Benarkah Virus dan Penyakit Mudah Menular Antar Anggota Keluarga? Ini Penjelasannya

Banyak dari kita yang mungkin sering mendengar pertanyaan mengenai virus dan penyakit yang mudah menular antar anggota keluarga. Apakah pertanyaan ini benar adanya secara medis atau hanya sekedar pertanyaan yang belum ditemukan jawabannya? Untuk itu, sebelum Anda berargumen hingga membagikan informasi ini kepada lebih banyak orang cari tau terlebih dahulu kebenarannya. Karena, informasi yang akan Anda dapat nantinya tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri namun juga bisa dibagikan untuk orang lain.

Ada banyak cerita yang dibagikan oleh sebuah keluarga yang mana jika ada salah satu anggota saja yang sakit maka bisa menular dengan cepat kepada yang lain. Namun, taukah Anda bahwa sebenarnya tidak semua keluarga mengalami hal yang sama. Kenapa? Karena tidak semua orang memiliki imun dan ketahanan tubuh yang sama. Jika keluarga Anda sering terserang penyakit antar anggota keluarga lain, bisa cek apa yang salah ke dokter.

Bisa jadi sistem imun dan anti body semua keluarga Anda memang terbilang lemah, sehingga jika ada virus yang tersebar lebih cepat. Untuk itu, dalam teori ini tidak disalahkan virus dan penyakit yang mudah tertular karena berada seatap. Karena, kebanyakan dari Anda juga saat berada di luar rumah bisa saja terserang virus orang lain. Maka, pelajari teori terlebih dahulu sebelum langsung panik dan mengambil tindakan yang salah, pahami dulu teori medisnya agar tidak salah. 

penyakit yang mudah menular
Unsplash.com

Berupaya Melakukan Pencegahan yang Tepat


Mengenai apakah virus dan penyakit yang mudah menular antar anggota keluarga, ada cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegahnya. Pastikan bahwa setiap penyakit yang mungkin terserang salah satu anggota keluarga Anda, diketahui secara rinci bagaimana riwatnya. Karena, setiap penyakit pastinya ditangani dengan berbeda dan kemungkinan penularan juga berbeda. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan sebagai antisipasi mulai dari membaca dan bertanya kepada dokter.

Sebenarnya, untuk langkah pencegahan awal ada banyak cara yang bisa Anda lakukan dan memang seharusnya dilakukan. Mulai dari penggunaan sabun yang sebaiknya tidak lagi menggunakan sabun batang karena bisa dengan mudah menempel di kulit. Penggunaan handuk yang tidak bercampur-campur, ini sangat penting diperhatikan. Tidak hanya itu, taukah Anda bahwa penggunaan headset sebenarnya tidak boleh bercampur menurut beberapa medis. 

Masih banyak ketentuan dan persyaratan lain yang baiknya Anda lakukan agar terhindari dari penularan penyakit yang mungkin terjadi. Banyak orang yang tidak terlalu memperhatikan hal-hal dasar sehingga kemungkinan terserang penyakit lebih mudah. Jangan ragu dan malas untuk mencari informasi dan pengetahuan baru ya. 

Kenali Apa Saja Penyakit Menular dan Tidak Menular


Seperti yang dokter sering katakan bahwa tidak semua penyakit itu nyatanya menular dan bahkan sebaliknya. Meski ada beberapa penyakit yang menular namun sistem imun Anda baik, maka kecil kemungkinan Anda terserang penyakit tersebut. Begitu juga halnya dengan sebaik apapun imun Anda, jika memang penyakit tersebut pada dasarnya menular maka akan sulit dicegah. Berikut ini merupakan beberapa virus dan penyakit yang mudah menular antar anggota keluarga yang harus Anda waspadai dan ketahui:

1. Polio
Penyakit polio merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus genus enterovirus yang bisa masuk dari mulut. Peyakit ini menginfeksi saluran usus dan kemudian masuk melalui aliran darah hingga bisa menyerang saraf pusat. Ada kebanyakan penyakit ini akhirnya bisa menyebabkan lumpuh permanen hanya dalam hitungan jam. Proses penularan dari penyakit ini bisa dari kontak antar manusia, kotoran yang sudah terkontaminasi dengan virus dan juga penyebab lainnya.

2. AIDS
Kebanyakan mereka yang terserang penyakit ini memang tidak banyak lagi yang berujung kematian. Penyakit yang masih belum ditemukan obatnya ini memang akan menyerang kekebalan tubuh seseorang yang menular melalui kontak cairan. Maka, ada baiknya Anda mencari tau bagaimana kemungkinan lain penyakit ini bisa menyerang seseorang.

3. Cacar air 
Penyakit yang biasa juga disebut dengan varisela ini merupakan infeksi virus akut yang bisa ditandai dengan adanya vesikel pada kulit. Anda harus tau bahwa penyakit ini kemungkinannya besar sekali untuk menular. Tetapi, bukan berarti ketika Anda bersentuhan dengan mereka yang terserang cacar air bisa langsung terserang. Cari tau lagi apa saja hal yang bisa membuat seseorang terserang penyakit ini. 

Masih banyak virus dan penyakit yang mudah menular antar anggota keluarga lain yang kemungkinan besar bisa tertular. Anda masih memiliki banyak kesempatan untuk bisa mendapatkan informasi ini, dan pastikan keluarga Anda selalu terjaga dan tetap sehat. 

Selalu Konsumsi Makanan yang Tepat dan Melakukan Olahraga Teratur


Ini penting Anda perhatikan dan tidak banyak ada orang yang tau, bahkan menjaga menu makanan sangat penting. Tidak hanya mencegah Anda dari virus dan penyakit yang mungkin terserang saja, namun dari kemungkinan buruk lain di luar sana. Imbangi dengan proses olahraga teratur dan tepat ya, sesuaikan dengan kebutuhan dan kesanggupan pribadi dalam memilih jenis olahraga. Semakin sehat tubuh dan fisik seseorang, maka akan sebaik untuk menjaga diri dari virus dan penyakit yang mudah menular antar anggota keluarga. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel