Menjaga Pola Makan Saat Liburan Itu Penting, Begini Tipsnya!

Padatnya kegiatan dan pekerjaan di kantor kerap sekali membuat beberapa orang tidak bisa menjaga pola makan dengan baik. Padahal, pola makan itu penting sekali untuk membuat tubuh tetap sehat. Hal ini berlaku sama baik untuk Anda yang melakukan kegiatan padat di kantor ataupun untuk Anda yang sedang liburan.

Meskipun liburan itu bisa berdampak baik untuk kesehatan mental dan fisik. Namun tetap saja Anda tidak akan mendapatkan manfaat didalamnya, jika Anda tidak memperhatikan apa yang Anda santap selama liburan. Maka dari itulah, cobalah mulai sekarang memperhatikan makanan Anda. Jangan sampai liburan yang Anda lakukan berubah menjadi musibah bagi Anda.

Karena ada juga beberapa orang yang menikmati liburannya sampai lepas kontrol, sehingga membuatnya mengalami masalah pada kolesterolnya. Ini terjadi karena mereka tidak menjaga pola makan dengan baik. Selain tidak makan makanan yang biasa dikonsumsi saat di rumah, ketika liburan biasanya orang justru menyantap makanan dalam porsi besar dan mengandung banyak garam, lemak, dan kolesterol.

menjaga pola makan
Foleon.com

Daftar Minuman yang Sebaiknya Dihindari saat Liburan


Tanpa disadari, ada banyak orang mengubah pola makan dan minum saat liburan. Sehingga, selain bisa meningkatkan berat badannya setelah liburan. Hal ini juga bisa membuat mereka mengalami berbagai macam penyakit. Maka dari itulah, sebaiknya perhatikan juga apa yang Anda minum. Agar Anda bisa menikmati liburan Anda sambil menjaga pola minum yang sehat sepanjang hari.

Salah satu minuman yang harus dihindari selama liburan adalah kafein. Kafein yang berasal dari kopi dan minuman energi lainnya tidak sebanding dengan energi yang Anda dapatkan dari makanan, ataupun dari istirahat yang cukup. Karena, bagaimanapun juga, tubuh tetap membutuhkan kalori dan istirahat agar sistem metabolismenya dapat bekerja dengan baik.

Lagipula, dengan minum kafein, Anda akan tetap merasa lelah setelah efeknya hilang. Selain itu, minuman yang harus dihindari adalah minuman yang berkalori tinggi. Karena umumnya makanan yang ada di tempat wisata selalu mempunyai kalori yang tinggi. Sehingga, Anda tidak membutuhkan kalori yang tinggi pula dari minuman yang Anda minum.

Maka dari itulah, untuk membuat kebutuhan kalori menjadi seimbang, sebaiknya pilih minuman rendah kalori. Misalnya saja, seperti air mineral, jus buah, teh, minuman bersoda tanpa gula, dan kopi. Disamping itu, sebaiknya jangan minum alkohol. Karena didalamnya mengandung 150 hingga 450 kalori yang bisa berdampak buruk pada kesehatan Anda.

Hal-hal yang Harus Dilakukan selama Liburan


Selain harus menjaga pola makan dengan baik selama liburan, sebaiknya Anda juga harus lebih aktif bergerak selama liburan dan mungkin ini jarang Anda pikirkan. Karena saat liburan, Anda menginginkan malas-malasan. Padahal, dengan aktif bergerak, ini akan membuat tubuh Anda lebih bertenaga. Selain itu, bergerak aktif juga bisa membuat kalori yang Anda konsumsi selama liburan menjadi seimbang.

Anda bisa melakukan kegiatan fisik ini di pagi hari. Bila perlu, cobalah bawa perlengkapan olahraga yang praktis dan mudah dibawa. Misalnya saja, membawa sepatu lari. Dengan begitu, Anda bisa merasa nyaman saat menelusuri tempat wisata sambil berjalan kaki. Selanjutnya, setelah Anda melakukan kegiatan fisik, sebaiknya penuhi kebutuhan istirahat dengan baik.

Waktu tidur malam merupakan hal utama yang harus dilakukan untuk membuat pola hidup yang sehat sepanjang hari. Jadi, selain menjaga pola makan, tubuh juga harus istirahat di malam hari. Karena kekurangan energi bisa membuat tubuh mengantuk karena kurang menikmati liburan dan bisa membuat Anda mengonsumsi makanan yang jumlahnya lebih banyak dari biasanya.

Cara Menjaga Pola Makan saat Liburan


1. Sebaiknya, rencanakan liburan dengan matang. Caranya, cari informasi yang lengkap tentang waktu perjalanan, tempat penginapan, dan jarak tempuhnya. Sesuaikan ketiganya dengan kebutuhan pola makan sepanjang liburan. Rencanakan tempat makan yang mau dikunjungi. Bila perjalanannya cukup lama, bawalah makanan kecil dan minuman yang cukup agar tidak lapar dan dehidrasi.

2. Jangan pernah melewatkan jam makan selama liburan. Meskipun jarak tempuh ke tempat wisata membutuhkan waktu yang cukup lama. Sebisa mungkin sempatkan untuk tetap mengonsumsi makanan di jam makan. Makanlah secara teratur saat liburan. Karena tubuh tetap butuh energi selama liburan. Kelelahan dan kelaparan yang berlebihan bisa membuat pola makan menjadi tidak sehat selama liburan.

3. Akan lebih baik untuk mengurangi porsi makan dalam sekali makan. Cobalah untuk mengurangi porsi makan dengan cara membawa beberapa makanan untuk disantap di tempat penginapan. Makanan yang dibawa ini juga bisa digunakan untuk berbagi dengan teman dan keluarga yang ikut serta menikmati liburan Anda.

Meskipun disarankan untuk membawa makanan sendiri, tetap saja Anda tidak boleh asal dalam memilih makanan. Pastikan Anda telah membawa makanan yang sehat, dimana cara pengolahannya harus dilakukan lebih sehat. Misalnya saja, seperti makanan yang direbus jauh lebih baik dibandingkan makanan yang digoreng untuk menjaga pola makan yang sehat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel