Selain HIV/ AIDS, Ternyata Ini Jenis Penyakit Tidak Bisa Disembuhkan Lainnya

HIV/ AIDS adalah salah satu penyakit tidak bisa disembuhkan, meskipun saat ini sudah ada perkembangan dari penanganan penyakit ini untuk memperpanjang harapan hidup penderitanya. Meskipun begitu, belum ada satu penemuan pun yang dapat benar-benar melenyapkan virus HIV ketika sudah diidap oleh seseorang. 

Namun tahukah Anda, bahwa jenis penyakit yang tidak bisa disembuhkan tidak hanya HIV/ AIDS saja. Ada banyak penyakit langka dan berbahaya di dunia ini yang hingga saat ini belum ditemukan penanganannya. 

Selain HIV AIDS, Ternyata Ini Jenis Penyakit Tidak Bisa Disembuhkan Lainnya

Mengapa Ada Penyakit yang Tidak Bisa Disembuhkan?

Kemajuan teknologi dan berbagai penelitian dalam bidang kedokteran tidak pernah berhenti bahkan cenderung selalu berkembang lebih baik. Namun kenyataannya masih banyak kasus-kasus penderita penyakit langka dan berbahaya yang tidak memiliki harapan hidup karena belum ditemukannya obat dan penanganan yang tepat.

Selain kecelakaan, kasus kematian karena menderita penyakit juga termasuk tinggi di dunia. Ini karena dalam teknologi kedokteran pun masih memiliki keterbatasan untuk menemukan semua jenis obat untuk mengatasi beragam penyakit. Selain itu, faktor masih banyaknya penyakit yang tidak bisa disembuhkan adalah karena sulitnya menemukan formula yang tepat, apalagi dengan objek manusia. Risetnya masih sangat sulit untuk dilakukan. 

Jenis-jenis Penyakit yang Tidak Bisa Disembuhkan

Selain HIV/ AIDS, memang ada beberapa jenis penyakit lainnya yang termasuk penyakit tidak bisa disembuhkan, berikut diantaranya:
  • Polio
Salah satu penyakit yang sudah ada selama ribuan tahun dan sayangnya hingga saat ini belum ada obat yang tepat untuk menyembuhkannya. Polio disebabkan karena serang virus yang dapat mempengaruhi kinerja sistem saraf. Umumnya penderita polio akan mengalami kelumpuhan. Polio memang tidak bisa disembuhkan, namun untuk mencegahnya bisa dilakukan vaksinasi pada anak-anak agar terhindari dari polio.
  • Ebola
Sebuah penyakit yang sempat booming pada tahun 2014 di Afrika Barat. Ebola sendiri merupakan virus dari Filoviridae yang dapat menyebabkan penyakit pada manusia. Penyakit ini diandai dengan gejala demam parah, pendarahan dan seringkali menyebabkan akibat yang fatal. Meskipun penelitian terus dilakukan, namun belum ada obat untuk salah satu penyakit yang mematikan ini. Sehingga risiko kematian pada penderita Ebola mencapai 90%.
  • Schizophrenia
Penyakit yang menyebabkan seseorang terkena gangguan mental yang rumit. Ditandai dengan seseorang yang mengalami gangguan jiwa dimana tidak bisa membedakan kenyataan dan fantasi. Uniknya, penyakit ini sulit untuk ditentukan atau didiagnosa secara tes medis, sehingga menyebabkan penyakit ini termasuk penyakit tidak bisa disembuhkan. Seseorang yang mengalami penyakit ini ditandai dengan gejala umum seperti delusi, halusinasi, tidak koherensi antara pemikiran dan ucapan serta kehilangan kemampuan untuk mengenali orang di sekitarnya.
  • Diabetes
Nampaknya penyakit diabetes bukan sesuatu yang baru lagi dalam dunia medis maupun masyarakat. Diabetes memang tidak mematikan secara langsung, namun perlu Anda ketahui bahwa ini termasuk jenis penyakit tidak bisa disembuhkan. Penanganan penyakit diabetes hanya untuk memantau dan mengendalikan kadar gula darah agar tidak semakin parah.
  • Asma
Mungkin kedengarannya biasa, namun tanpa disadar sebenarnya asma juga termasuk jenis penyakit yang berbahaya. Asma sendiri merupakan penyakit paru-paru yang kronis dimana saluran pernafasan mengalami peradangan dan bengkak sehingga menyebabkan sesak napas. Tidak ada obat yang benar-benar bisa menyembuhkan asma yang diderita seseorang, sehingga penanganan melalui inhaler hanya untuk membantu mengatasi sesak napas saja.
  • Alzheimer’s
Penyakit Alzheimer’s masih menjadi misteri dalam dunia kedokteran dan juga para ilmuwan. Penyakit ini adalah kondisi dimana seseorang mengalami demensia yang menyebabkan masalah pada ingatannya, perilaku dan pemikirannya. Sebuah penyakit langka yang progresif sehingga dapat menyebabkan kehilangan ingatan ringan. Pasien akan mengalami kehilangan kemampuan untuk berbicara dan merespon lingkungan mereka.

Pola Hidup Sehat Bisa Mencegah Berbagai Penyakit Berbahaya

Setiap orang yang hidup di dunia ini memiliki risiko untuk terserang berbagai penyakit, termasuk penyakit langka, berbahaya dan mematikan. Untuk itu, perlu ada perubahan pola hidup yang lebih sehat untuk mencegah berbagai kemungkinan penyakit menyerang Anda. Berikut diantaranya:
  • Melakukan Diet Sehat
Diet sehat penting untuk membantu memberikan asupan nutrisi yang diperlukan tubuh seperti asam amino esensial, asam lemak, vitamin, mineral dan kalori cukup.
  • Konsumsi Makanan Sehat
Menghindari penyakit tidak bisa disembuhkan bisa dilakukan dengan budaya konsumsi makanan sehat. Misalnya dengan memenuhi kebutuhan metabolisme tubuh seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan lainnya untuk menjaga kesehatan otot, tulang, saraf dan organ lain dalam tubuh.
  • Olahraga Teratur
Selain merubah pola makanan yang sehat, perlu juga diimbangi dengan olahraga yang teratur untuk melatih otot dalam tubuh dan mengurangi kepenatan setelah beraktivitas. 


Mari ubah pola hidup yang lebih sehat untuk menghindari berbagai jenis penyakit yang tidak pernah kita sangka. Mungkin itulah informasi seputar beberapa penyakit tidak bisa disembuhkan, semoga dapat menambah pengetahuan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel