dari penyakit ini adalah rasa lemas yang terus menerus anda rasakan sepanjang hari.

Mengatasi Tekanan Darah Rendah


Kini saatnya anda mengetahui bagaimana cara mengobati tekanan darah rendah. Ketika anda sudah memahami mengenai penyebab utama serta ciri-ciri dari penyakit yang satu ini, maka anda dapat menentukan langkah yang tepat untuk mengobatinya. Terdapat tiga cara yang ampuh untuk mengatasinya, yaitu dengan cara tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, memperbanyak asupan sodium dan membiasakan diri untuk tidak berdiri dalam jangka waktu lama.

1. Tidak Minum Alkohol
Hampir semua penyakit yang ingin disembuhkan menyarankan untuk tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, tidak terkecuali tekanan darah tinggi. Kandungan alkohol tidak hanya merusak sistem organ dalam manusia. Namun dapat mempengaruhi kadar hemoglobin pada darah serta kemampuan tubuh, terutama kemampuan jantung untuk memompa darah.

2. Konsumsi Makanan Mengandung Sodium
Jika penderita darah tinggi tidak disarankan untuk mengkonsumsi makanan mengandung sodium, namun untuk penyakit yang satu ini sangat disarankan untuk mengkonsumsi sodium. Asupan sodium dapat anda peroleh saat mengkonsumsi makanan yang bercita rasa asin.

3. Jangan Berdiri Terlalu Lama
Jika anda melakukan banyak aktivitas, usahakan anda jangan terlalu berdiri dalam jangka waktu yang lama. Hal tersebut dapat mengakibatkan pusing dan kondisi badan anda menjadi lemah.

Penyakit darah rendah ini hampir di alami oleh seluruh lapisan masyarakat. Menerapkan pola hidup sehat, mulai dari aktivitas rutin hingga asupan makanan yang bernutrisi, membantu anda untuk menyembuhkan penyakit ini secara perlahan. Maka dari itu, semoga pembahasan kali ini mampu memberikan informasi lebih untuk anda mengenai cara yang tepat, untuk menyembuhkan penyakit yang satu ini, yaitu mengobati tekanan darah rendah.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel