Agar Sehat Selama Liburan, Perhatikan Tips untuk Ibu Hamil Ini!

Memahami tips untuk ibu hamil itu penting bagi wanita yang sedang hamil. Karena, saat hamil, biasanya tidak semua orang tahu apa saja makanan dan minuman yang aman dikonsumsi, terlebih ketika ibu hamil sedang berlibur di suatu tempat. Maka dari itulah, sebaiknya cari tahu tips terbaik saat liburan ketika Anda sedang hamil.

Dengan begitu, Anda bisa liburan dengan aman, sehat, dan menyenangkan. Maka dari itulah, sebaiknya jangan berangkat dulu sebelum Anda memastikan apa saja yang aman untuk Anda dan mana yang tidak aman untuk Anda. Meskipun Anda ingin memanfaatkan liburan yang panjang untuk quality time bersama keluarga.

Namun, tetap saja  Anda harus tetap memperhatikan keamanannya demi menjaga kesehatan ibu yang sedang hamil dan janin yang sedang dikandungnya. Bahkan, tak jarang pula ada ibu yang rela mengeluarkan banyak uang hanya untuk menikmati liburan ke luar negeri agar mendapat pengalaman menyenangkan. Padahal, hal ini tidak cukup bila tidak diimbangi dengan tips liburan yang tepat.

tips untuk ibu hamil
Pexels.com

Tips Memastikan Keamanan Makanan untuk Bumil


Supaya liburan Anda tidak berantakan hanya karena sakit perut, sebaiknya perhatikan baik-baik tentang makanan yang akan Anda santap selama liburan. Karena wanita hamil biasanya lebih rentan terkena penyakit dibandingkan wanita yang tidak hamil. Maka dari itulah, jika Anda tidak yakin dengan kebersihan air kran di tempat wisata, sebaiknya jangan pernah makan-makanan mentah.

Bahkan, salad dan buah-buahan juga tidak diperkenankan untuk ibu hamil, jika mereka tidak yakin dengan kebersihan air krannya. Selain itu, tips untuk ibu hamil lainnya adalah jika Anda ingin makan makanan yang manis dan yoghurt, pastikan itu berasal dari krim yang masih segar dan santap saat kondisinya dingin.

Sedangkan untuk tempat makan yang dipilih di tempat liburan sebaiknya adalah restoran atau kafe yang baru memasak pesanan Anda sesudah Anda memesannya. Jadi, makanan yang disajikan benar-benar fresh dan baru dimasak. Karena, makanan siap saji yang hanya dihangatkan saja itu tidak baik untuk ibu hamil. Apalagi jika makanan itu dibiarkan dalam konter hingga berjam-jam.

Jika Anda melihat bahwa makanan yang Anda beli di tempat wisata tidak dimasak dengan baik, jangan dipaksakan untuk tetap menyantapnya. Apalagi jika itu berkaitan dengan daging. Jangan pernah makan daging mentah ataupun daging yang belum begitu matang saat dipanggang. Daging yang  boleh dimakan adalah yang benar-benar matang dan tidak ada bagian yang berwarna pink.

Pentingnya Membawa Makanan Sendiri Selama Liburan


Mengingat di tempat wisata itu sulit untuk memilih manakah makanan paling aman untuk ibu hamil. Maka dari itulah membawa makanan sendiri saat liburan bisa menjadi solusinya! Ada baiknya bawalah makanan sendiri di koper atau tas tangan Anda. Anda bisa membawa beberapa kantong plastik yang kecil, berisi kacang-kacangan, buah kering, biskuit gandum, ceral bar, dan kismis.

Beberapa makanan tersebut ideal disantap untuk ibu hamil yang sedang liburan. Sehingga, Anda bisa tetap menikmati makanan sehat selama liburan. Selain itu, jika Anda tidak mengalami masalah morning sicknes, maka tips untuk ibu hamil selanjutnya adalah maksimalkan kesempatan Anda untuk menikmati buffet sarapan di hotel tempat liburan Anda.

Ada banyak hotel yang saat ini menyediakan berbagai macam penawaran makanan yang baik untuk dikonsumsi. Misalnya saja, seperti buah-buahan yang segar, buah-buahan kering, sereal gandum, yoghurt, dan juga roti yang baru saja dibuat. Beberapa makanan tersebut mengandung banyak serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh selama liburan.

Tips untuk Ibu Hamil saat Liburan


1. Untuk tips untuk ibu hamil selama liburan yang tidak boleh dilewatkan adalah sebaiknya minum air setidaknya 8 gelas yang ukurannya 200 ml dalam 1 hari. Atau minum air sebanyak 1,6 L dalam sehari selama liburan. Karena Anda mungkin akan membutuhkan lebih banyak cairan selama liburan di tempat yang panas dan membuat Anda lebih berkeringat.

2. Jika Anda tidak yakin dengan minuman yang disediakan di tempat wisata, sebaiknya minum-minuman dalam bentuk botol dan masih tersegel dengan baik. Bila perlu, minum saja air minum sparkling water berkarbonasi, jika Anda tidak yakin dengan segelnya. Karena air minum biasa itu bisa saja diambil oleh penjualnya dari air kran.

3. Meskipun sari buah itu boleh diminum, sebaiknya jangan minum sari buah lokal yang berasal dari air kran. Pilihlah sari buah yang ada dari botol atau dari kalengan yang masih tersegel. Ini jauh lebih aman daripada minum sari buah dari tempat yang Anda tidak tahu kondisi keamanannya. 

Selain hal itu, sebaiknya lebih berhati-hatilah dalam minum es batu. Bisa saja es batu yang digunakan saat Anda membeli es di tempat liburan berasal dari air mentah. Bila Anda ingin minuman dingin, maka tips untuk ibu hamil adalah minum-minuman kaleng atau botol yang ada dalam ember berisi es.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel